Sejenak Saya Ingin Bernostalgia

Sedari kemarin aktifitas blogging lebih banyak saya habiskan dengan mengubek-ubek isi blog saya. Maklum, hari ini Essip genap berusia dua tahun. Sejenak saya ingin bernostalgia dengan melakukan napak tilas, mengujungi satu persatu blog yang dulu pernah meninggalkan kenangan berupa komen di rumah maya ini.

Sungguh sayang, kebanyakan blog-blog tersebut sekarang sudah nampak tak berpenghuni. Kalau pun ada, disitu  hanya bisa temui hidangan yang bisa dikatakan sudah basi. Mungkin saja karena kesibukan offline membuat empunya  tak sadar jika rumah mayanya sekarang sudah banyak ditumbuhi rumput dan ilalang. Bahkan ada pula blog-blog yang sekarang terasa asing bagi saya. Yah, blog-blog yang dulu begitu mudah saya cerna satu persatu kalimatnya, sekarang telah menjadi blog dengan bahasa yang sulit saya mengerti. Apakah  pemiliknya sedang menggadaikan blog itu ke orang asing? Atau mungkin blog itu sekarang sudah berpindah tangan menjadi milik orang lain? Entahlah, yang jelas saya harus berterima kasih kepada mereka, sebab bagaimanapun juga mereka adalah bagian sejarah dari perjalanan blog ini.

Iseng-iseng saya pun membuka kembali tulisan-tulisan lama. Membaca tulisan pertama saya yang berjudul "Apa Yang Harus Kutuliskan...?". Sebuah posting perdana yang berisi kegamangan hati ketika pertama kali menulis membuat blog ini. Saya tahu membuat blog adalah perkara yang mudah bagi saya, tapi saya ragu dengan kemampuan diri dan konsistensi saya untuk mengisinya dengan tulisan. Di posting itulah saya coba mantapkan niat sekaligus menyemangati diri sendiri.

Dulu ketika blog ini masih sepi, saya teringat dengan seorang lelaki yang nampak mondar-mandir mengisi kotak komen disini. Seorang lelaki yang di gravatarnya nampak memegang sebuah gitar kecil.  Seakan dengan gitar kecilnya dia bernyanyi dan menyemangati diri saya untuk tak pernah berhenti berkarya di dunia maya. Alhamdulillah, lelaki itu pun sekarang masih seperti  dua tahun yang lalu, seperti halnya saya hingga sekarang ini. Meski kadang jenuh  melanda, tapi saya masih mampu mondar mandir dari blog satu je blog yang lainnya. Meski kadang letih mendera, tapi hingga detik ini saya masih bangga jika blogger menjadi pilihan hidup saya.

Memang benar adanya jika blog adalah sebuah investasi nostalgia bagi pemiliknya. Begitu halnya yang saya rasakan ketika membaca tulisan-tulisan lama  di blog ini.  Setiap posting disitu menyimpan sebuah kenangan yang tak bisa dilupakan. Seakan memutar balik arah jarum jam dan menceritakan kembali fragmen cerita yang terjadi di setiap postingannya.

Ada yang datang, ada pula yang pergi. pergi berlalu dan meninggalkan sebuah cap bernama rindu.
Saya  rindu Dasrun dengan segala kehebohannya.  Rindu Kak Jumialely, tukang aduk kopi Warung Blogger yang mungkin sekarang sudah sibuk mengaduk kopi buat my husbandnya. Rindu  seorang bocah bernama Vania, yang karena dongeng pengantar tidurnya membuat saya merasa begitu dekat dengan anak-anak blogger lainnya. Itulah yang terjadi hingga detik ini. Saya masih bertahan di blogsphere ini, tapi ada pula yang pergi tanpa pernah  tahu kapan mereka akan kembali. Entahlah, saya sendiri pun tak tahu sampai kapan saya masih bisa terus berkarya di dunia maya.

Hari ini ada sebuah kado spesial yang saya dapatkan dari mbak Evi sebagai ultah Essip






Wow..! sebuah komen biasa, tapi sungguh luar biasa bagi saya. Bagi saya itulah kado spesial di ultah Essip yang kedua ini. Meski saya tahu  mbak Evi tak sedikitpun menyinggung posting-posting saya sebelumnya. Meski saya pun tak pernah meniatkan posting itu untuk memperolok orang. Tiada pula olah karya gambar yang saya niatkan untuk menertawakan orang, tapi bagi saya itu sudah cukup menjadi koreksi buat perjalanan blog ini selanjutnya

Matur nuwun mbak Evi, karena komen anda ultah Essip begitu menjadi spesial hari ini. Seakan saya dijewer seorang kakak karena melakukan sebuah blunder pada posting sebelumnya. Insya ALLAH, saya akan terus belajar dan berbenah untuk dewasa. Bagi saya Essip bukan hanya sepertiga cerita hidup saya, tapi Essip merupakan salah satu media untuk membenahi diri saya di kehidupan nyata.

Dulur blogger, matur nuwun untuk apresiasi dan cinta yang telah anda berikan untuk Essip di dua tahun yang penuh kehangatan ini. Mohon maaf jika mungkin ada khilaf melalui komen atau tulisan. Dua tahun yang lalu Essip hanyalah sebuah rumah kosong dengan penerangan seadanya, tapi sungguh saya tidak menyangka jika detik ini rumah itu telah berubah menjadi rumah sederhana dan lebih bercahaya. Yah, lebih bercahaya karena warna-warni yang datang dari pelita anda semua.

Note : Mohon maaf jika tidak ada giveaway yang bisa saya gelar (nunggu saya bayaran pertama dari adsense dulu ya hahaha). Mohon maaf pula jika tidak ada award yang bisa saya bagikan (ora iso photoshop). Mungkin lagu dibawah ini dulu sebagai pengganti giveaway dan award di ultah Essip. 

Monggo jika berkenan silakan diunduh untuk dinikmati. Seperti halnya lirik lagu itu, teruslah menulis semua yang manis. Teruslah berbagi karena itu tak akan membuat anda merugi. Ai Lophe Yu All dulur..!





Komentar

  1. Balasan
    1. salam kenal balik mbak.. sukses buat promo wisatanya ya

      Hapus
    2. salam kenal juga Gan ...
      jangan lupa kunjungan balik ya wkkkkkk kabuuuurrrr

      Hapus
  2. Selamat ulang tahun untuk Essip mas Akbar.. Semoga bertambah manfaatnya & bisa konsisten menebar ilmu ke pembacanya.. :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. matur nuwun ya.. nama blognya unik deh, jadi pingin belajar hehe

      Hapus
  3. Selamat ultah buat blognya Uncle Yipiieee..
    Kok aku ga tau ya.. maap baru beredar lagi..
    hmm tau gitu tak kerjain je..

    jadi teringat kembali perkenalan pertama dengan Uncle..
    Sempet dag dig dug ketakutan, ini orang bener ga sih, wajahnya sangar..
    Tapi seiring dengan waktu dan mengenalnya, baiik juga hatinya..
    bener apa kata pepatah, tak kenal maka tak sayang..
    jangan melihat seseorang dari luarnya saja..

    Sekali lagi Met Ultah, semoga makin eksis dan berkarya lewat tulisan..
    Love U Uncle dari Mbakyu mu, Olive dan Papa Olive..

    BalasHapus
    Balasan
    1. wkwkwk sesangar macankah diriku teh, apa gak lebih sangar tuh dari singa putih hehe

      matur nuwun ya teh, salam buat Akang dan Olive.. juga buat bu Polwan itu tuh.

      Hapus
    2. iyya memang sangar, bahkan sepuluh sebelas ya, Teh. :D

      Selamat ulang tahun untuk Essip, semoga tetap mengudara dan tambah JOS. .. hihihi.

      Hapus
  4. met ultah buat Blognya ya Mas. Semoga Mas LOzz setia di blogspere dengan tulisannya yg khas dan renyah, asli saya suka cara dan isi tulisannya meski gak rutin mbaca tiap apdet-nya. Oia, jd inget juga dengan blogger yg hiatus, dr yg mas LOzz sebutin itu Mbak Vania [the green passive kalau gak salah ya?], lumayan lama gak lht penampakannya.

    Kalau Mbak Nchie ingt banget kapan kali pertama 'berkenalan' dengan Mas Lozz, maafkan saya karena gak begitu inget kapan saya sampai di sini..


    [maaf, ini saya manggilnya gak konsisten kayaknya, kadang mas kadang Om kadang uncle..#efek latah]

    BalasHapus
    Balasan
    1. kayaknya kita kenalnya dulu di terminal Tawang Alun deh mbak Rie hihihi

      terserah deh mau manggil apa, Romo juga ora opo-opo hahaha

      Hapus
    2. Kalau saya gak lupa. . .
      Pas pertama kenalan dan tanya2 tentang Blog plus arti Essip (lewat YM), malah diberi link2 dan disuruh baca sendriiiiik. .. :D

      Hapus
  5. Met ULTAH buat blognya ya mas
    mari kita saling menyemangati

    lagunya asyik
    sampai saya merinding
    secara saya juga blogger seperti dirimu :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. nah ini deh blogger senior saya. Matur nuwun loh mas udah mbarengi saya hingga detik ini.

      Hapus
  6. Saya juga ingat kapan pertama kali saya mengenal Lozzakbar... Yaitu pada komen pertamanya di Lovely Little Garden dan masuk spam.
    Itulah pertama kali saya dapat pesan spam. hihihi...
    Dan dari Mas Lozz ini juga saya pertama kali tahu, bahwa chaptcha ternyata sering jadi masalah dalam BeWe. Dan juga diajari cara mengilangkan Chaptcha itu...
    Mungkin mas Lozz lupa yaa... Tapi saya ngga akan lupa... Thanks ya mas...

    Selamat buat 2 tahun yang pasti luar biasa dilalui. Yg semula mengaku tdk bisa menulis, skrg entah sdh berapa GA dan kontes yg dgn merem aja bisa menang...

    Lanjutkan ke impian selanjutnya ya mas... buku.. ya khaaan...?!

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahaha kebangetan deh kalau cuma merem aja bisa menang, emang lomba tidur Bun.

      makasih Bunda, sama-sama belajar yuk

      Hapus
  7. Selamat ya Mas :)
    Semoga bisa terus berkarya

    Yah kalo Bu Evi sich masih baik Mas, mau menegur
    Saya sampe sekarang ogah bertegur sapa atau BW ke seseorang
    yang pernah upload foto begituan :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. lah jangan-jangan seseorang itu saya ya hehe

      Hapus
  8. selamat 2 tahun ngeblog, uncle..
    smoga uncle terus semangat untuk berbagi
    aamiin..

    BalasHapus
    Balasan
    1. makasih Bundo. doakan saya tetap istiqomah menulis ya

      Hapus
  9. lah...aq kpn ya kesini pertama kali ??? dulu kesannya sombong, mentang2 rame pengunjung blognya [maaf loh kang]

    tapi itu dulu kan, stlh disogok baru deh sombooooooong sekli xixixi
    met ultah ESSIP....tulisan2nya terus mneginspirasi semua pembacanya, terus memberi energi positif utk blogger ga konsisten spt saya,,dan terus semangat menggalaunya :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. perasaan Mimi deh yang sombong, mentang-mentang anaknya banyak saya digojlokin suruh rabi trus hahaha

      Hapus
  10. met ultah buat blognya ya mas
    sukses selalu deh :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. matur nuwun mbak Ely.. sukses juga buat sampeyan ya

      Hapus
  11. met ultah bro...
    masih untung bisa liat tulisan pertamanya. tulisan pertamaku lenyap gara gara blog dihack orang...

    BalasHapus
    Balasan
    1. diback up dong Kang biar gak kembali ilang

      Hapus
  12. Ah, lelaki kecil itu.. hehe..

    Salam metal buat essip, happy anniversary :)

    Berarti ntar malam tamasya akan bikin acara gedhe buat blog essip yo Kang..

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehe tenkyu sam.. met ultah juga buat Tamasya, Acaciu, Wachana, Swapenka.. pokoe kabeh wis tak rapel hahaha

      Hapus
  13. met menikmati nostalgia kang lozz, lagunya aseekkkk boz....

    BalasHapus
  14. selamat ulang tahun Essip.. Semoga eksis terus ya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. makasih teh.. salam buat Keke ama Nai yak...

      Hapus
  15. Bapak bapak ibu ibu permisi ya,
    ini anda anak hilang mau nyanyi
    tapi maap ya, meskipun pales dikit dikit
    soalnya dia bukan pokalis....

    salahe sopo, rekaman pas jum'at legi
    hahaha, apa hubungannya cobak?

    Btw,,,keren kang, keren lagunya... enak men yo, easy listening wislah pokoke. Mambu mambu reage ala bob marley. :D
    Jangan jangan yang nyanyi pake rambut gimbal segala ya :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. wkwkwk itu ceritanya pas rekaman malam Jum'at legi Kang, makanya aneh-aneh yang ngrekam malah dikasih dialog dagelan hahaha

      Hapus
  16. Weleh lali...
    Met Ultah untuk Blog Essip

    Emang pantas jadi unclenya para blogger
    Selalu ringan tangan jika dimintai bantuan
    Selalu memotivasi dikala semangatnya pada hilang, so...
    Ijinkan saya ikut berdoa
    Panjang umurnya, berkah hidupnya, banyak hartanya serta mulia... serta muliaaa, serta mulia.

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahahaha tenkyu bradah.. saya doakan banyak anaknya dirimu hehe

      Hapus
  17. Walau MEDIA ROBBANI (http://mediarobbani.com) tidak pernah dijamah dengan komentarnya si Pemilik Essip, tetap mengucapkan Happy Anniversary, semoga ditahun selanjutnya Essip lebih berwarna dan memebarkan cahayanya...

    BalasHapus
    Balasan
    1. wiiik.. bukan gak pernah sam, tapi jarang. Saya sebenare baca kok, cuman jarang komen. Soale artikele abot jeh, jadi saya pilih merenung aja, ketimbang komen nanti salah.

      Lah saya kan wis ninggal kenangan tuh di media Robbani

      Hapus
    2. untungnya masih meninggalkan kenangan yang indah, kalo enggak sungguh TER-LA-LU...

      Hapus
  18. Hadir dengan mgucapkan selamat dan sukses ya Kang.

    Sukses selalu

    Salam Wisata,

    BalasHapus
  19. Lagu dari artis tak dikenal sdh kudonlod dan kuputar Uncle :-) kereeeennn...

    Selamat ya dah 2 tahun ey, dah banyak kawan dan juga hadiah, tp belum hebat ach sebab belum jadian sama Mafuah #kabooorrr

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahaha.. insya ALLAH setelah bulan sebelas Yunda, tapi gak tahu tahunnya kapan

      makasih ya Yunda :)

      Hapus
  20. selamat ultah buat essip

    semoga makin essip dan tambah essip sampai se essip essipnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehe tenkyu sam.. gak ke rumah tah, nanti tak traktir kopi wis

      Hapus
  21. Selamat ultah Essip semoga artikelnya semakin menarik dan bermanfaat dan si empunya tak segan untuk terus mengupdate blognya dengan tetap meluruskan niat "NgeBlog Untuk Ibadah" agar hasilnya barokah dan tetap on the right track. Amiin

    Salam hangat dari Surabaya

    BalasHapus
    Balasan
    1. oke De.. still keep on the right track kok.. makasih ya Pakde

      Hapus
  22. Dalam rangka ultah Essip yang kedua ini perkenankanlah saya menyampaikan ucapan selamat disertai doa dan harapan agar essip semakin maju dan berkembang.

    Pesan khusus saya : jangan mendzolimi blog dalam bentuk pembiaran sampai blognya lumuten dan penuh sarang laba-laba.

    Salam kompak maju jaya selalu

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehehe gak sampai lumuten kok De, cuma sawangen dikit-dikit :P

      matur nuwun ya De

      Hapus
  23. manteb, rong tahun ngeblog telah memberikan banyak hal pada sampean Kang. Banyak dulur, dan wawasan tambah luas seluas segoro kidul.

    Harapanku sampean terus menulis seperti yang sudah-sudah, karena tulisan sampean selalu jempol dan memberikan makna untuk orang lain.

    Kalo nggak bisa Photosop, mending nyari Soto karo Sop ae Kang hhhh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kayaknya saya perlu belajar sama sampeyan Kang soal Soto Jember, eh Photoshop hehe

      matur nuwun Kang Pakies

      Hapus
  24. Walau sama-sama jarang bersilaturahim, saya ingin meyakinkan bahwa - insya Allah - blog saya yang sederhana dan serba seadanya tetap ada, walau dengan suguhan yang seadanya.
    Saya juga terkadang sengaja membaca postingan lama untuk mendapatkan ide baru. Betapa, sebenarnya di setiap hasil belajar menulis seringkali terdapat kata atau kalimat 'sakti' yang terkadang memicu sebuah tanya, benarkan aku pernah menuliskan kata/kalimat serupa?
    Mengenai sahabat-sahabat yang kini jarang online, seperti Bu Guru Jumialely, Bu Dokter Thia, mudah-mudahan satu saat nanti mereka bisa aktif lagi, dg ide baru yg lebih segar

    BalasHapus
    Balasan
    1. bener Kang, semoga suatu hari nanti mereka nulis lagi ya.

      Makasih Kang Abi, sukses buat sampeyan dan Sabila ya

      Hapus
  25. belum lama ini blog saya juga ultah yang keempat tapi gak bilang2 hihi malu soalnya. selamat ya mas, dulu saya pernah kan maen ke sini ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. wow.. met ultah mas, udah 4 tahun nih, berarti senior saya nih hehe..

      selamat ya

      Hapus
  26. Saleum,
    Aku juga gak mau melepaskan moment terbaik ini untuk mengucapkan selamat MILAD pada ESSIP yang makin dewasa. Yang penting tetap still tersenyum pada kita2 dengan sebait kalimat kang.
    salam hangat dari Aceh

    BalasHapus
    Balasan
    1. selalu ada senyum deh buat bang Dmilano :) .. makasih ya Bang

      Hapus
  27. Met Ultah buat Essip. Senang berkenalan dengan Anda... Hehe...

    BalasHapus
    Balasan
    1. senang juga bisa berkenalan dengan anda Kak :)

      Hapus
  28. Masya Allah, Mas Lozz..aku kehilangan kalimat nih. Jadi foto yg bikin aku marah diam-diam itu berasal dari blogmu? Maafkan aku ya..Sungguh aku gak ingat dari facebook siapa melihat foto anak kecil yang bergelimang lumpur itu, tapi yah, sampai saat ini saya masih menyimpan kemarahan karena dia telah diperolok-olok..Andai ingat atau tahu itu berasal dari blogmu ini, aku akan menuliskannya dengan cara lain..Gak ngatai2an selera rendah segala hehehe..Maafkan aku ya mas...

    Dan tentu saja selamat ulang tahun untuk blogmu tercinta Mas Lozz. Semoga terus semangat berkarya. Walau gak dapat duit dari blog tapi tetaplah menulis di blog. Saya juga gak tahu ngapain nge-blog tapi buat saya blog termasuk identitas, sisi baik dari diri saya, untuk menumpahkan apa yg saya pikirkan...Jadi blog itu juga sumber kesehatan bagi jiwa saya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. sebenarnya asalnya bukan dari blog saya kok mbak Evi, tapi saya sempat memajangnya dan ambli dari salah satu FB teman. Itupun tujuannya untuk memeriahkan GA ultah teman. Tapi setelah saya pikir ora pantes akhirnya saya hapus saja deh, meski sebenarnya kebanyakan senang dengan gambar itu, tapi jika ada yang kurang berkenan, itu sudah cukup dikatakan ora pantes..

      santai saja mbak, justru saya merasa senang sebab secara tidak langsung sampeyan ngilingno saya untuk toleh kanan kiri dulu dan berpikir melingkar sebelum memuat sesuatu.. Matur nuwun mbak Evi

      Hapus
  29. selamat ulang tahun ya uncle buat essip.us...
    sorry ya..telat sehari ..karena ada yg ultah juga di rumah he..he..

    sampai saat ini kalian trio Jember saja yg manggil aku Tante, istimewa kan.., tapi yang dua lagi itu, pasangan Hakim dan Prit kik jarang posting ya sekarang

    BalasHapus
    Balasan
    1. kan itu panggilan sayang buat Tante Monda hehehe

      makasih ya Tante, selamat ultah juga #siapa ya?

      Hapus
  30. wah...Essip ulangtahun yang ke dua to mas....selamat ya...moga makin sip ya....

    BalasHapus
  31. Selamat ultah blog Essip ya.. moga2 tetep dan makin siiip :)
    *eh..tumpenge wis entek yo? * hehe...

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehehe gak ada tumpengnya mbak.. matur nuwun ya

      Hapus
  32. barengan sama kelahiran saya tuh tanggal lahirnya essiP :))

    happy anyversary buat blognya ya mas :)

    salam saya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. owh ya? met ultah deh kalau gitu.. semoga sejahtera selalu mbak..

      Hapus
  33. selamat ulang tahun Essip, semoga rumahnya tetap ceria dan penuh warna ...

    BalasHapus
    Balasan
    1. aamiin.. matur nuwun ya mas

      Hapus
    2. Mas lagunya ini rekaman di studio atau bikin pakai software ya? kalau pakai software, mau donk di ajari :)

      Hapus
  34. Selamat pagi sahabat.
    Terima kasih atas artikelnya yang menarik dan inspiratif

    Jangan lupa mengikuti kontes Unggulan Indonesia Bersatu lho ya. Klik saja : http://tamanblogger.com/blogging/konteskuis/kontes-unggulan-indonesia-bersatu-cara-mencegah-dan-menanggulangi-tawuran

    Terima kasih.

    Salam hangat dari Surabaya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Insya ALLAH De.. kalau bisa pasti ikutan.. sukses kontesnya ya De.

      Hapus
  35. Akan kutulis, kisah yang manis,
    kalo kurang manis liat aku aja ^^
    Met ultah buat EssiP... Jd inget
    pertama kali kesini tuh pas GA tentang pahlawan
    Pengumumannya juga lucu, amplop terbang :)
    EssiP makin SiP :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehehe oke deh.. Jiah emang manis kok :p

      Hapus
  36. Barakallah mas Lozz ... semoga tetap eksis ngeblog yaa :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. matur nuwun mbak.. sukses buat sampeyan sekeluarga

      Hapus
  37. Met Ulang tahun buat blognya..
    Salam kenal dari Semarang ;D

    BalasHapus
    Balasan
    1. makasih mas.. Salam kenal balik dari Jember

      Hapus
  38. salam untuk dasrun uncle. kalau kabr Vania Allhamdulillah sehat2 saja katanya, kemarin sempat ngobrol sama mama vania. aku juga kangen saa teman2 blogger lama nih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah deh kalau Vania baik.. nanti wis saya salamin ke Dasrun mbak, kalau ketemu di warung :p

      Hapus
  39. Met ultah yang kedua buat blognya Mas Lozz, smg makin jaya dan bisa membawa manfaat.

    Salam.. .

    BalasHapus
  40. selamat milad ya buat blog-nya, semoga makin sukses saja...keep happy blogging always :)

    BalasHapus
  41. sori uncle baru tau kalo blognya barusan ultah, selamat ultah ya, smoga blognya semakin bercahaya, dan bayaran dr adsense segera turun, entar thifa traktir etin ya... (eskrim maksudnyaah)

    BalasHapus
  42. Kang...
    Koq gak no iklane... meh tak klik loh padahal.
    kan keno gawe nyelengi go nglamar marpungah,,, :D

    Kang Piyan koq jarang nongol yo Kang...
    hayo tebak siapa saya? :p

    BalasHapus
  43. wahh ada yg ultah :) met ultah ya mas..blog nya tambah lama tambah keren ihh..
    potong kue nyaa..potong kue nyaa..
    moga tetep eksis yaa !

    BalasHapus
  44. Hepi bday muahh..,muahh buat essip yo sam,,
    jaya selaluuuu,, hehhee,...
    kadone SMS yo,, haiyah

    BalasHapus
  45. He he setuju Uncle ... blog itu sebuah media kenangan juga ... seru jika meihat tuisan ke belakang kadang nyengir sendiri he he ...
    Trims

    BalasHapus

Posting Komentar

Terima kasih telah membaca artikel dengan cara seksama dan tidak dalam tempo sesingkat-singkatnya