Apakah Anda Seorang P.A..?

Suatu hari lewat chating saya ditanya oleh seorang kawan baru FB. Dia menanyakan apakah saya seorang pencinta alam, setelah dia melihat foto-foto saya di album FB. Seketika saya jawab ya, karena memang sampai saat ini atau Insya Allah selama cicilan usia saya didunia ini masih belum lunas saya akan menggenggam plihan hidup saya tersebut. Namun setelah dipikir-pikir kenapa sepertinya orang selalu mengidentikkan setiap orang yang suka berpetualang adalah pencinta alam, padahal secara jam terbang saya masih terlalu jauh jika dibanding teman-teman lain yang sudah melanglang gunung dan rimba. Bahkan dalam organisasi pencinta alam , selama ini saya cuma bisa menularkan kepada adik-adik saya tentang kesukaan dalam menanam pohon, memungut sampah dan bersaudara sebaik mungkin. Sedangkan kegiatan berpetualang cuma mendapatkan porsi kecil dalam organisasi saya, itupun kami anggap sebagai selingan saat jenuh dalam berorganisasi.

Sebagai seorang pecinta alam kadang saya juga merasa jika selama ini ada semacam beban yang meski kita jinjing sendiri dalam menjaga kelestarian alam ini. Bahkan karena pemahaman yang kurang tentang dunia pecinta alam tak jarang segala sesuatu yang berhubungan dengan kerusakan alam, mereka beranggapan jika semua itu adalah P.R buat kita sendiri. Heran rasanya kita hidup dibumi yang sama, menikmati segala yang ada didalamnya juga secara bersama, tapi kenapa saat bumi mulai ngambek kepada kita justru cuma seorang pecinta alam yang harus menenangkannya?.

Menurut saya pencinta alam adalah rasa kasih sayang kepada alam yang diwujudkan lewat sikap dan perbuatan mempergunakan alam dengan bijak serta memeliharanya agar senantiasa lestari. Bagi saya seorang tukang sampah yang tidak mengenal tentang "salam lestari", dia juga seorang pecinta alam jika dia mendedikasikan semua pekerjaannya sebagai wujud tanggung jawab dia sebagai khalifah bumi ini. Sebaliknya seorang anggota organisasi pencinta alampun, bisa jadi cuma sekedar baju berlabel pecinta alam, jika segala sikap dan perbuatan masih jauh untuk disebut sebagai seorang pecinta alam. Adakah diantara saudara pencinta alam yang seperti itu.? hem.. semoga saja tidak ya..?


Nah sekarang mungkin ada pertanyaan, apakah benar pada dasarnya semua manusia adalah seorang  pecinta alam meskipun dia sama sekali bukan anggota organisasi pecinta alam..?. oke deh, kita buktikan bareng-bareng yuk.

Dalam tasawuf  Islam saya pernah membaca jika sebelum seorang manusia dilahirkan Allah telah meniupkan sifat-sifat-Nya kedalam roh manusia, dan salah satu sifat itu bernama Rahman dan Rahim yaitu sifat yang sangat diperlukan untuk menjadi seorang pencinta alam. Apa perlu bukti lagi jika sifat tersebut sekarang ada pada diri anda..?.he.he. Sekarang apa yang anda rasakan dalam hati saat melihat bencana yang diakibatkan oleh ulah manusia, pasti semua sepakat mengutuk pelaku pembuat kerusakan tersebut. Nah itulah tanda jika sifat Rahman dan Rahim sedang berbicara dalam hati anda. Lah terus pelaku pembuat kerusakan sendiri apa tidak mempunyai sifat tersebut?. Saya pikir ada dan mereka juga sadar tentang apa yang dia perbuat terhadap alam itu salah, tapi ingat manusia juga dibekali sifat egois dan tamak dan sifat itulah yang mengalahkan anugerah Rahman dan Rahim yang dibekali Allah.

Saya yakin jika ternyata Alien itu ada dan bermaksud menyerang menghancurkan bumi, semua orang pastilah akan berusaha membelanya meskipun dia bukanlah sorang anak P.A, karena dalam hati mereka tak akan pernah rela jika bumi ini hancur.

Nah jika sekarang anda sudah punya modal sifat Rahman dan Rahim dalam hati anda, apakah anda siap menjadi seorang P.A (Pencinta Alam)?. Atau malah sebaliknya keegoisan yang malah mengalahkan anugerah Ilahi tersebut hingga anda menjadi seorang P.A (Perusak Alam).

Selamat menemukan Rahman dan Rahim dalam hati anda,,

Komentar

  1. "Menurut saya pecinta alam adalah rasa kasih sayang kepada alam yang diwujudkan lewat sikap dan perbuatan mempergunakan alam dengan bijak serta memeliharanya agar senantiasa lestari"

    Menurut saya juga begitu. Ohya brow, salam ya ke Lilis..

    BalasHapus
  2. Acacicu@ oke sudah saya salamkan bradah

    Wan@ loh kan wes gawe bandana. berarti siap dadi P.A..

    BalasHapus
  3. "Menurut saya pecinta alam adalah rasa kasih sayang kepada alam yang diwujudkan lewat sikap dan perbuatan mempergunakan alam dengan bijak serta memeliharanya agar senantiasa lestari"

    Saya idem ^^

    Salam kenal ^^

    BalasHapus
  4. Pendarbintang@ Matur nuwun rawuhe mbak.. Salam kenal dari blogger newbie Jember.. maklum ketularan Bro hakim ha.haa,
    oke deh saya blogroll blognya ya..

    BalasHapus
  5. Lho kok onok jenengku iku?????wah wah wah..

    BalasHapus
  6. Aku ganti jeneng nang kolom komentar. tak lagi acacicu. Sesuai saranmu (Lilis), akhire nggawe jeneng biasane ae, masbro;

    BalasHapus
  7. nah gitu donk mas Bro, kalau keseringan pake nickname nanti bisa seperti radio amatir he..he

    BalasHapus
  8. Keluarga tamasya@ weit ojo lalai bayar tikete, kelas VIP cukup bayar gulo kopi seikhlase...

    BalasHapus
  9. Puih, larange reeekkk...sek leren mbayar gulo kopi,,hadoohh...

    BalasHapus
  10. bang LoZz,... maksih tulisannya..MANTABS..

    ....ROHMAN DAN ROHIM....

    BalasHapus
  11. Al-Gadri@ Wah dulurku baru muncul sekarang nih.. padahal sudah aku siapkan tempat paling spesial di bioskop ini.. he,hee

    BalasHapus
  12. hohohoo, tempat specialnya ada kopinya nggak???

    BalasHapus
  13. ehmm...makasih tulisanya kang, semakin meneguhkan keyakinan bahwa saya PA dan tak harus ahli menek gunung B-)hkan keyakinan bahwa saya PA dan tak harus ahli menek gunung B-)

    BalasHapus

Posting Komentar

Terima kasih telah membaca artikel dengan cara seksama dan tidak dalam tempo sesingkat-singkatnya