Nuwun Sewu

Assalamu'alaikum dulur blogger semua. Apa kabar nih?. Sebelumnya saya minta maaf jika beberapa hari ini masih belum bisa mampir balik ke rumah anda semua. Yah karena serangan dari pasukan Kuda Troya, komputer saya mengalami gangguan yang mengakibatkan kurang normalnya bandwith saat berselancar di dunia maya. Namun Alhamdulillah, Si Kuda Troya sekarang sudah dapat dijinakkan oleh pawangnya. Insya Allah deh setelah posting ini rampung, saya bakal mampir kembali ke rumah anda satu persatu. Jangan lupa siapkan kopi hangatnya ya jika saya datang nanti hehehe.

Beberapa hari yang lalu saya membaca sebuah posting di blog Mbak Witri. Dalam tulisan itu Mbak Wit mengeluhkan tentang salah satu postingnya yang menjadi bahan copy paste dari seseorang. Dituntun oleh rasa penasaran, akhirnya sayapun melakukan sidak menuju blog yang dimaksud Mbak Wit tersebut. Mengamati, mempelajari sekaligus membandingkan tulisan di blog itu dengan tulisan di blog Mbak Wit. Akhirnya, sama seperti Mbak Wit, sayapun berkesimpulan jika tulisan dalam blog itu FULL COPAS..!

Dulur blogger, dalam budaya timur tentunya kita diajarkan sikap unggah ungguh dalam kehidupan sehari - hari. Permisi, nuwun sewu atau excuse me tentunya tidak bisa dilepaskan dalam kehidupan sosial kita sehari - hari. Demikian juga dalam dunia blogging tentunya kita harus mendahulukan budaya timur tersebut dalam perikehidupan maya kita. Bukankah ada sebuah lagu yang bunyinya "blogger juga manusia, punya rasa punya hati?". Yah, seorang blogger punya rasa dan hati yang harus kita jaga bersama - sama. Jadi sayapun dapat memaklumi jika betapa kecewa hati Mbak Wit saat itu.

Dunia blogging tentunya tidak bisa dilepaskan dari proses saling mempengaruhi satu sama lain. Seperti yang saya tuliskan dalam posting terdahulu tentang konsep Bawa. Ya, pendapat awam saya mengatakan jika antar blogger pastilah terjadi interaksi saling bawa - membawa inspirasi satu dengan lainnya. Jadi alangkah baiknya  etika unggah ungguh tidak kita kesampingkan saat proses interaksi itu terjadi.

Suatu hal yang biasa jika terjadi kemiripan posting antar blogger. Jadi disinilah kejujuran dari seorang blogger diperlukan. Katakan darimana sumbernya jika tulisan itu bukan murni dari tangan kita. Mintalah ijin jika anda beniat ingin mengambil tulisan orang sebagai bahan tulisan blog anda. Cantumkan linknya dengan sejujur - jujurnya sebagai tanda penghargaan kita atas hasil karya orang lain.

Buat Mbak Witri,  terus bersemangat ngeblog ya. Ikhlas, ikhlas dan ikhlas mungkin itu yang harus anda lakukan dalam menyikapi masalah posting itu. Bukankah anda pernah menulis "ikhlas merupakan salah satu kunci agar kita dapat menjalani hidup ini dengan sempurna?". Dua jempol patut saya acungkan buat anda, karena mungkin saya tak bisa melakukan apa yang sudah anda lakukan. Membuat sebuah  posting yang sanggup  membuat orang lain jadi tertarik untuk menirunya.

Oh ya buat brade J, jangan pernah merasa enggak pede ya Mas dengan tulisan anda. Mungkin saya bisa memberikan sebuah saran buat anda, lewat sebuah komen dari Om NH yang pernah dituliskan untuk saya.

Essip ...
Waaahhh slametan nih ...
Yang jelas ...
Terus menulis ...
Jangan peduli dengan bagaimana jadinya tulisan kita nanti ...
Jangan takut di katakan cemen ... ndak mutu ... atau yang sejenisnya

Yang penting ... ndak nyontek-ndak bohong-ndak jorok ...
Percaya sama saya itu pasti akan ada hikmahnya

Once again selamat Sip

Salam saya



Image and video hosting by TinyPic

 sumber gambar : mymagneto.blogspot.com

Komentar

  1. kalau masalah copy paste tanpa ijin itu memang keterlaluan, tapi kalau nggak mau ngaku dan minta maaf itu kebangetan. apapun bentuk tulisan kita yang penting original, kalau mau ambil tulisan orang lain yang penting disertakan sumbernya he.he..

    BalasHapus
  2. Bismillah...
    wah, kalau masalah kopas ini memang nyakitin..

    BalasHapus
  3. Nuwon sewu mas Lozz..numpang lewat...

    BalasHapus
  4. Sukadi@
    bener Mas.. kasihan kan yang nulis ngoyo mikir, tapi pas jadi malah dicomot orang..

    Apikecil@
    :14 tapi Toppas mengasyikkan loh

    Masbro@
    lah iki Bid.. Toppaser muncul :21

    BalasHapus
  5. budaya copas illegal vs budaya nuwun sewu
    yang menang adalah kita sendiri, cz kita yg bisa milih

    BalasHapus
  6. Nuwon sewu mas lozz, njenengan gadhahe pinten? sedoso ewu nggeh mboten nopo2..

    Kalo copas seperti itu, kenapa gak di labrak aja si ybs,, kalo sang penulis asli punya dasar2 atas tuisannya (misal tanggal publis yang lebih awal) kan bisa tuh dilaporin polisi dunia maya..

    BalasHapus
  7. maturnuhun mas akbar,... budaya copy paste memang sudah merakyat di kita, tapi yo bisa di cantumin namane, asalne dari mana ?? gitu ora mas... :D

    stop bajakan :D

    BalasHapus
  8. Ah, semoga copas kita delete beramai-ramai :D. Copas boleh asal ada izin, itu setahu saya :D

    BalasHapus
  9. Waduh, sy plg rajin copas nih.

    BalasHapus
  10. Semangat Pagi Mas Lozz...Semangat Terus Menulisnya, karena aku seneng baca tulisannya Mas Lozz, Untuk Mba Witri Hmmm setuju deh, harus Ikhlas aja, tp mgkin kalo memang mau Copas harusnya kan dituiskan yah sumbernya dari mana...

    BalasHapus
  11. selamat berperang melawan pasukan Troya
    kadang saya juga menghadapi musuh serupa
    semoga sukses ya Kang

    sedj

    BalasHapus
  12. nuwun sew artnya apaan kang??
    hehe..

    BalasHapus
  13. hmmm...copas ya??? jangankan tulisan, gambar aja harus ijin meskipun dapetnya di gugel!

    BalasHapus
  14. Ya sebenarnya ngga masalah sih mas asal memberi tahu sumbernya dan minta ijin kepada pemiliknya seperti saya dulu pernah memposting dan saya ambil dari buku2 orang trsebut tp sebelumnya saya minta ijin dan hasilnya malah beliau senang hasil karyanya di posting di internet.

    Salam

    BalasHapus
  15. wach,siapa tuch si kuda troya tu..??
    hhe hhe...

    BalasHapus
  16. Imam Shyhox@
    yupz dibutuhkan kejujuran diri sendiri, kalau copas yah katakan aja darimana sumbernya

    Zainul Abidin@
    hem polisi dunia maya? enggak ada tuh, yang ada satpam dunia maya hehehe

    Auraman@
    betul, sepanjang kita cantumin darimana sumber tulisan itu kita dapat, saya pikir enggak masalah.

    Qefy@
    silakan kalau emang kita kepepet mo copas, tapi penulis atau sumber harus dicantumin donk..

    BalasHapus
  17. hm ya nhe kalo ada yang copas tanpa ijin bikin jengkel
    yah setidaknya ijin dululah ama yang punya
    gimana indonesia mau maju kalo isinya plagiat
    hft

    BalasHapus
  18. Skydrugz@
    sepanjang anda selalu mendahulukan prinsip nuwun sewu, saya pikir sah - sah saja

    Nadia Meutuah@
    selamat siang mbak Nadia :35 udah kenal ma Mbak Wit blum..??

    Sedjatee@
    bener nih Kang, ada strategi yang ampuh enggak ya buat berperang ma pasukan Kuda troya

    BalasHapus
  19. Agung A. Kusuma@
    nuwun sewu itu sama artinya dengan permisi, punten 'n sejenisnya Kang

    BundaMahes@
    Akbar udah cantumin darimana dapat gambar di atas loh Bunda.. :15

    Daun@
    lah Kang Daun nih.. saya enggak ngelarang COPAS (Copy Paste) kok, asal izin dulu. Yang jadi masalah itu COPAS (Colong di saat pemiliknya Pas lengah) hahaha

    Sibutiz@
    Awas keserang juga loh brade

    Akane'Dsila@
    bener nih, izin dulu baru bawa.. kalau enggak tahu siapa penulisnya.. cantumin linknya dulu baru publish

    BalasHapus
  20. kang kok nggak disebutin alamat yang copas siapa :mrgreen:

    BalasHapus
  21. Emang bikin kesel dan Gondok kalo di Copas ya tulisan kita, saya pernah beberapa kali menuliskan soal ini, tapi, lama2 jadi mikir, wes biarin lah, kalo tulisan kita di Copas orang, berarti orang mengakui tulisan kita bagus, dan bahkan merelakan blognya digunakan buat menularkan ide baik kita di tulisan itu untuk orang yg lebih luas.. hehehe...

    jadi, ikhlas aja.. begitu tho mas Akbar?? :)

    salam essip ya... hehe

    BalasHapus
  22. wahh iia kang.. semoga serangan dari pasukan Kuda Troya nya segera berlalu di hantam sama pasukan mayat hidup yg bangkit kembali (gtu kang di pilem Lord of the Ring soalnya) :(

    BalasHapus
  23. And1k@
    jangan donk mas, kan kasian yang punya blog itu.

    Advertiyha@
    bener nih ikhlas, entar kalau saya copas habis blognya.. mbak Iyha nangis :13

    Genial@
    hahaha iki virus tah pilem toh Kang :21

    BalasHapus
  24. Siippp........... pokoke setiap ada waktu untuk nulis ya langsung nulis saja jangan copas :D

    Salam hangat serta jabat erat selalu dari Tabanan

    BalasHapus
  25. kalau masalah copas boleh saja,tapi harus masukkan originalnya dan disebutkan sumbernya , jika ga mau demikian itu namanya ga per sbg penulis yang baik. Yang dicopas juga sabar aja nantipun ketahuan asal tulisannya berasal dari mana.... sekedar shering saja..., ditunggu partisipasi sobat di blog saya, tks

    BalasHapus
  26. berkunjung sekalian baca2 , bagus juga bahasannya, ditunggu kunjungan balasan sobat

    BalasHapus
  27. Setali tiga uang sama Mbak Witri.. beberapa tulisan saya ada ngopas. Bahkan sampai gambar dan font-nya pun sama persis.

    Saya sih cukup bersabar aja, dan nulis komen di blog orang itu. Mudah2an dia jadi mikir :p

    BalasHapus
  28. Sugeng@
    nah itu ada saran dari blogger kalong senior :21

    Sepakbola news@
    :16 stuju dengan komen anda

    Career Job@
    Insya Allah nanti saya mampir.. sediakan minuman angetnya ya :11

    Rime@
    kalau enggak mikir berarti emang spesialisasi copas tuh orang.. kan copas enggak perlu banyak mikir

    BalasHapus
  29. kalau lagi mampet ide, mending ngak usah nulis dulu daripada main copas aja....

    BalasHapus
  30. sulit jg ya Akbar utk menyikapi budaya copas ini diantara blogger, krn kita gak pernah tau alasannya mereka yg copas ini melakukan hal tsb.

    bunda jg pernah menemui beberpa tulisan yg copas abis dr blog bunda, dan bunda komen disana dgn mengucapkan semoga tulisan diatas bisa bermanfaat bagi yg ikut membaca, dan gak ada reaksi apa2 dr dia..... hahahaha.........

    bunda jg sering mengutip atau mengambil referensi dr bbrp buku atau tulisan dgn menyebutkan sumbernya,
    bunda rasa ini lebih beretika, krn pd dasarnya kita menulis itu ide kadang datang sehabis kita membaca tulisan seseorang, ya gak Akbar?
    salam

    lho...lho...kok panjang amat ya komennya....heehehe...maaf ya Akbar....
    salam

    BalasHapus
  31. pantas dek, qu tungguin u gak datang2, piara kuda poni aja jinak gak macam2.. hehehe

    masalah COPAS qu justru gak tw caranya, ntar ajarin ya dek, tapi qu gak suka jiplak tulisan orang, apa kata dunia kalo qu jiplak,, huh ...

    oya dek, blok qu semua tulisannya cemen, makana gak da yg berminat, itu salah satu trip biar gak di copas orang .. hehehheee cari pembelaan diri ... :20

    BalasHapus
  32. Idana@
    mending BW aja ya :34

    Bundadontworry@
    Nah itu yang Akbar maksud Bunda, enggak apa-apa jika kita pingin ambil sumber dari apa aja.. asal satu ya sebutin sumbernya.. enggak apa2 kok komen panjang Bun, apa perlu Bunda nulis di Blog Akbar juga tah hhehe

    Fitr4y@
    yup Uni.. nih sudah jinak kudanya.. ah copas kok minta diajari.. jangan lah yaw.. :24

    BalasHapus
  33. wow..............yang penting jujur dan gak jorok.....stuju kang

    BalasHapus
  34. Maaf br bs mampir...
    Wah, ngomongin kejadianku kmrn ya, hehe..Ya, yg lalu biarlah berlalu, kan udah ada hikmahnya, Mas. Thanks y udah care.
    Oya,menyikapi 2 kalimat terakhir pada paragraf 6, tulisan di atas, aku pikir,semua org jg bisa kok membuat tulisan yg bs membuat org tertarik u/mempostingnya ulang ^^
    Aku follow y blognya..

    BalasHapus
  35. halo bos?sorry lagi berkunjung. Aku kemarin kekurangan waktu buat BW

    em kalau boleh jujur, posting pertamaku adalah plagiat hhe.
    ya aku belum punya ke PD an buat nulis bang.
    Kalau sekarang sih alhamdullilah udah lancar jaya hahaha hasil tulisan sendiri walaupun cuma singkat-singkat tapi penuh makna hahaha

    BalasHapus
  36. kalau begitu saya kebetulan pas nih mas blogwalkingnya.. soalnya, sekalian saya mengajak masnya tuk tukeran link, link masnya sudah saya pasang di tempat saya, semoga berkenan tuk memasang link saya juga di sini.. terimakasih :)

    BalasHapus
  37. Saya juga sering copas mas di blog yang satunya. Tapi ya tetep ada etika, link sumber harus jelas. :). Kadang ide menulis gk muncul, jadinya hanya menyebar info yang sekira bermanfaat. itu yang biasa saya lakukan. hehehe..

    BalasHapus
  38. Blackbox@
    dan kalau bisa ya dari tulisan hasil mikir kita ndiri tentunya

    Wits@
    eh ada korban copas nih hehe.. monggo deh Mbak silakan difollow.. saya Follow balik deh

    Kumpulan Hot thread kaskus@
    :13 nah sekarang malah orangnya yang sakit nih

    BalasHapus
  39. Cahyanugraha@
    wah jangan dong.. masak Remaja Penuh Warna main copas nih :24

    Majalah Masjid Kita@
    :12 Monggo mas.. sudah saya pasang juga kok.. matur nuwun ya

    Fendik@
    Yupz... betul Mas.. jangan lupa sertakan link sumber atau penulis aslinya

    BalasHapus
  40. Ohhh.... ngono toh ceritane, gara-gara jaran goyang, hari gini masih musim jaran goyang rupanya, masalah budaya copas kang akbar ya seperti jaran goyang kuwi, sewaktu-waktu muncul tanpa permisi moro-moro nyelentik, dimaklumi saja, yang namanya manusia tentu memiliki bermacam macam sifat sesuai karo wetone.

    BalasHapus
  41. tapi mbak Witri patut berbangga juga sih....tulisannya dipercaya, hingga diplagiati (halah diplagiati :23 )

    BalasHapus
  42. Astrasatria@
    loh iki virus tah aji - aji pelet toh Kang :21

    Adecheeruna@
    bener mas Ade.. minimal ada bahan buat posting bagi Mbak Wit 'n saya hehehe

    BalasHapus

Posting Komentar

Terima kasih telah membaca artikel dengan cara seksama dan tidak dalam tempo sesingkat-singkatnya