Baca, Bahas dan Bawa

Kalau ingin ranking Alexa naik ya harus rajin blogwalking dong?. Itulah salah satu sarana jitu yang sering digunakan sebagian blogger yang ingin meningkatkan traffic alexa pada blognya.
Dulu sayapun rajin untuk blogwalking dengan tujuan mendapat kunjungan balik, yang tentunya dengan harapan akan mendongkrak ranking Alexa blog saya. Namun tak seberapa lama saya berpikir, apa sih untungnya Alexa buat saya?. Bukankah blog ini saya ciptakan untuk saling berbagi dan berkarya, bukan untuk menang - menangan ranking?.

Dengan jam online yang berlebih setiap harinya, mungkin saya bisa menaikkan traffic pengunjung blog ini dalam sekejap. Yaitu dengan cara membabibuta melakukan aktifitas blogwalking dan meninggalkan jejak seadanya kepada setiap blog yang saya jumpai.

Blog bisa jadi Alexanya akan melesat laksana meteor, tapi apa yang didapat pemilik blog itu sendiri?. Menurut saya rugi jika hanya Alexa yang dijadikan alasan kita mau bercapek ria melakukan blogwalking, karena didalam blogwalking banyak sekali pengetahuan, hikmah, hiburan atau info yang bisa kita dapatkan lewat blog - blog yang kita kunjungi.
Jadi alangkah sayangnya jika kita cuma separuh hati membaca posting dari blog orang lain yang kita kunjungi.

Ada beberapa hal yang saat ini saya lakukan saat melakukan blogwalking.

  • BACA
"Jika karya kita ingin dihargai, hargailah juga karya orang lain". Apa yang anda rasakan jika tulisan anda hanya dibaca  seenaknya oleh orang lain, padahal anda sudah bersusah payah saat membuatnya?. Jelas jengkel kan?. Nah itu juga yang terjadi jika anda cuma separuh hati membaca tulisan orang lain saat melakukan blogwalking. Dengan membaca karya orang lain mulai awal sampai  tuntas, itu berarti anda sudah menghargai hasil karya empunya blog tersebut.
  • BAHAS
Setelah membaca dengan tuntas posting tersebut, tentunya anda suatu kesimpulan yang bisa anda ambil dari tulisan itu. Cobalah untuk memberi komen atau pertanyaan yang sebisa mungkin berkaitan dengan isi posting tersebut. Sebagai tanda anda telah membaca dan menghargai tulisan dari blog yang anda kunjungi.  Disinilah nantinya akan terjadi interaksi antara anda dengan empunya blog tersebut. Dan tentu saja akan menambah teman blogger anda di dunia maya.
  • BAWA
Dalam setiap tulisan pastilah ada maksud yang ingin disampaikan oleh penulisnya. Alangkah ruginya jika disetiap kunjungan anda ke blog orang lain, tidak menambah pengetahuan pada diri kita. Ibarat kita mengunjungi rumah teman yang letaknya jauh, tentunya ada kesan tersendiri jika saat kita pulang bisa membawa oleh-oleh yang bisa kita jadikan sebagai kenang - kenangan.
Mungkin jika dalam dunia bisnis kita mengenal "waktu adalah uang". Dalam dunia bloggerpun kita harus mengenal "blogwalking adalah pengetahuan". Yah, minimal ada satu istilah atau kosakata yang harus anda bawa pulang saat mengunjungi blog orang lain.

Dulur blogger, aktifitas blogwalking menurut saya bukan hanya sebatas berkunjung dan meninggalkan jejak semata. Tapi dibalik itu banyak hal yang bisa kita dapatkan lewat blogwalking.

Silaturahim yang terjalin antar blogger, tentunya itu yang harus diutamakan terlebih dahulu. Ikhlas dalam mengunjungi blog orang lain dan tak terlalu berharap mendapat kunjungan balik, mungkin itu yang harus kita lakukan. Sebab saya yakin jika kita ikhlas dan semata hanya untuk bersilaturahim sekaligus berbagi.  Nona Alexa pastilah akan tersenyum dan tanpa sungkan akan menghampiri blog anda.

Heppi Blogwalking


Image and video hosting by TinyPic

sumber gambar : teenknowhow.com

Komentar

  1. blogger memang ada beberapa aliran bro,,, ada aliran bloger selebriti, blog maker, blog komersil, dan bloger sejati...

    jika ngejar alexa, sumpah, alirannya pasti adalah bloger selebriti... :D

    BBB= "Baca, Bahas, Bawa..." bukan "Bukan Bintang Biasa..." :D

    BalasHapus
  2. dan contohnya adalah dhe, dhe udah baca postingan ayah, dhe udah membahas dengan memberikan komentar, dan selanjutnya dhe akan bawa BBB versi ayah (baca, bahas, bawa).. hehe.. :)

    *yeeeeeeeee, akhirnya komen juga..

    BalasHapus
  3. Zulham@
    wah saya berarti enggak masuk kategori aliran yang anda sebutkan nih.. saya kan aliran blogger kalong

    Dhe_bie@
    hem anakku yang manis akhirnya bisa komen juga nih.. makasih ya :31

    BalasHapus
  4. **kaget ndelok lozz akbar wes nduwe anak gede
    Sipp mas, memang begitu seharusnya. Aku juga binggung dnegan alexa dan pagerank dari google, itu selalu bertolak belakang. Namun bagiku seorang blogger kalong apa perlu dan merasa penting dengan alexa dan PR ?? keknya engak. Aku masang itu di blog ku cuman sebagai gagah-gagahan padahal gak tahu maksud dan tujuan nya.

    Salam hangat serta jabat erat selalu dari Tabanan

    BalasHapus
  5. betul mas, tjuannya utama memang saling berbagi dari setiap tulisan yang kta buat, biar kita yang menjemput sebelum orang yang menjemput kita,.. tapi di saya page rank seperti alexa dkk, cuma meramaikan blog saja mas biar seru xixix

    BalasHapus
  6. wes ta woco mas....emang bener opo sing di tulis njenengan itu...musti adalah yg diambil dr tulisan itu ,,,,makasih mas...

    BalasHapus
  7. Keren sob
    Aku baca, komen dan bawa deh pesan yg kau sampaikan :)

    BalasHapus
  8. Kalau peringkat kita naik dan itu bisa dijadikan cambuk untuk tambah semangat dalam berkarya, bolehlah. Istilahe, gawe seneng2 ae, gawe asik asikan. Tapi kalau untuk yg diluar itu, saya malah nggak kepikiran blas Kang;

    BalasHapus
  9. Bagus..bagus..

    Sesuai niat awal: blog itu tempat berbagi syukur2 bisa manfaat..

    Yuk BBB :)

    BalasHapus
  10. Saya suka kata-kata ini, blogwalking adalah pengetahuan. Mas, boleh ga tukeran link? Biar gampang BWnya :)

    BalasHapus
  11. iya,aku hari2 ini sibuk dengan tugas2, jadi kurang bisa bw, eh alexanya malah melonjak lagi..

    BalasHapus
  12. Iya sob setuju,tapi sudah bukan hal rahasia lagi kebanyakan bloger kita hanya mementingkan blogkwalking saja karena ingin meningkatkan PR,tapi maaf kalo saya yg menjadi bahan pertimbangan adalah ukuwah dan silaturahmi serta menjalin hubungan baik antar sesama itu intinya sob.
    Salam

    BalasHapus
  13. saya akan tetap berusaha membaca blog yg ditemui dan mendapatkan inti dari isi artikelnya... tetaplah berkarya....agar bisa dibaca, bahas dan dibawa blogger lainnya... :))

    BalasHapus
  14. heheh
    bener bangetz nhe
    dulu aku juga sempet mikir gitu
    tapi ternyata dari blogwalking itu kita bisa nambah wawasan dan pastinya temen..
    :D

    nupost nhe

    BalasHapus
  15. Sugeng@
    iku anak ketemu gede Cak, emboh mbok'e sopo :21
    kalau blogger kalong seperti kita rasane enggak telalu penting Alexa, yang penting bisa dapat dulur sebanyak -banyaknya, kan enak kita bisa nyantol kesana sini kalau pas nglowo hehe

    Auraman@
    awas jika terlalu rame, bisa berat loh blognya

    Mr. Pall@
    aku juga slalu baca artikel sampean ampe ludes Mr. Pall, jujur aku kadang enggak omes dengan guyonane sampean. pingin tak kitik - kitik wae :18

    Propananda@
    bebaaaassss

    BalasHapus
  16. Cucuharis@
    hati - hati jangan ampe jatuh di jalan loh mas oleh - olehnya. makasih mas Achoey

    Masbro@
    nurutku bondone cuma ikhlas aja Brot.. Insya Allah alexa melu dewe. buktine kan sampean ngerti dewe kan Kang :16

    Putri Baiti Hamzah@
    monggo..monggo, ladies first ya..

    Sya@
    dengan senang hati Mbak.. tuh udah saya pasang punya anda

    BalasHapus
  17. Kira@
    nah itulah anehnya aleka.. ibarat jailangkung.. datang tak diundang, pulang tak diantar hahaha

    Daun@
    yupz setuju yang terpenting adalah ukhuwah dan menjalin saudara

    Nit Not@
    Sayapun akan berusaha seperti anda brade.. eman soale banyak sekali pengetahuan yang bisa kita dapatkan melalui blog orang lain

    Akanae'DSila@
    wah seneng nih, berarti saya sudah dianggap teman nih sekarang

    BalasHapus
  18. Makasih tipsnya...
    Pengin sekali punya Alexa yang tinggi kayak punyak orang2 yang mencapai jutaan dalam waktu singkat.
    Punyak saya masih kecil, susah meningkat.
    Baru 80 ribuan...
    Mohon saran!

    BalasHapus
  19. semangat pagii !!, saya punya kisah tentang Si Herman Kecil Yang Tangguh ni mas :D

    BalasHapus
  20. Marsudiyanto@
    wah 80 ribu tuh guanteng loh Pak... lah harusnya saya yang minta saran sama Pak Mars, tapi bukan masalah Alexa.. saya pingin punya blog yang warna warni seperti punya sampean :15

    Auraman@
    oke entar saya mampir kesitu.. sekarang masih nongkrong di warung sebelah nih

    BalasHapus
  21. aku udah baca bismillah mas he. Oh ya, kadang aku cuma sekilas bacanya mas. Tapi karena aku dikejar-kejar waktu. Bisa mau belajar, berangkat sekolah, bergaul sama temen gitu. Terus gmana tu mas?

    BalasHapus
  22. bener, mantabz tuh postingnya gan......

    BalasHapus
  23. alexa rank berguna bila untuk mendaftarkan blog pada paid to review bro..bila untuk pribadi alexa rank tak seberapa penting...

    BalasHapus
  24. menarik
    salam persahabatan

    BalasHapus
  25. dari awal ngeblog samapi sekarang bunda gak pernah ngerti seluk beluk ttg tante alexa ini
    bukan apa2, memang krn gaptek dan gak ngerti blas, Akbar.
    kalau pun BW itupun utk bersilaturahmi dan 'mencuri' ilmu baru, termasuk 'mencuri' dr blogmu Akbar.... :)
    salam

    BalasHapus
  26. bener banget kang ini sih emang biasanya juga terjadi sama saya. saya kadang kadang kalo lagi badmood kalo bw ya sekedar koment aja mungkin itu sedikit kurang menghargai tulisan orang lain tapi insayaallah saya akan terapkan 3 point tersebut kang :)

    BalasHapus
  27. Mm..blog itu wadah ya, ibarat suatu institusi, yg terlibat di dalamnya tentulah individu. Setiap individu itu makhluk sosial kan, jd interaksi itu pasti terjadi, hanya saja bahasanya berupa tulisan. setuju sm postingan di atas, lakukan semua hal dg niat baik:)
    silaturahmi itu indah

    BalasHapus
  28. betul, setuju sama sobat..
    =D

    BalasHapus
  29. setuju setujuu... :)

    BalasHapus
  30. thanks tipsnya, BW walaupun telat gpp kan :)

    BalasHapus
  31. saya sangat setuju,,rajin blogwalking,,,haha folow" yah bozz

    BalasHapus
  32. selalu di baca, bahas dan bawa kok lozz,,,
    maklum bukan blogger kalong tapi blogger emak2 :D

    BalasHapus
  33. Cahyanugraha@
    lah posting bisa tuh... berarti ada waktu donk buat BW sepenuh hati..

    Muhammad Ridwan@
    kenapa bisa mantep brade..?? :22

    Jesica@
    yupz.. makasih pencerahannya

    Kezedot@
    :12 Salam persahabatan balik dulur

    BalasHapus
  34. Bundaddontworry@
    heeh benar Bunda.. eh bukan silaturahim nih yang benar Istilahya Bunda. kapan hari pas BW saya dapat pengetahuan jika yang benar silaturahim bukan silaturahmi

    And1k@
    yah semoga mulai sekarang kita bisa saling menghargai hasil karya bersama ya Kang

    Witz@
    eh yang lagi jengkel muncul nih.. yang sabar ya Mbak :39

    BalasHapus
  35. Agung A. kusuma@
    kenapa bisa setuju Mas Agung?

    eyha4hera@
    lah ini lagi, malah seperti rapat di balai desa :21

    Lidya@
    enggak masalah donk, asal enggak keberatan aja kalau nanti dapat suguhan yang lebih dikit hehe. makasih Mbak Lidya

    BalasHapus
  36. Ahmad'z@
    oke deh saya follow punya mas Ahmadz

    Ysalma@
    wah istilah baru lagi nih :19

    And1k@
    monggo kang and1k.. sampun kulo pasang punya sampean :27

    BalasHapus
  37. Lapor kang, aku moco tenan dari awal sampai akhir, menulis tentang blogwalking selalu menarik untuk dibahas dan kang akbar makin menyempurnakannya, kang Akbar sudah berhasil mengungkapnya dengan masalah kunjungan sekedarnya itu kebanyakan yang terjadi,mudah2ahan setelah rekan2 membaca postingan ini akan mendapatkan pembelajaran bahwa blogwalking jangan sekedarnya, asal berkunjung dan asal comment

    BalasHapus
  38. baca, belajar, berbagi, berekspresi...
    berteman...

    sip.. jadilah blogger sejati..

    BalasHapus
  39. hahaha.. jadi ttp kang iia.. supaya kita di ampiri sama miss alexa itu.. gag ngerti saiia kang, knp beliau bisa nentuin sedemikian rupa thdp hasil serta kinerja sebuah blog.. :(

    BalasHapus
  40. Saya malah jarang BW mas, waktu dan koneksi jadi masalahnya

    BTW tentu tidak salah apa yang mas Lozz sampaikan, tujuan kita BW adalah mencari referensi dan kalo bisa urun rembug, namun jangan lupa juga masih ada aturan yang mengharuskan kedua hal rank tersebut kalo pengen dapet duit mas contohnya dari review.

    BalasHapus
  41. setujuh...!!! (semangat bgt!)
    sayangnya udah cape2 baca tulisan orang tapi gak tau mau koment apa! hihi,, :D (penyakit bawaan!)
    Alexa no.2 seng penting persahabatan,, :17

    BalasHapus
  42. BW bagi saya untuk menyambung silaturahmi di dunia maya ini, pengen tau gimana kabar sahabat blogger sekalian :D

    BalasHapus
  43. dulu pernah ikut2an ngeliat ranking alexa
    tapi lha yo tetep ora paham aku mas
    wkwkwkwk
    yang penting nulis dan mbaca ae plus silaturahmi
    bener tho?

    BalasHapus
  44. seperti yang telah kita ketahui bersama sama sam...
    ternyata tidak hanya blog yang harus di Baca, Bahas, dan Bawa
    Masih ada yang lebih penting lagi... Kelestarian alam harus kita Baca, Bahas dan BAwa juga....

    Go green with Pecinta Alam Sejati

    BalasHapus
  45. malu aku liat tulisan ini, hihi..jarang update soalnya

    BalasHapus
  46. Kalau ingin ranking Alexa naik ya harus rajin blogwalking dong?... <<< hahaha... nyentil banget nih mas.. terimakasih utk selalu mengingatkan... :)

    BalasHapus
  47. Astrasatria@
    lah semoga juga penulisnya juga enggak asal-asalan saat blogwalking.. ingatin saya yo Kang, kalau masih bandel tabok aja mukanya ma duit 50 ribuan :21

    Widhy88@
    wah tambah lengkap nih.. saya tambahi lagi ya.. BETUUUULLLL hehe

    Genial@
    yang utama duluran aja brade dipentingin, Alexa belakangan deh.. biar ngantri

    BalasHapus
  48. Mas Tony@
    lah monggo buat mas Tony kalau mau berbagi tentang aturan itu...

    Mashury@
    hoi ini udah komen kok langsung lari :25

    Bundamahes@
    betul Bunda, dengan BW saya jadi tahu kalau punya ponakan ganteng macam Mahes

    Julie@
    kuntul nyemplung kali.. betul sekali :16

    BalasHapus
  49. Imam Syhox@
    owh.. adakah sesuatu yang bisa kami BAWA lagi dari sana hahaha

    Tunsa@
    Lah Cak ora iso update, kan masih bisa BW toh..??

    Majalah Masjid Kita@
    :12 Lah kalau pingin punya banyak saudara; kan mesti banyak kenalan?

    BalasHapus
  50. alhamdulillah dapat pencerahan ketika membaca postingan ini. btw, thanks a lo, atas ilmu yang telah dibagikan.. salam bloofers

    BalasHapus
  51. iya dulu juga alexa saya bisa bagus tanpa harus blogrunning, udah bukan blogwalking lagi nih haha. yang saya hindari cuma satu, maksain blogwalking padahal udah ngantuk :24 karna bisa jadi ga dapet apa apa :32

    BalasHapus
  52. Yang saya suka dari blog kang akbar itu, adanya istilah-istilah baru, konsep-konsep baru yang selalu mengingatkan dan menambah pengetahuan kita, seperti postingan ini

    BalasHapus
  53. Zico@
    lah ini nurut pendapat pribadi aja loh brade Zico..

    Arikaka@
    yupz jika carane seperti itu, enggak ada bedanya kita seperti komen di status FB teman

    Blackbox@
    bisa aja brade Amir kalau bikin muka saya merona - rona :39

    BalasHapus
  54. bener banget ni, saya pun juga wajib membawa sesuatu dari blognya anda

    BalasHapus

Posting Komentar

Terima kasih telah membaca artikel dengan cara seksama dan tidak dalam tempo sesingkat-singkatnya