...........menyukai ini.

Sore tadi lewat FB iseng-iseng saya membuat sebuah status yang berbunyi "mohon sedekah LIKE untuk status ini.. seikhlasnya".  Tanpa babibu beberapa orang facebooker pun memberikan tanda LIKE dan berkomentar di status FB tersebut, layaknya memberikan sebuah voting bagi seorang kontestan KDI hehe.

Saya teringat saat dulu di dunia maya sedang maraknya gerakan aksi dukung mendukung. Berbagai macam gerakan bernuansa politis dan kemanusiaan muncul kala itu, seakan berlomba mencari sebuah simpati dan dukungan dari siapa saja. Saya sendiri pun tidak tahu apakah gerakan di dunia maya tersebut benar-benar bisa memberikan sebuah kontribusi nyata bagi yang mereka dukung. Atau malah sebaliknya gerakan tersebut hanyalah sebuah basa-basi, seperti halnya status FB yang saya buat tadi sore.

Posting kali ini sedikit akan membahas tentang sebuah gerakan dukung mendukung di dunia maya. Namun bukanlah sebuah gerakan dukungan lewat FB atau Twitter, tapi ini hanya sebatas dukungan saya kepada beberapa blogger yang baru saja memasuki ranah blogspher.

Sepertinya hampir sepuluh bulan saya bertahan menjadi seorang blogger. Banyak hal yang saya dapatkan dari dunia maya yang penuh keajaiban ini. Alhamdulillah, di awal ngeblog bisa menemukan sebuah pakem yang membuat saya masih bisa bertahan sampai sekarang. Saya pun bersyukur bersyukur dulu bertemu dengan narablog macam Bunda Lily dan Om Aldi (kangen postinge Om), yang bisa memberikan sebuah semangat dan rasa percaya diri bagi seorang yang baru saja memasuki dunia blogger seperti halnya saya kala itu.

Ketika itu hampir juga saya terjebak pada sebuah dunia blog yang tidak sehat bagi saya. Sebuah pengalaman saat pertama kali melakukan bewe, di mana di situ saya menyaksikan seorang blogger pemula dihajar habis-habisan oleh argumen dari seorang blogger lain. Alasannya klasik, hanya karena blogger pemula itu menulis sebuah komen "saya tunggu kunjungan balik". Sebuah komen yang sering diperdebatkan oleh blogger-blogger pencinta konflik. Namun alangkah bijaknya jika komen tersebut  bisa kita sikapi dengan maklum. Apalagi untuk seorang blogger pemula, yang jelas sangat membutuhkan kunjungan balik atau pun komen dari blogger lain sebagai semangat mereka saat ngeblog.

Dari pengalaman tersebut saya menarik kesimpulan, jika dukungan kita semua sangatlah diperlukan bagi seseorang yang baru memasuki ranah blogspher. Menaruh link mereka dalam posting atau blogroll kita,  mampir ke blog mereka dan memberikan sebuah komen penyemangat, itulah yang harus kita lakukan, daripada memberikan sebuah komentar pedas yang justru akan membuat mental mereka drop untuk ngeblog. Mereka butuh teman yang bisa memberikan sebuah senyuman. Bukanlah  komentar atau pedasnya sebuah sindiran, yang akan membuat mereka kapok ngeblog dan membuat ranah blogspher makin sepi layaknya kuburan.

Dulur blogger, dalam kesempatan ini ijinkan saya memperkenalkan beberapa blog sahabat yang baru saja memasuki dunia blogging. Saya berharap jika anda memiliki waktu luang, untuk sudi kiranya mampir ke rumah maya mereka. Memberikan komentar hangat yang bisa membuat mereka ngeblog dengan lebih bersemangat. Sebuah wujud dukungan sekaligus ucapan selamat datang bagi mereka. Para blogger yang oleh beberapa orang dikatakan newbie, tapi jika saja mereka mau, kelak mereka pun akan menjadi seorang blogger yang lebih hebat dari kita.

Empunya blog ini adalah Mas Mungky, salah satu keluarga Tamasya sekaligus personel Tamasya band. Sebenarnya ini bukan blog baru, tapi entah kenapa sekarang mati suri.

Sebut saja nama pemiliknya dengan GAM. Sebuah panggilan dia di pencinta alam. Adik saya di pencinta alam yang berasal dari organisasi Mahadipa Fakultas Teknik Unej.

Nah yang ini masih satu angkatan di pencinta alam dengan GAM. Namanya Bencot. Punya bakat menjadi fotografer. Semoga saja kelak kita bisa menikmati karya-karya hasil ngintip dia lewat blognya.

Pemiliknya seorang cewek namanya Kelor. Seorang pencinta alam yang jago curhat. Semoga saja lewat blog dia bisa menumpahkan semua curahan hatinya yang kadang menyebalkan bagi yang mendengarkan hahaha.

Blognya masih gres, karena baru semalam dibuat. Milik adiknya Masbro, adik saya juga. Nama pencinta alamnya Sodhung. Semangat menulis ya pak ketum.

Yang ini adik saya juga (kok adik semua sih?). Pemain bass Tamasya band. Namanya Iif. Orangnya pemalu, namun memiliki banyak pengalaman, yang rasanya sayang untuk tidak dituangkan dalam sebuah tulisan.. Nulis rah Kang hehehe.

Yang ini saya temukan saat iseng-iseng bewe mencari blogger asal Jember. Pemiliknya mbak Diah.

Empunya blog ini juga cewek. Namanya Riska. Saya sarankan membuat blog, karena dia aktif menulis di status FB tiap hari.  Pinginnya dia belajar merubah template sama saya. Tapi pas saya ajak main ke rumah untuk belajar, dia masih enggan. Apakah dia khawatir malah rayuan yang didapat bukanlah pelajaran ya? hehehe.

Sebenarnya pemilik blog ini bukanlah blogger baru. Tapi entah kenapa untuk beberapa bulan dia menghilang dan muncul lagi dengan blog baru. Milik seorang cewek dari Palembang, namanya Dhe. Bukan adik saya dan juga bukan pacar saya, tapi anak saya di dunia maya. Aneh kan? saya juga mumet,kok bisaada seorang blogger di dunia maya yang panggil saya ayah. Padahal sudah jelas kan, jika lozz akbar masih gress hehe.

Untuk dulur blogger-blogger di atas. Welkom di dunia blogspher dulur!. Semoga  kalian bisa menggenggam pilihan hidup kalian sebagai seorang blogger sampai kapan pun. Tulislah apa yang ingin kalian tulis agar menjadi sebuah kenangan manis. Bagikan semua pengalaman yang kalian rasakan, agar dunia tahu menjadi seorang blogger adalah sebuah kebanggaan. (sepurane Masbro, lirik lagune tak pinjam hahaha).

Oh ya saya juga mau mengucapkan selamat Hari Anak Nasional buat Vania, Mahes, Ina, Walu, Chelsea Maulana, Junior Ysalma, Dija, Olive, Osar, Salma, Pascal, Alvin, Keyla, Fathir, Safira, Safitri (anake sopo maneh yang belum kuabsen yo?). Semoga kelak kalian bisa menjadi seorang blogger-blogger yang lebih hebat dari Uncle Lozz atau ayah bunda kalian.

Sebenarnya sejak lama saya ingin membuat sebuah blog untuk anak-anak. Namun sayang karena keterbatasan pemikiran, akhirnya blog itu mangkrak di tengah jalan. Monggo saya persilakan dulur blogger lain, jika saja anda ingin memberikan sebuah urun rembug atau sumbangan tulisan di situ. Agar impian saya membuat sebuah blog anak bisa kesampaian.

Komentar

  1. ada istilah menarik,narablog dan blogsphere , keren...sepertinya blog sudah menjadi sub-society yang menghasilkan budaya dimulai dari kosa kata baru...keren

    BalasHapus
  2. ya Mas Essip tapi ane juga ikut nyumbang jempol mau empat tapi ga boleh, bisanya cuma 1 jempol doang.

    coba ke TKP sodara kita dulu yoooo

    BalasHapus
  3. hihihi gpp, klo udah ada yg manggil ayah, berarti aura kebapakannya memang menguar jauh sampai Palembang :D Selamat ya Ayah Lozz :D

    ini yang penting, tapi saya AMIN-kan saja dulu :)
    Om Lozz yang baik hati dan tidak sombong, our dearest CHELSEA MAULANA masih dalam proses produksi yang sedang menunggu approval dari Sang Pemilik Kehidupan, dan kalau tahun ini dia ada, maka tahun depan baru kita bersua dengannya. Terima kasih karena sudah mendoakan kehadiran CHELSEA MAULANA yah :D

    BalasHapus
  4. sipp nanti aku mertamu sekalian golek kopi gratisan

    BalasHapus
  5. Sukses selalu untuk para blogger. :D

    BalasHapus
  6. mas kalo dipanggil ayah tandanya ada 2:
    1. berarti sampean emang cocok jadi ayah...(maksud gue???)
    2. berarti si dia pengen anak2nya kelak manggil sampean ayah..(maksud gue lagi???)
    3. berarti sampean hrs punya langkah2 slanjutnya ke palembang...(mau dukungan..?)
    4. yah semoga berhasil...

    iya ketika dulu saya pertama terjebak di dunia blog hanya satu blog yg saya kunjungi tiap hari...nakjadimande...(skrng si bundo udah pensiun..hiks) krn emang inspirator bgt buat saya...lama2 kunjungan melebar...bunda lily, pakdhe, om nh, dll.
    ketika itu jika dikunjungi balik oleh mereka rasayany gmnnaaaa gt...yah ketika pertama kali mmg sebaiknya niat kita ngeblog ya u silaturahmi,,,

    insya allah saya berkunjung deh,..apalagi berkunjung ke calon besan warung blogger..mesti itu...:P

    BalasHapus
  7. Blogger apaan yah? he he he
    Kalau begitu aku g mau dech dipanggil blogger dech, he he he....toh postin jg jarang, BW jg sesempatnya :D

    BalasHapus
  8. Beg jeneng ku kok g' onok hehe,.sebagian kui adalah personil Tamasya dan arek2 PA yo,.mereka pada jago nulis kbeh didikannya Masbro..Aq wes sering mrono hehe, oya anak q kok g' disebut wkwkwk

    Beg jeneng ku kok g' onok hehe,.sebagian kui adalah personil Tamasya dan arek2 PA yo,.mereka pada jago nulis kbeh didikannya Masbro..Aq wes sering mrono hehe personil Tamasya dan arek2 PA yo,.mereka pada jago nulis kbeh didikannya Masbro..Aq wes sering mrono hehe, oya anak q kok g' disebut wkwkwk

    Beg jeneng ku kok g' onok hehe,.sebagian kui adalah personil Tamasya dan arek2 PA yo,.mereka pada jago nulis kbeh didikannya Masbro..Aq wes sering mrono hehe

    BalasHapus
  9. Muehehhehe...promosi promosi...

    Yukkk mariii,saling bersahabat,.saling tebar manfaat..

    Segera gowes-gowes meluncur aja ah kalo gitu

    BalasHapus
  10. namanya juga silaturrahim, dibutuhkan kesabaran jika bertemu dengan blogger seperti itu kang.
    Oke entar tak sambangane biar nambah dulur soko njembera bertemu dengan blogger seperti itu kang.
    Oke entar tak sambangane biar nambah dulur soko njember

    BalasHapus
  11. essipppp,,
    nambah sedulur meneeeh,,,,,,

    saya juga kemaren baru berhasil mempengaruhi dua teman saya untuk tertarik ngeblog kang,, blognya sudah jadi, tpi kayanya msh lagi nyari ilmu2nya lagi untuk siap tampil... :D
    semoga saja akan segera unjuk gigi.. hehehe

    salam kang lozz

    BalasHapus
  12. Anakku dikasih selamat juga boleh kok, hehehe... ini lagi nengok dengan penuh harap-harap cemas, maklum ajah... ada yang pemikirannya terganggu dan goncang tapi ditutup-tutupi keluarganya (moga-moga bukan aku deh)

    BalasHapus
  13. Hehe saya juga masih baru mas. Mohon semangat dan dukungannya ya mas. Biar tidak patah semangat dan berhenti di tengah jalan. Saya sih tidak pernah merengek - rengek minta kunjungan balik, tapi kalo ada yang berkenan berkunjung balik ya monggo.

    Selamat hari anak nasional.

    BalasHapus
  14. Propa Nanda@
    Sub Society? istilah dari basa londo ya sam hehehe

    Baha Andes@
    jempol satunya buat kirim Sms aja kang

    Nique@
    begh.. masih di langit tah.. yo wis saya ikut berdoa semoga lekas turun ke bumi dan bisa berkumpul dengan kita semua.. aamiin

    Riez@
    hehehe maaf tidak ada gula di sini

    Aku@
    sukses juga buat bu admin Webe hehe

    BalasHapus
  15. Panaongan@
    iki sopo yo?

    Puturieamirilies@
    jiah mbak Putri, enggak di webe enggak di blog pasti deh ngeledekin saya hehehe

    Pendarbintang@
    blogger itu yang seuka menulis sesuatu yang manis, semanis mbak Hanie itu loh

    Sofyan@
    sampean kan wis senior Kang.. gampang deh kapan-kapan tak siarno bloge nang radio Akbar FM, piye?

    Puteri Baiti Hamzah@
    allow Put apa kabar, tetap semangat kan?

    BalasHapus
  16. Djangan Pakies@
    loh koneksi punya sampean putus-putus kayak punya kang Sofyan yo Kang.. tuh komennya dobel

    Mabrurisirampog@
    ada yang cewek enggak kang temannya hahaha

    Ami@
    udah saya edit mbak, Safira dan Safitri udah nangkring tuh di jajaran musik Indonesia papan atas hehe

    Masjier@
    langsung deh ke rumah Masjier... siapin kopi hangatnya ya

    BalasHapus
  17. huwahahahaa,,, si akang ini...
    justru paling mudah & bersemangat kalau cewek kang,,
    ini yang nyantol 3 orang cewek lho kang, kalau yang cowok susah banget dipengaruhi untuk ngeblog,,,, :D

    BalasHapus
  18. terima kasih om Lozz, btw Calvin itu singkatan Pascal dan Alvin loh :)

    BalasHapus
  19. Hmm, ternyata memang banyak pro dan kontra dengan panggilan "ayah". hahahahaha..

    Tenkyu deh yah udah mempromosikan gamazoe-nya dhe, ribet memang punya blog baru, bener2 berasa jadi newbi.. :D

    BalasHapus
  20. ah iya, kita juga pernah jadi orang baru yang belum tau apa2 soal blog... gak bijak rasanya kalo kita menjudge mereka yang newbie.... benar, harusnya kita menyemangati mereka.....

    BalasHapus
  21. hehe banyak nominasi ceweknya ya..?!??! entah kapan kira-kira saya bisa masuk jajaran yang diperhitungkan seperti ini ya?!?! hhhm... karena sayapun nyubi gitu dee :( uughhh..

    BalasHapus
  22. Mabrurisirampog@
    selamat menjadi seorang tutor wis kang. awas jangan dirayu loh muride hehe

    Lidya@
    makasih untuk klarifikasinya mbak.. sudah diedit tuh

    Dhe@
    wew anakku sayang muncul deh. Gimana? udah punya pacar? pacaran sama ayah aja wis huahahaha

    Aina@
    yupz.. blog itu media belajar yang menyenangkan. Newbie dan senior haruslah bisa berdiri sama tinngi, duduk sama rendah untuk berbagi dan belajar bersama

    Merliza@
    hehehe buat mbak Merliza spesial pake telur deh. kapan-kapan saya muat di headline hehehe

    BalasHapus
  23. wah, blognya makin sukses aja nih.
    salam kenal ya.

    wah, blognya makin sukses aja nih.
    salam kenal ya.

    BalasHapus
  24. Haddehh senior opo ra jare..Beg mak disiarno nang Radio jare..hehe

    Haddehh senior opo ra jare..Beg mak disiarno nang Radio jare..hehe

    BalasHapus
  25. Kenapa tidak berpikir buat blogazine bro..bagus sepertinya blogazine buat blog anak-anak.

    BalasHapus
  26. ngeblog mengasikkan memang, dr baru sampai skarang lum bosan hehehe malah makin ketagihan,
    untuk teman2 yg baru kunjungi blogku yg sederhana dan masih awut2an pasti ada kunjungan balasan iklas drku hehhe

    trimakasih artikelnya bagus...

    BalasHapus
  27. Dirimu dipanggil ayah? Hmm... sepertinya lebih siip kalo dipanggil 'abi' deh ;)
    Semakin banyak blogger baru bermunculan ya, Mas. Semoga semangat mereka terus berkobar.
    Mungkin banyak orang yang bisa menulis, namun tidak semua orang mampu menuangkannya ke dalam blog :)

    BalasHapus
  28. Pertamaxxx mas,
    salam kenal ya,
    ku follow ya.
    Thanks be4.

    BalasHapus
  29. behh jadi agak2 malu...hehehe
    tetap berkarya samm..

    BalasHapus
  30. pakde teringa seorang kawan blogger yang sama sama baru di blogosphere yang mendapat cacian dari blogger master dengan kata kata yang keji, akhirnya beberapa hari kemudian sang kawan ini hilang dari peredaraan

    BalasHapus
  31. Essiiiipp..! I like this!
    Makasih info nya atas blogger2 di atas, Mas Lozz...
    Seneng deh,bakal nambah temen baru nih.. hehehe ^_^

    Vania said,
    Selamat Hari Anak Nasional juga utk teman2 Vania blogger2 kecil...
    Bagaimana cara Vania bisa urun rembuk di blog Dunia Anak, Uncle? :-D

    BalasHapus
  32. Wuih ponakannya Uncle Lozz seabreg.. cocok klo jadi guru PAUD nih hehe..

    BalasHapus
  33. Ayooo terus semangat buat nulis B)
    Karena dengan menulis kita bisa mendapatkan banyak inspirasi dan mengabadikan sebuah momen masa lalu dengan tulisan kita. Supaya kelak di masa yg akan datang tulisan kita akan menjadi bukti perjalanan di masa lalu B)

    BalasHapus
  34. Sukadi Menyukai ini hehehe...

    Mantab Kang, semakin banyak teman yang akhirnya ngeblog juga, semoga bisa menginspirasi bagi kita semua untuk terus berkarya dan memberikan yang terbaik, minimal bagi diri sendiri hehehe...

    Semangat Uncle, blog khusus anak-anaknya digiatkan lagi dong hehe..

    BalasHapus
  35. Selamat berhari indah Kang, 25 Juli 2011..

    BalasHapus
  36. gue kasih sedekah google+ untuk artikel ini hehe
    ok masbro segera ke tkp... moga2 nanti para 'newbie' ini bisa sejago sobat ngeblog!

    BalasHapus
  37. kalo mau numpang beken di mari pake daptar dulu ndak mas
    ehehehehe :lol:

    BalasHapus
  38. waaah , hobi curhat jareeeeeeee ,,, huaaaaaaaaa

    BalasHapus
  39. saya juga memperkenalkan blog baru, mohon jangan ditertawakan sekaligus jempol buat semangatnya yang selalu ESSIP

    BalasHapus
  40. Kata ina : makasih Uncle....selamat hari anak juga....minggu besok ina mau ikutan lomba mewarnai dalam rangka hari anak...doakan ina menang yach uncle.......

    wahhh banyak blogger2 baru yachh...mampir ah ke TKP

    Uncle , met ultah yachh...smoga cepat mendapatkan jodoh...amiin

    BalasHapus
  41. wah, lozz pemerhati anak2 juga ya...hmm,,pantas lah dipanggil ayah... :)

    BalasHapus
  42. Uncle...calon anakku blm disebuuut he he *curcol, pdhl mah blm ada tanda2 :D*.

    InsyaALLAH nanti dikunjungi mas Lozz, subhanalloh mas baik sekali jadi 'mentor' para newbie itu, seandainya sejak dulu saya kenal mas Lozz ya *halah*.

    Happy milad mas, kalo berkenan saya ingin jg meramaikan dunia bocah itu..

    BalasHapus
  43. lagi-lagi blog saya nggak ada...

    *nangis di pojokan*

    padahal blog saya baru dua bulanan usianya...


    :)

    BalasHapus
  44. mampir lagi nih mas siang hari bolong sambil bawa sekerat coca cola :p

    BalasHapus
  45. iya juga yah
    dipikir ulang kasihan juga mereka yang bilang ditunggu kunjungan balik

    BalasHapus
  46. wah, senengnya , bunda bisa nambah anak lagi, kalau memang blogger2 ini dr Tamasya Band :)
    wajib kunjung nih utk bunda :)
    terimakasih ya Uncle , dah dikasih info disini ttg mereka.
    segera meluncur ke tekape :)
    salam

    BalasHapus
  47. kok bunda susah sekali ya Uncle, utk komen di blogspot tempatnya Mungky :(
    apanya yg salah yaaaaa...........
    padahal pingiiin banget mertamu kesana ,
    tadi sudah ngetik komen, lho tp kok ttp gak mau dan gak bisa ...hix.hix...
    salam

    BalasHapus
  48. Mas Akbar, saya juga mau dong disemangati ngeblog, heheehhe.

    BalasHapus
  49. Wah...patut dikasih jempol nih usaha memperluas silaturahmi sekaligus menyemangati para newbie ini... :) oya, lagi ultah kah? selamat ya...semoga ringan langkahmu dijalanNYA dan diberi kemudahan2 olehNYA. Amiin... Oya, upaya legalitas panggilan 'ayah' nya boleh juga tuh klo diterusin, hehe...

    BalasHapus
  50. mari menjalin silahturahmi dgn nge-blog...:)

    BalasHapus

Posting Komentar

Terima kasih telah membaca artikel dengan cara seksama dan tidak dalam tempo sesingkat-singkatnya