Jangan Lupa Password Facebooknya


Selain membuat, seringkali saya diminta bantuan  user warnet tentang segala sesuatu yang berkaitan dengan akun Facebooknya. Dari cara mengupload foto hingga  cara mengunggah video.  Ada yang lupa password, namun ada pula yang justru ingin menonaktifkan akunnya, dengan alasan akun-akun itu telah membuatnya sewot.  Bahkan ada pula yang gara-gara keranjingan game poker lalu meminta saya  membobol akun FB orang untuk mengeruk semua isi chip di dalamnya. Sebuah permintaan yang tak pernah  sedikitpun saya tanggapi. Sebab saya tak pernah tertarik sama sekali dengan berbagai jenis judi, sekalipun mengatasnamakan permainan. Sebuah bahasan yang dulu pernah pula saya tulis di artikel berjudul "Asal Jadi Daging".

Beberapa hari yang lalu saya melihat sesuatu yang janggal dalam status salah satu teman FB saya. Sebut saja namanya Nona, seorang pelanggan yang kebetulan rumahnya ada di depan warnet tempat kerja saya.

"Aku pingin nge**x"

Itulah status yang saat itu muncul di FB cewek aduhai itu. Sebuah status dan juga foto-foto "suit-suit" yang  membuat siapa saja mengerutkan dahi ketika melihatnya. Isi status yang tentu saja spontan mengundang para serigala dunia maya untuk nimbrung mengomentarinya.

Saya yakin Facebook si Nona saat itu terkena hack oleh orang-orang tak bertanggungjawab. Akhirnya saya pun melakukan crosscheck dengan mengirimkan sebuah SMS kepada Nona. Mempertanyakan tentang status yang saat itu muncul di FB dia. Ternyata tepat dugaan saya, jika FB Nona  terkena hack. Si Nona panik lalu meminta saya  mengatasi masalah yang ada di FBnya tersebut dengan segera.

Lewat teori-teori yang diperoleh di Universitas Dunia Maya, dengan singkat saya bisa mengambil alih kembali kendali FB tersebut. Email baru lalu saya buat sebagai antisipasi agar FB itu tak dihack kembali. Seperti biasanya disetiap membuatkan akun untuk orang lain, saya selalu memberinya sebuah  password "khas". Sebuah password awal yang sederhana dan gampang diingat. Dan biasanya setelah itu si pemilik akun saya sarankan untuk mengganti passwordnya sendiri.

Lewat SMS, email baru itu lalu saya kirim ke Nona. Dalam pesan singkat itu saya pun berpesan pada Nona, "Janganlupa password Facebooknya". Selang beberapa menit kemudian si Nona membalas pesan singkat itu. Dia mengeluh karena masih belum bisa membuka akun FB-nya dan menanyakan ulang email dan password baru Facebook dia. Segera saya forward isi SMS saya yang terakhir dan untuk kedua kalinya saya kirim SMS dengan isi yang sama kepada Nona. Lagi-lagi si Nona membalas dengan keluhan yang sama, "Aku belum bisa buka FB-nya mas!".

Aneh?, begitu pikir saya. Padahal saat diakses dari tempat saya FB itu nampak normal dan baik-baik saja. Bahkan saat itu saya sedang asyik mengintip memeriksa satu demi foto Nona di dalam albumnya. Lumayan deh buat tombo ngantuk hahaha. Enggak kok, sebenarnya saya cuma memastikan  album FB nona steril dari foto-foto tak patut yang disusupkan si hacker ke dalamnya. Jadi enggak salah kan kalau Satpam Dunia Maya sedikit protektif kepada pelanggannya? (alasan)

Akhirnya saya pun mengetahui letak permasalahan yang terjadi saat itu. Bukan terletak pada email atau karena password baru. Bukan pula karena ulah si hacker yang mengambil alih kembali kendali FB itu. Semua masalah terjadi karena si Nona salah mengartikan isi SMS yang saya kirimkan tadi.

"Janganlupa"

Yah, itulah password baru dari FB Nona. Biang keladi dari engkel-engkelan yang terjadi lewat SMS kami malam itu. Nona...oh Nona, Jika isi SMS-ku saja kau tak mampu menerjemahkannya, bagaimana jika suatu hari nanti aku kirimkan pesan-pesan cinta lewat hati? hahaha.


Komentar

  1. lama tak jumpa rasanya mas
    wkwk

    awwwwwuuuuuuuuh , namanya Nona yaa mas ?
    emmmm haha :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. eh ada Nona Putri.. ya nih Put, udah 15 tahun kita tak ketemu yak :P

      Hapus
  2. Hihihihi... Si Nona ternyata agak DDR ya mas Lozz... *kayak saya doong....*...
    Ntar ngga usah pakai sinyal2 cinta mas.... Langsung jleb aja biar langsung dong dianya... Janganlupa paswordnya yaaa...
    Ahaayy...

    BalasHapus
  3. hahahahaha, pesan cinta sih beda lagi ...

    BalasHapus
  4. Wakakakakak..... gara2 'janganlupa' jadi eyel2 semalaman...
    Yang nhyaris sama (akun cewek dihack orang yang diupload foto2 syur) pernah saya alami. Alhamdulillah bisa tak ambil alih kembali, tapi pesen saya waktu itu bukan 'janganlupa' password melainkan jangan kasih tahu password ke orang lain.

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahaha kasih tahu saya dong Kang passwordnya, nanti saya rubah jadi jangan lupa

      Hapus
  5. Balasan
    1. udah saya salamin Kang, tapi yang jawab saya hehe

      Hapus
  6. Wkwkwk... nona cantiknya kurang ehm ya uncle.

    Jadi ingat salah satu yg bikin email yahoo-ku di banned yahoo dulu juga arena keseringan bikinin email yahoo & account facebook, dan beberapa kena hack. Kebanyakan onlennya pake hp. Kapok dweh.

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah cerita lama bersemi kembali nih.. wis ora usah dieling-eling lagi mbak Sus.. sekarang ternak aja email sebanyak-banyaknya

      Hapus
  7. jangan2 Nona hanya pura2 gak ngerti passwordnya kaliii.. Mkasudnya biar bs smsan sm uncle terus.. ehehe..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hmmm.. jadi pingin SMS an lagi sama si Nona nih teh wkwkwk

      Hapus
  8. ending ending nya menyatakan cinta..
    hahahha
    akhirnya ngaku juga om??

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hust.. ojo rame-rame Kang, areke sering baca blogku loh

      Hapus
  9. eaaaaaa... akhirannya mantap juga tuh. Aku pernah punya pengalaman kena juga (2 kali pula). Tapi ALhamdulillah akhirnya bisa diambil alih lagi. Pelajaran buatku, "Janganlupa" gantilah password secara berjangka yaa :))

    BalasHapus
    Balasan
    1. ya mbak Mira.. Jangan Lupa log out dulu setelah pakai FBnya ya

      Hapus
  10. Ada juga yah orang yang kayak gitu, merusak akun orang lain hanya untuk kesenangannya pribadi :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. gak paham lah mas, makanya waspada aja dengan akun kita,

      matur nuwun mas Fadly

      Hapus
  11. Balasan
    1. Lupa? Hmmm kayaknya saya gak pernah tulis gitu deh Om.. atau mungkin sampeyan yang lupa baca

      Hapus
  12. subuh2 baca ginian, bused dah wkwkwk mesam mesem sendiri :)
    jgn lupa marpuahnya uncle :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehehe syukur deh kalau Jiah bisa mesam mesem

      Hapus
  13. Mampukah Nona menggeser Marpuah?

    Ngeri juga ya kalau fb dihack begitu :'(

    BalasHapus
    Balasan
    1. hihihi kayak peringkat bola aja deh Yunda.. pakai menggeser klasemen segala

      Hapus
  14. beuh, bos warnet yg baik hati dan banyak cinta :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. wuih.. saya cuma kuli jaga warnet majikan loh kang Achoey

      Hapus
  15. wah jangan2 uncle jatuh hati sama nona ini ya hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. syalalalalala.. no long comment wis ah haha

      Hapus
  16. aku kadang lupa akun FBku Mas, lha kebiasaan buka FBnya pake netbook pribadi yg gak sign out. Kalau buka di PC kantor perlu mengingat2 lagi deh pswrdku.

    Yg parah ini, pswrd imel gak inget lagi..kelamaan gak buka imel dr PC lain soale...#parah ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. waduh bahaya tuh mbak Rie, kalau ada apa-apa dengan FB sampeyan. soale biasanya konfirmasinya nanti masuk email

      Hapus
  17. ciyee ciyee sekarang kirim pesan hati lewat sms yaa om #eeh :D

    Niar malah pernah lupa satu akun nama tapi gag tak aktifin lagi,terus ada satu akun lama udah nonatif juga jadi cuma satu ajah deh om Niar Ningrum :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. bener Niar, gak perlu pusing mikirin tarif pulsa :P

      Hapus
  18. JanganDikasihTau passwordnya, apalagi kalau masalah hati ^_^

    BalasHapus
    Balasan
    1. hihihi rahasia ya bang, hanya kita berdua yang tahu

      Hapus
  19. Hehehe..Ya ampun..kok si nona segitunya ya..Kayaknya butuh bimbingan suhu di dunia maya tuh Mas...

    BalasHapus
    Balasan
    1. namanya aja komunikasi via SMS mbak, pasti sering terjadi misskomunikasi.

      Hapus
  20. Nona perlu di bimbing terus itu mas ... kalau perlu sampai bisa membaca sms hati hi.hi.hi.

    BalasHapus
  21. wkawkwk. ..
    awas besok pasti timbilen, wong ngintip siii. :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau ngintip yang berponi, mungkin bisa timbilen :P

      Hapus
  22. hahaha lha passwordnya memang simpel dan gak disangka juga sih hehe..

    sama seperti pasword email kantor saya juga passwordnya lucuu banget hehe.. *ehtapi rahasia donk :D

    BalasHapus
  23. Jangan lupa pasword?

    wah gawat tuh kalo lupa

    salam kenal

    komentari artikel ini ya...

    http://www.timkomte.com/2012/09/traffic-pengunjung-rumahku-turun.html

    BalasHapus
    Balasan
    1. traffic pengunjung rumahnya turun ya Om.. ada yang salah tuh mungkin pas BW

      Hapus
  24. hehehehe.... maklum mas, si Nona sedang panik terkena musibah 'hacking' sih. hehe jadi kurang mampu mencerna isi sms nya. Habis juga mas Lozz jg sih, nulisnya kayak gitu, Nona kan jd bingung.

    btw, ntar kalo fbku kenapa2 bisa nih minta mas detektif dunia maya untuk membantu. :)
    tapi mudah2an jgn sp deh....

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau saya tulis pasworrdnya "ailopheyu", Nona mungkin malah lebih bingung nih cut kak hahaha

      Hapus
  25. Wkwkwk... jika suatu saat akhirnya akan mengirim kata cinta buat si Nona, pastikan untuk menuliskannya dengan bahasa yg lugas, tak bersayap, alias to the point.. :)

    BalasHapus
  26. pasword face booknya "janganlupa" yaaaa... :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. rahasia dong ah.. yang jelas password FB saya itu unik :P

      Hapus
  27. hahaha... lucu passwordnya. Eaa... Sepertiny ada kode terselubung di paragraf terakhir postingan ini *ehh

    Jadi ingat dulu di salah satu cafe di Malang, ada juga password unik untuk wifinya, bunyinya 'tekan enter satu kali'. Nah, begitu ditekan tombol enter sekali, gak bisa bisa masuk. Ternyata eh ternyata, tulisan 'tekan enter satu kali' itu harus diketik ulang tanpa spasi. Hehehe...

    BalasHapus
    Balasan
    1. terselubung? kayaknya kurang tepat deh mbak, lebih tepatnya termaktub hahaha

      Hapus
  28. Salam jumpa Mas, masih ingat blog Ratansolomj9? itu lho blog saya yang udah di baned ama juragan WP ... :P

    BalasHapus
    Balasan
    1. woi apa kabar Om? lama tak jumpa nih, oke bentar lagi saya dolan kesana. sediakan kopinya ya?

      Hapus
  29. wah ternyata tukang reparasi facebook ya....hehheee

    salam kenal kembali ya.

    BalasHapus
  30. mbok password nya di ganti " nona cantik" ae to mas...hehe...

    BalasHapus
  31. Hehehe... kocak nih :D
    Aneh2 aja kejadian sekarang, ada aja yang iseng ngerjain orang :(

    BalasHapus
  32. wow .. ternyata sampeyan orgnya baik hati ya mas, betapa beruntungnya si nona itu puny akawan sapt sampeyan, kalau enggak opo ndak ciloko kalau Fbnya dihack begitu

    passwordnya unik tenan .. aku yakin si mbaknya itu sangat cantik sekali :)

    BalasHapus
  33. kasih password ke tante ntar jangan yg gampang tapi bersayap gitu ya uncle
    soale suka mendadak oneng kl lagi panik he...he...

    BalasHapus
  34. kalimat yg terakhir tuuh... eehhhhmmmm..... :D

    BalasHapus
  35. wkwkwkwkwk xD
    lagian passnya aneh2 aja dah,, ahahah harusnya "nggaada password facebooknya!" makin bingung dah doi xD
    makasii udah berpartisipasi :D tunggu kabar bulan depan .. :D

    BalasHapus
  36. Ahahaha terntaya.. salah mengartikan toh si nona.. (-____-")
    hhuhuhu

    oke lah :D
    salam kenal ya mas ^^,

    BalasHapus
  37. Hahaha,,,kalau dengan sms si Nona masih gak mudenng langsung ajak Bapak kerumahnya Uncle. sampaikan ayat² cinta di depan si Nona heheheh

    BalasHapus
  38. Makanya.. passwordnya jangan lupa..
    mas, bisa minta tolong hack-en FBnya Kristen Stewart
    dia telah merebut pacarku
    Robert Pattinson

    BalasHapus

Posting Komentar

Terima kasih telah membaca artikel dengan cara seksama dan tidak dalam tempo sesingkat-singkatnya