Postingan

Menampilkan postingan dari Januari, 2011

Butuh Korek Api

Gambar
Malam ini aku sendiri Aku punya rokok Tapi tak berarti
Berharap ada malaikat menghampiri Memberi aku korek api
Tulisan di atas adalah sedikit bocoran lirik dari Tamasya Band. Sebuah lagu yang masuk dalam album Save The Tree #3, dan Insya Allah akan diluncurkan pada bulan Maret ini. Saya suka banget dengan lagu berjudul "Lelaki dan Korek Api" ini, karena selain begitu familier jika dimainkan dengan gitar akustik. Lirik yang terkandung di dalam lagu ini pun bagi saya begitu sarat makna.

Tapi biar empunya lagu ini saja deh yang nantinya membahas lebih dalam makna filosofi lagu ini. Yah, hitung - hitung saya kasih Masbro pekerjaan rumah. Sebagai balasan karena dia melancong ke Rinjani tanpa ajak saya hahaha.

Dulur Blogger, dalam ngeblogpun saya kira kita juga membutuhkan sebuah korek api. Sebuah pemantik inspirasi yang bisa menimbulkan percikan semangat bagi kita untuk menulis. Bagi mereka yang sudah mempunyai korek api berlebih, menulis tentu saja bukan menjadi hal yang sulit. Tap…

Dasrunisme

Gambar
Sama halnya di luar sana yang sedang ramai memperbincangkan fenomena Corp Circle. Di dunia mayapun saat ini sedang dihebohkan dengan fenomena munculnya sosok bernama Dasrun.

Ada diantara anda yang mungkin masih belum mengenal Dasrun si tukang toilet ini?. Wah berarti anda sudah jauh nih ketinggalan kereta. Jadi ketimbang penasaran saya persilakan anda melakukan napak tilas terlebih dahulu menuju rumah Mbak Iyha. Ya, dari sanalah kisah perjalanan hidup Dasrun dimulai. Hingga akhirnya sekarang menjalar ke pelosok republik blogger dan menjadi sebuah virus bernama Dasrunisme.

Ada sebuah pelajaran yang bisa kita ambil dari sosok Dasrun. Jika sebuah keterbatasan tidak bisa dijadikan alasan bagi kita untuk tidak bermanfaat bagi sesama. Contohnya Dasrun seorang tukang toilet tapi bisa memberikan manfaat bagi kita semua, karena atas jasanya kita semua bisa lebih akrab.

Dulur Blogger, semuanya tentu sayang Dasrun. Anda dan saya tentunya ingin cerita Dasrun berakhir dengan kebahagiaan. Semuany…

Apa Yang Kamu Lakukan Dasrun...?

Gambar
Mencoba melanjutkan operan cerita dari Mbak Iyha dan MasBro

Sebuah lika liku kehidupan manusia ala Dasrunisme dalam episode... 


"Apa yang kamu lakukan Dasrun?"

Sepanjang siang hingga sore hari, kondisi Rama semakin memprihatinkan. Dan puncaknya...

"Mas..mas, Rama mas.!", jerit suara Bu Dasrun dari dalam kamar.

Dasrun berlari menuju kamar itu, dia melihat istrinya menangis sambil menggoncang - goncangkan tubuh Rama yang enggan bergerak. Dasrun sadar jika saat itu Rama dalam kondisi kritis. Jadi tak ada jalan keluar lagi selain segera membawa anak semata wayangnya itu menuju rumah sakit terdekat.

Laksana seorang pembalap sepeda yang ingin segera mencapai garis finish. Dasrun pun mengayuh pedal sepedanya membabi buta, membonceng Rama yang berada dalam pelukan istrinya. Dalam pikirannya cuma satu, Yah harus segera tiba di rumah sakit jika masih ingin melihat Rama.

Tanpa pikir panjang Dasrun membelokkan sepedanya ke sebuah rumah sakit. Sambil menggendong Rama, dia menuju …

Tu..Wa..Ga..Pat

Gambar
Sebenarnya saya merasa tidak layak untuk membuat posting tentang sesuatu yang berhubungan dengan kesehatan. Mau berkampanye jika nikotin enggak baik, itu artinya saya menjadi orang munafik. Lah wong saya ini ngerokoknya Naudzubillah ngebesnya.

Mau omong jika sering begadang itu enggak bagus buat kesehatan. Waduh bisa diketawai bantal saya nantinya. Apa pula kata Batman jika seorang blogger kalong seperti saya tidur sore hehehe.

Namun berhubung ada undangan dari Try 2B Cool `n Smart, akhirnya saya nekad aja menulis tentang kesehatan. Yah, sebuah pandangan tentang arti kesehatan dari seorang yang pola hidup sehari - harinya justru kurang begitu sehat.

Emang enaknya merokok itu apa toh Kang?. Emang begadang tiap malam itu mengasyikkan?. Jujur saya jawab enggak..!. Terus alasannya apa..?. Karena merokok selain merugikan kesehatan juga membuat boros keuangan. Begadang juga membuat badan akan menjadi kurus dimakan angin malam. Lah, tapi kenapa masih anda lakukan?. Ya mungkin saya masih bel…

Manusia Nokturnal

Gambar
Sepertinya ada benarnya jika Cak Sugeng menjuluki saya sebagai seorang blogger kalong. Menclok dari blog satu ke blog yang lainnya ketika malam hari. Namun saat siang telah tiba, saya bisa hilang begitu saja.

Lah, mau gimana lagi? Kalau orang sudah terserang penyakit imsonia tingkat tinggi. Disaat sebagian besar dulur blogger sudah berselancar di dunia mimpi, saya malah asik utek - utek sendiri. Walaupun mata dipaksakan untuk bisa disiplin tidur teratur, tapi tetap saja hasilnya nol.

Kadang saya berpikir apa bedanya saya dengan Vampire ya?. Sama - sama alergi matahari. Juga mempunyai hobi yang sama yaitu doyan menghisap. Cuma bedanya vampire menghisap darah, sedangkan saya doyan menghisap sepuntung Toppas.

Pernah saya punya keinginan bisa menjadi Batman. Seorang superhero yang memberantas para penjahat saat jam maling beroperasi. Namun saya berpikir masak sih Batman punya tubuh yang kerempeng seperti saya?

Tapi saya masih bersyukur dengan gaya hidup yang saya jalani saat ini. Yah, …

Sakit Gigi atau Sakit Hati.?

Gambar
Jika kemarin komputer saya diserang habis - habisan virus Kuda Troya. Sekarang ganti gusi saya yang diserang oleh sebuah virus. Enggak jelas nama virus yang menyerang tersebut. Mungkin saja Kuda Jingkrak atau Kuda Kencak, tapi kalau masalah efek senut - senut, udah deh nanya aja sama mereka yang pernah merasakan sakit gigi hehe.

Saya jadi teringat oleh sebuah lirik lagu yang berbunyi

Daripada sakit hati.
Lebih baik sakit gigi ini.
Ku tak mengapa.


Hemm, sebuah lirik lagu yang mungkin akan memperparah kedaan, jika dinyanyikan di depan orang yang sedang mengalami rasa sakit seperti saya.

Ada 3 macam penyakit menjengkelkan yang pernah saya rasakan dalam kehidupan ini, yaitu sakit gigi, telinga dan hati. Kalau boleh jujur rasanya sama. Sama - sama senut - senut dan memberikan efek emosi yang sensitif pada penderitanya. Jadi seandainya saya diharuskan untuk memilih diantara 3 macam penyakit itu, mungkin saya enggak akan memilih semuanya. Lah wong sakit kok malah enak, mending sehat toh.…

Nuwun Sewu

Gambar
Assalamu'alaikum dulur blogger semua. Apa kabar nih?. Sebelumnya saya minta maaf jika beberapa hari ini masih belum bisa mampir balik ke rumah anda semua. Yah karena serangan dari pasukan Kuda Troya, komputer saya mengalami gangguan yang mengakibatkan kurang normalnya bandwith saat berselancar di dunia maya. Namun Alhamdulillah, Si Kuda Troya sekarang sudah dapat dijinakkan oleh pawangnya. Insya Allah deh setelah posting ini rampung, saya bakal mampir kembali ke rumah anda satu persatu. Jangan lupa siapkan kopi hangatnya ya jika saya datang nanti hehehe.

Beberapa hari yang lalu saya membaca sebuah posting di blog Mbak Witri. Dalam tulisan itu Mbak Wit mengeluhkan tentang salah satu postingnya yang menjadi bahan copy paste dari seseorang. Dituntun oleh rasa penasaran, akhirnya sayapun melakukan sidak menuju blog yang dimaksud Mbak Wit tersebut. Mengamati, mempelajari sekaligus membandingkan tulisan di blog itu dengan tulisan di blog Mbak Wit. Akhirnya, sama seperti Mbak Wit, sayapu…

Baca, Bahas dan Bawa

Gambar
Kalau ingin ranking Alexa naik ya harus rajin blogwalking dong?. Itulah salah satu sarana jitu yang sering digunakan sebagian blogger yang ingin meningkatkan traffic alexa pada blognya.
Dulu sayapun rajin untuk blogwalking dengan tujuan mendapat kunjungan balik, yang tentunya dengan harapan akan mendongkrak ranking Alexa blog saya. Namun tak seberapa lama saya berpikir, apa sih untungnya Alexa buat saya?. Bukankah blog ini saya ciptakan untuk saling berbagi dan berkarya, bukan untuk menang - menangan ranking?.

Dengan jam online yang berlebih setiap harinya, mungkin saya bisa menaikkan traffic pengunjung blog ini dalam sekejap. Yaitu dengan cara membabibuta melakukan aktifitas blogwalking dan meninggalkan jejak seadanya kepada setiap blog yang saya jumpai.

Blog bisa jadi Alexanya akan melesat laksana meteor, tapi apa yang didapat pemilik blog itu sendiri?. Menurut saya rugi jika hanya Alexa yang dijadikan alasan kita mau bercapek ria melakukan blogwalking, karena didalam blogwalking…

Hape

Gambar
Sore itu disebuah kandang kambing, terlihat pak Dargombes dan istrinya tengah berbincang.

"Bu mungkin besok aku mau jual kambing kita satu",  kata Dargombes sembari memberi makan kambingnya.

"Loh buat apa toh pak?", tanya bu Dargombes mengernyitkan dahi.
"Wong celengan beras kita di gentong isinya masih banyak".
"Ikan aja tinggal ambil di empang sebelah"
"Mau nyambel kita juga enggak perlu dipusingin dengan harga cabe yang sedang melonjak"
"Apa uangnya itu  mau sampean buat kawin lagi?", tanya bu Dargombez cemberut.

"Ah kamu ini ada - ada aja toh Yang, cintaku hanya untuk dikau kok",  jawab Dargombes merayu istrinya.
"Aku pingin beli hape bu, biar enggak kalah ma Pak Lurah".

"Lah untuk opo sih Pak, kita beli sesuatu yang enggak penting bagi kita", bu Dargombes menyahut.

"Ah kalau nuruti kamu, enggak bakalan maju kampung ini"
"Ya dibuat telpon - telponan sama teman - temanku di kota toh&quo…

Ada Catherine Di Bola Mataku

Gambar
23 September aku dan Chaterine bermandikan mentari Peluhku menetes terjatuh tepat mengenai bayangan my Chaterine

Chatrine hanya diam membisu tak sepatah kata marah yang terucap Hanya karena Chaterine memang bukan manusia
Cinta yang ada di hatiku Satu diantaranya milik Chaterine Damai yang ada dijiwaku datang bersama kehadiran Chaterine
Bukankah semua yang ada di langit dan di bumi bersujud pada-Nya Biarkan aku dan Chaterine menyusuri alamku
Tulisan diatas adalah lirik dari sebuah  lagu dari Tamasya Band berjudul Chaterine. Lagu ini masuk dalam album Save The Tree #1 dan  bagi sebagian anak pencinta alam di Jember  bukanlah lagu yang asing lagi bagi telinga mereka.

Mungkin ada diantara anda yang bertanya siapakah gerangan Chaterine? Apakah Chaterine adalah seorang wanita keturunan bule atau hanyalah tokoh fiktif dalam lagu belaka?.

Ada yang penasaran..? hemm, bentar saya minum air putih dulu ya.. hem.. sueger...


Chaterine adalah nama sebuah sepeda BMX berwarna hitam, milik sahabat saya Bro Hakim …

Sudah 100 Hari

Gambar
Tanpa terasa sampai detik ini Essip ditakdirkan bernapas. Tanpa terasa pula sudah seratus hari penyakit yang ditularkan oleh sahabat Brohakim ini menjangkit di tubuh saya. Sebuah Virus yang kadang muncul kadang hilang dalam kehidupan saya.

Yah, begitulah perasaan saya sejak berkenalan dengan dunia blogging. Adakalanya bersemangat untuk menuliskan apa saja yang ada di benak saya. Kadang pula ada perasaan enggan untuk menyentuhnya, tatkala isi otak bercampur dengan kejenuhan yang tak bisa saya uraikan darimana asalnya.

"Apa Yang Harus Kutuliskan", itulah sebuah pertanyaan yang menghantui saya saat pertama kali mencoba merangkai kata lewat blog ini. Sebuah pertanyaan klasik sebagai seorang pemula yang merasa tidak punya bakat sama sekali dengan dunia sastra dan bahasa. Tapi Alhamdulillah, saya masih mempunyai semangat untuk belajar dengan cara nonggo di rumah dulur - dulur blogger lainnya. Dan tanpa saya sadari hingga detik ini sudah 38 posting yang telah saya tuliskan. Sebuah …

Emosiku Emoticon

Gambar
Allow apa kabar semuanya..? Maaf baru bangun dari sarang nih..

Enggak tahu kenapa beberapa hari ini saya merasa jenuh melakukan aktifitas di dunia maya. Yah seperti biasa jika virus malas dan jenuh mulai menyerang, melakukan apapun jadi enggak tenang. Mau membuat postingan eh ternyata malah mandeg di tengah jalan. Blogwalkingpun terpaksa dilakukan dengan langkah yang gontai menuju rumah para sahabat blogger. Saya bertanya ada apa gerangan?


Wong biasanya saya sanggup berlama - lama saling berpandangan dengan nona monitor, eh kok malah sekarang saya merasa enggan untuk menatapnya.


Akhirnya terpaksa deh balik lagi ke rumah maya saya sendiri. Melihat isi yang ada di dalamnya, yah siapa tahu ada bahan yang bisa saya buat untuk postingan. Saya tertarik dengan sebuah komen dari sahabat blogger, yang menanyakan bagaimana cara membuat emoticon di kotak komentar.Wah itu kan semudah mengganti smiley di chatbox kan?

Begitu pikir saya enteng.

Iseng - iseng saya ganti emoticon di HTML template say…

Ah Itu Cuma Sepele

Gambar
Sedianya semalam saya akan menghabiskan malam tahun baru seperti yang sudah saya tulis dalam posting kemarin. Tapi ternyata saya justru menghabiskan detik - detik tahun 2010 dengan berdiam di dalam kamar. Gagal deh ritual pergantian tahun dengan mencumbui alam raya saya kali ini.

Sebenarnya pulang kerja saya sudah mempersiapkan segalanya buat acara nanti malam. Adik - adik sayapun sebagian besar sudah berangkat duluan menuju ke tempat yang telah dijanjikan. Namun saya menahan keberangkatan saya menyusul mereka, karena tiba - tiba hujan muncul. Sejam dua jam saya menanti, hujan tak jua berhenti. Sampai akhirnya saya dikagetkan oleh datangnya adik - adik saya yang tadi berangkat.

Saya tanya ada apa gerangan mereka kembali pulang. Mereka menjawab jika mereka tak tahan dengan kondisi hujan saat itu. Saya heran bukankah beberapa hari sebelumnya mereka sudah mempersiapkan segala sesuatunya, tapi kenapa mereka sekarang malah balik kucing?. Bukankah mereka pencinta alam yang seharusnya bisa …