Biyorselp


Alhamdulillah, akhirnya saya bisa juga memecahkan rekor seminggu lebih tidak update posting hehe. Harap maklum dulur blogger, saya baru saja pulang nih dari rantau. Tiga puluh delapan hari mencari sesuap ilmu sebagai tukang kebun di rumah maya keluarga besar Advertiyha.

Beberapa waktu yang lalu saya hanya sebatas memberikan ucapan selamat lewat SMS atas kelahiran putera pertama dari Mbak Iyha. Eh ternyata mbak Iyha malah nodong saya untuk menjadi penulis tamu di blognya. Awalnya saya agak keberatan dengan permintaan tersebut, karena jujur saja saat ini saya tidaklah terlalu pede untuk menjadi penulis tamu di blog orang lain. Apalagi di blog Advertiyha, seorang blogger yang bagi saya sudah kawakan.

Tanpa saya duga, tiba-tiba saja mbak Iyha malah memberikan password akun blognya pada saya. Oalah Gusti, ternyata mbak Iyha ini bakat jadi tukang todong ya, begitu pikir saya saat itu. Kalau dulu dunia blog sempat heboh budaya todong menodong gara-gara aliran Dasrunisme yang diusung mbak Iyha. Sekarang untuk kedua kalinya saya dibikin kelabakan oleh todongan mbak Iyha kembali.

Akhirnya saya pun menyanggupi. Saya tidak mau menjadi penulis tunggal, karena saya tidak ingin Keajaiban Senyuman akan terkontaminasi dengan aliran mblarahisme dari tulisan saya. Di situ saya hanya sebatas menjadi moderator bagi blogger lain yang mungkin saja ingin mengisi rumah mbak Iyha yang sedang kosong. Saya pun berakting sebagai seorang tukang kebunnya, yang bertugas menjaga rumah sampai empunya kembali pulang. Sebuah misi yang gagal, tapi lumayan juga membuat beberapa orang penasaran menerka-nerka siapa tukang kebun itu sebenarnya.

Ada beberapa hal menarik yang saya dapatkan saat menjadi tukan kebun di rumah mbak Iyha. Saya bisa belajar mengoperasikan akun blog yang beda dari blog saya. Tak benar yang dikatakan beberapa orang, jika blogspot itu lebih rumit dari WP atau Blogdetik. Justru di sini saya malah serasa menjadi seseorang yang barus saja belajar ngeblog. Bingung dan ruwet begitulah yang saya rasakan saat pertama kali mencoba membuat posting di situ. Pingin nanya blogger lain saya pun enggan, karena takut kedok saya bakal terbuka prematur. Akhirnya saya pun mempunyai kesimpulan, jika selamanya saya tak akan berpaling deh dengan pujaan hati saya Nona Blogspot.

Pengalaman lainnya adalah ketika saya berpura menjadi orang lain. Be the others, menjadi seorang tukang kebun, bukan lagi menjadi seorang satpam dunia maya seperti sekarang ini. Mencoba menjadi sosok yang penuh misteri, sekaligus menutupi jati diri. Namun apa yang terjadi?. Saya justru merasa terbebani. Yah, kalau biasanya di sini saya bisa melampiaskan hasrat menulis secara lepas, namun saat berpura menjadi orang lain justru saya merasa terkekang dengan hasrat tersebut. Ibarat seorang petugas istana yang diharuskan mematuhi segala macam aturan protokol kenegaraan. Itulah yang saya rasakan. Di situ saya tidak bisa mblarah ngalor ngidul seperti dalam tulisan-tulisan saya. Saya pun tak bisa mbanyol tertawa lepas, karena takut tulisan saya nantinya akan membuat blog orang lain dedel duwel hehehe.

Dulur blogger, seringkali kita menjumpai sekumpulan orang yang lebih memilih berpura-pura menjadi orang lain ketimbang berperilaku seadanya sebagai dirinya. Padahal tanpa cela sedikit pun, Sang Maha Kreatif sudah menciptakan semua makhluknya dengan jatah kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Jadi kenapa kita harus menjadi orang lain?. Bukankah kita seharusnya bangga menjadi diri sendiri, karena dengan segala keterbatasan yang kita miliki, kita juga adalah pribadi yang spesial dengan segala kelebihan yang tak dimiliki orang lain.

Semoga saja kita semua bisa menulis dengan lepas, jujur dan merdeka. Jauh dari semua kepalsuan yang tak ada dalam diri kita. Sebuah tulisan yang jujur, beretika dan bermanfaat bagi yang membacanya. Bukanlah tulisan yang mengada-ada, karena sebatas mengharap pujian dan belai mesra nona Alexa. Semoga pula dunia maya tidak sebatas kita pahami hanya sebatas dunia pura-pura. Mungkin secara visual maya, tapi bukankah kita punya hati untuk merasa jika itu nyata. Jadi bagaimana orang lain akan mengenal baik terhadap kita, jika di dunia maya saja kita tak menjadi diri kita sesungguhnya?.

Kok saya malah serius nih hehe. Saya mau pamit dulu deh. Waktunya menghitung pesangon dari mbak Iyha. Lumayan lah buat modal beli kebutuhan sembako di Warung Blogger hehe. Yo wis tah, saya benar-benar nyata pamitan mengakhiri posting di dunia maya deh sekarang. Saya ngilang dulu ya, Assalamuaikum.. twing..!


Image and video hosting by TinyPic

Komentar

  1. wahahahha ... saya pilih dunia dhani saja , setiap orang kan beda beda ada rasa ini rasa itu , toh kalaupun ada umru dan jodoh pasti nanti bertemu dii dunia nyata hue hue ... mengenai platform blog saya lebih gress ke blogspot gak kaku gitu kalo yg lain ihihihi masih rada males buat utak atik.. kecuali wordpress eksternal via hosting beda lagi ceritanya .. btw pantesan ngilang gak muncul ternyata lagi garap ladang tetangga ??

    BalasHapus
  2. Haha... Selamat menjadi diri sendiri kembali, Mas...
    Hmm... kalo jadi penulis tamu di blogku, mau nggak? Aku kan bukan blogger kawakan :)
    Hehe...

    BalasHapus
  3. Alhamdulillah, akhirnya ada posting seger (tapi kok mau ngilang lagi Kang?)

    jadi kangen Dasrun, haha...

    Iya bener banget dengan pesan moral postingan ini Kang, menjadi diri sendiri itu indah,,

    BalasHapus
  4. Mau dong ditraktir kopi plus samsu dari uang pesangonnya :16

    BalasHapus
  5. saya ya pernah kang dipasrahi kunci eh login dasbor tapi ndak untuk posting, hanya benahi designnya dan pengaturan-pengaturannya.
    ternyata menjadi kenangan tersendiri ketika kita diberikan amanah untuk itu.

    postingan sampean ndik hore ndoro itu kocak

    BalasHapus
  6. Jiah bner tah itu alasan utamanya libur ngeblog,.bkan karena si silient reader,.hehe

    BalasHapus
  7. kalo saya dulu pernah di undang jadi admin blog orang. trus saya jadi males karena notification email komentarnya masuk terus ke saya. kalo cm jadi penulis tamu kan ga repot lah ya :16

    BalasHapus
  8. Pernah jg jd gadis maya yg pura2. Tp sumpah hati ku brontak. Akhirnya ya beginilah saya. Maya nyata sm aja. Hehe

    BalasHapus
  9. Waduh kalau berakting segitu membebani... kenapa banyak orang ingin jadi artis yah? hihihi....

    ya itulah, masing2 orang memang punya kelebihan dan kekurangannya masing2... aku suka sekali sama blog2 yang menceritakan tentang keseharian apa adanya... rasanya berkenalan dgn teman sungguhan walaupun jaraknya berjauhan... :-)

    BalasHapus
  10. wah kok pesangon, berarti udah ga jadi tukang kebunnya lagi ya. LUmayan tuh pesangonnya buat beli laptop baru hihihi udah ada ya

    BalasHapus
  11. wah mantap juga ya jadi penulis tamu lama banget kayak gitu... itunggu traktirannya ne di Warung Blogger... he hehe

    BalasHapus
  12. wah selamat kembali ke dunianya sendiri ya mas

    BalasHapus
  13. Horeee :D
    aku sudah mengira, klo tukang kebunnya itu pasti laki2 *lah iya, jarang ada tukang kebun perempuan ya mas..haha

    selamat2.. aku ndak di bagi nih pesangonnya?
    saya capek loh nyuci gelasny :D

    BalasHapus
  14. Brigadir Kopi@
    kapan nih kita bisa kopdar sambil nyeruput kopwak..kopi luwak hahaha

    Kakaakin@
    boleh, asal dikasih cokelat lagi saya mau kok :20

    Masbro@
    arep topo lagi Kang di Sukmo Ilang hehehe

    Mood@
    sini dong bang Mood, lo mau traktiran kopi

    BalasHapus
  15. Djangan Pakies@
    wah berarti Kang Pakies juga pernah jadi juru kunci dong hehe

    Sofyan@
    hoi.. ojo rame-rame pakdhe :19

    Meutia Halida Khairani@
    jadi penulis tamu blog saya mau enggak nih mbak Mut?

    Tarry KittyHolic@
    sama-sama nyata apa maya nih mbak Tary?

    Lyliana Thia@
    apa kabar nih Vania mbak?

    BalasHapus
  16. Lidya@
    iya mbak udah pensiun, nih nunggu rapelan gaji 13 hahaha

    Choirul@
    oke deh bentar lagi saya meluncur ke WB mas

    Choirul@
    loh.. sama namanya ya mas. :18 matur nuwun dah mampir kesini ya

    Melly@
    minta aja ma mbak Jumialely untuk upah cuci piringnya hahaha

    Bluelov@
    kacamata anda bagus tuh:13

    BalasHapus
  17. Wooo, ini to tukang kebunnya :D
    Tadinya saya jugak sudah diminta Juragan Iyha buat jadi tukang cucinya, lha tapi wong ndak ada yang dicuci ya sayanya ndak mau. Ndak enak kan kalo makan gaji buta :mrgreen:

    BalasHapus
  18. numpang komeen
    si iyha udah balik tuh

    BalasHapus
  19. Saleum
    Job yang menarik ya kang....
    saya juga ingin terus menjadi diri sendiri dalam menulis kang, hehehe
    kita kira setelah menghilang, kapan kembalinya kang?
    saleum dmilano

    BalasHapus
  20. asyik dong smpai jadi penulis tamu di blog orang, saya juga pengen dong diundang nulis

    tapi nggak asyik ya kalau menulisnya bukan menjadi diri kita sendiri...

    BalasHapus
  21. Seng penting, rapelan e Cak :D biar bisa di jadikan adik laptop yang sekarang :18

    Salam hangat serta jabat erat selalu dari Tabanan

    BalasHapus
  22. Putri lebih seneng Mas Lozz jadi seorang satpam, soalnya gajinya lebih tinggi dari tukang kebun. (lhoalaaa???)

    bener Mas, be your selp aja.
    :D
    Toh kalo jadi orang lain, ndak bakal ketemu jati diri. sampe tuek, sampe elek, juga ndak bakal ketemu.. :D
    hehehe

    BalasHapus
  23. Jadi pria misterius bagi mereka...:D

    BalasHapus
  24. Mas Lozz, maafkan ya aku ga jadi ikutan nulis, udh berkali2 buat draft, tapi ya gitu deh...susah memang jd aktris, bingung mau berperan sbg apa di blognya Ndoro Putri ituh :D

    BTW, setuju bgt, biyorselp emang top markotop ^^

    BalasHapus
  25. Chocovanila@
    kenapa enggak menawar menjadi juru masak aja mbak hehe

    Julie@
    monggo dipersilakan komen sepuasnya

    Dmilano@
    mungkin tahun depan Kang hehehe

    Honeylizious@
    menulis di rumah masing-masing aja deh mbak, biar puas

    BalasHapus
  26. Sugeng@
    rapelan doa aja Cak, tu lebih afdol

    Putrie@
    loh..loh:19 Putri ini ngeledek saya dah tua ya hahaha

    Ahong@
    jadi tukang kebun kok mas

    Orin@
    ah mbak Orin pinter berkilah nih, padahal saya juga mumet pas nulis di blog mbak Iyha hehehe

    BalasHapus
  27. People generally have this notion that loosing weight through just diet pill will be easy, but that's not so. Diet pill works well if a person consumes low-fat diet and has a habit of working out regularly. Simply popping diet pill and waiting for miracle to happen within weeks or months will only give you pain. Loosing weight is slow process that requires time and commitment, but then you really feel proud about yourself when you see yourself in the mirror and say, "Is this me."


    :15

    BalasHapus
  28. oalahhh...itu tulisan si abang rupanya, hehehe..
    sukses dah..
    jadi orang lain memang lbh susah...perlu membiasakan

    BalasHapus
  29. sebetulnya menjadi orang lain itu tidak apa-apa untuk menjaga privacy. saya hargai kok. ada beberapa blogger yang di FB hanya berteman dengan saya tidak ngeadd blogger yang lain.

    menjadi orang lain asal menyebarkan kebaikan ibarat batman, hehehe...

    BalasHapus
  30. hehehhe emang enak dek .. jadi tukang kebun.. heheh

    berarti ntar kalo anakku lahir,, kamu yg ngurus rumah ku ya .. heheh :)

    BalasHapus
  31. wp.com itu lebih rumit, lebih ketat TOS-nya dan yg paling penting ada satu hal yg bikin saya keki

    di wp ga bisa spasi lebih dari satu baris >,<

    BalasHapus
  32. :18 selamat ya udah sukses jadi tukang kebun, sekarang kembalilah ke alammu hehe..

    *btw, ada banyak alasan kenapa seseorang menyembunyikan identitasnya, bukan berarti tidak menjadi diri sendri, karena toh tulisannya itu tetap bisa mencerminkan orangnya. menjadi diri sendiri bisa berarti luas bukan hanya sekedar identitas seperti KTP :-D saya tetap menghargai mereka.

    BalasHapus
  33. Haaa saya sendiri tidak mengerti dengan karakter tulisan sendiri kang..hanya menulis saja, sesuai apa yang saya amati, alami sesuai perasaan hati heeee...tukng kebunnya dapat honor berapa nich

    BalasHapus
  34. iya bener pokoknya be my self ya...

    BalasHapus
  35. owalah, habis berkebun di kebun orang lain toh kang.,, ws cukup olih pesangone?? :D

    Untuk ngeblog, selain di WP, di BP alhamdulillah saya sudah ngrasain kang, skarang aja masih sering ngutak-ngatik, tpi bukan blog pribadi saya sih, blognya komunitas.. :D

    memang bener lah, jadi diri sendiri itu yg lebih baik...

    sukses selalu kang

    BalasHapus
  36. Phentermine@
    :17 di google translate lah kalau mau promo hehehe

    Tunsa@
    hehehe ora nyongko yo Kang?

    Ami@
    :15 Batman apa pahlawan bertopeng mbak Ami?

    Fitr4y@
    tu mah bukan tukang kebun Uni, tapi tukan asuh alias baby sitter

    R10@
    tapi kata orang-orang yang pakai WP gampang kok, mungkin perlu kebiasaan nih brade Rio

    BalasHapus
  37. 'Ne@
    :18 makasih mbak 'Ne dah mampir ya

    Ceritabudi@
    tu rahasia perusahaan Bli, yang jelas cukup kok buat biaya melancong keliling nusantara :20

    Baha Andes@
    yups... setuju.

    Mabrurisirampog@
    wah kalau kang Mabruri enggak usah ditanya deh, pasti jago kedua-duanya

    BalasHapus
  38. mari kita jaga kebun kita, hehehe

    BalasHapus
  39. Ckckckckck, baru tahu saya Mas Bro bakat jadi tukang kebun.

    BalasHapus
  40. Menjadi diri sendiri dg ciri khas tulisan sendii itu mengasikkan seperti ceritamu ini aku suka sekali...

    BalasHapus
  41. beneran nggak bisa nebak siapa tukang kebunnya, kukira ya mas nakho,....he..he.. akhirnya di posting terakhir kasih clue, ternyata si satpam dunia maya..

    lha, ini kok mau ngilang lagi uncle...?

    BalasHapus
  42. Pantes kupingku panas, lha dirasani gek sini, heheh.. :P
    matur nuwun banget ya uncle kopral, dah mau nyabutin rumput liar dikebonku, maklum dah, lama ditinggal jadi berantakan, hehehe..

    suip..essip..essip, setuju banget be your self, kita ini pribadi yang unik, gak ada kembarannya lho.. heheh...

    mbok ojok ngilang...
    nyok nge-Dasrun lageeh... hihihi.. :P

    BalasHapus
  43. mampir mampir, piye kabare cak? hohohoho

    BalasHapus
  44. hehehe masih jadi tukang kebun nh .. :)

    BalasHapus
  45. aih. keren dah bisa jadi penulis tamu,
    gimana? jd tukang kebun apa cukup menjanjikan?
    apa sya boleh direkomendasikan? #hahah.. komenq g penting buanged dah.

    "Semoga saja kita semua bisa menulis dengan lepas, jujur dan merdeka. Jauh dari semua kepalsuan yang tak ada dalam diri kita"
    sepakat dah ma pendapatnya mas loz. :18

    BalasHapus
  46. uang pesangonnya jangan dihabiskan sendiri aja Akbar,
    syukuran menjadi diri sendiri itu ternyata lebih lega :)

    BalasHapus
  47. karena kita tdk bisa 100% menjadi org lain,, mau tidak mau yaa harus bangga dg diri sendiri.. Nice post mas^^ lain kali bukan cuma jd penulis tamu,, ngisi kuliah tamu juga yaa., ohohoho

    BalasHapus
  48. menjadi diri sendiri dan memikirkan orang lain.. itu salah satu kunci hidup kita.,., thanks post mas :)

    BalasHapus
  49. waaaahh.......ternyata Uncle tho yg selama ini jadi tukang kebunya Mb.Iyha ??
    hedeh hedeh ..bunda baru tau lho krn ada pengakuan disini :)
    selau sehat ya Uncle
    salam

    BalasHapus
  50. Selamat kembali,hahaha
    lho ms, template dr bang brigadir koq gak dipake?
    bagus lho mas...
    heheheh

    BalasHapus
  51. mantab
    sukses y boz
    salam hangat

    BalasHapus
  52. Cat omae anyar rek,.uhuy ijo royo-royo

    BalasHapus
  53. Asslm Uncle...
    OOT.. Wwaaa template nya baru... Mantaaab..
    Tp tetep gak bisa reply langsung di tiap komen yah..
    Hihihi...
    Blogspot oh blogspot.. :-D

    BalasHapus
  54. nyicipi suasana baru kang,,
    nambah adem ayem lah pokoke..... brrrrrr...

    BalasHapus
  55. templatenya baruuu mas Lozzzz, hmmmmm kangen baca tulisan mas Loz yang ciamik, sukses terus ya buat Mas Loz.

    BalasHapus
  56. Menjadi diri sendiri tentulah yang terbaik!

    tetapi sesekali boleh juga nyamar hehehe
    kan demi hidup yang lebih berwarna
    yang penting jangan kelamaan nyamar
    nanti malah jadi punya kepribadian ganda :D

    BalasHapus
  57. Waaah.. jatidiri tukang kebun mbak Iyha membuka diri. Xixi..

    BalasHapus
  58. Mampir, berharap kebagian traktiran dari yg habis dapat pesangon hehe.. Sukses ya, salam!

    BalasHapus
  59. wah rumah baru nech..pangling saya...kenapa menghilang terus Uncle....emang udah ngga jadi satpam dunia maya yachh? ato waktunya lebih banyak dihabiskan di dunia lain ehehhe....

    BalasHapus
  60. temanya grees green...sungguh mendaun ow ternyata tukang kebunnya bunda osar

    BalasHapus
  61. wah..temane anyar,hehe

    BalasHapus
  62. sekedar mampir, nengokin Uncle
    rumah dgn cat barunya adem deh Uncle :)
    salam

    BalasHapus
  63. Maap...lama sekali ga sempat maen2 kesini jadi ga tahu 'cat rumah'nya baru..hehe... Selamat kembali menjadi diri sendiri ya..

    BalasHapus
  64. Saya tidak pernah bisa mengerti mengapa banyak orang yang bisa menjadi orang lain ...
    banyak orang yang bisa berpura-pura menjadi sosok yang lain ...

    Kalau saya ...
    Just the way I am saja ...
    ringan ... riang ... tanpa beban ...

    salam saya Sip ...
    Come Back Soon ...

    BalasHapus
  65. asik....... baju baru..... suegerrrrrrrrrrrr............. btw,skali2 turun pangkt nulis di blogku mau gak kang... hehehe...........

    BalasHapus
  66. Tampilane essip Kang, jempol..!

    BalasHapus
  67. bagi-bagi ilmune cak, ayo nang pacet, ngopi bareng nang puncak, adem-adem manteb...

    BalasHapus
  68. Wah Mas Akbar ganti tema ya?

    BalasHapus
  69. apek temane....piye modife kok apek koyo ngene?salam kenal mas.....:D

    BalasHapus
  70. Berarti berbakat juga berakting dalam kata-kata sebagai orang lain, meskipun tersiksa.

    BalasHapus
  71. Assalamu'alaikum...
    hehe...ternyata dapat kontrak jadi aktor nih...berperan jadi tukang kebun blog kawan. Wuih...pasti mahal nh kontraknya!!!

    yups, menjadi diri sendiri memang enjoy, meski mblara-mblara justru itu yang bikin beda. Aku suka bahasane sing campur boso jowoan malah mirip acara cangkru'an JTV, jadi lebih akrab..

    btw tambah SIIIIP wae blognya iki :))

    BalasHapus

Posting Komentar

Terima kasih telah membaca artikel dengan cara seksama dan tidak dalam tempo sesingkat-singkatnya