Solitaire dan Sendiri

Bisa dibilang saya adalah seorang penggemar game PC. Meski bukanlah seorang gamer sejati, tapi saya pernah merasakan sebuah kondisi "sakau" gara-gara sebuah game online. Namun jika ditanya apakah saya suka dengan permainan bernama Solitaire?. Ehmm mungkin akan saya jawab enggak minat hehe

Entah kenapa saya kurang begitu menikmati permainan bawaan Windows ini. Bagi saya permainan ini tak ubahnya seperti permainan yang paling tidak saya sukai di dunia yaitu catur. Meski kadangkala saya iseng bermain Solitaire. Tapi tetap rasanya saya tak bisa menikmati permainannya. Membosankan rasanya mendelik di depan monitor hanya untuk membolak-balik kartu remi agar susunannya pas menurut yang kita hendaki.

Selain permainan, kata Solitaire juga saya kenal di dunia pencinta alam. Sebuah sebutan bagi seekor satwa yang disisihkan dari kelompoknya. Satwa solitaire ini pernah saya jumpai saat dulu melakukan perjalanan ke Taman Nasional Meru Betiri
Biarkan Jerawat Itu...
. Seekor banteng solitaire saat itu sempat membuat jantung saya dagdigdug karena tengah menghalang jalan yang hendak kami lalui. Dalam hati saya berpikir, kok enjoy ya banteng ini hidup sendiri?. Apakah banteng ini penggemar Caca Handika yang suka masak, makan dan tidur sendiri hehe.

Dalam kehidupan sehari-sehari, tak bisa dipungkiri saya pun sering melakukan aksi solitaire alias menyendiri. Saat di momen-momen yang saya anggap penting bagi diri saya macam malam ultah, saya pun cenderung melewatkannya dengan cara solitaire. Berkemah dihutan semalam, untuk melakukan sebuah taffakur dan evaluasi diri tentang apa yang saya lakukan setahun kemarin.

Pada momen-momen yang dianggap spesial bagi kebanyakan orang macam malam tahun baru, saya pun lebih suka menghabiskannya dengan cara solitaire. Menjauh dari keramaian dan hingar bingar suara terompet dan petasan. Itulah cara yang saya pilih saat malam tahun baru tiba. Bahkan kadangkala saya dianggap orang aneh oleh para penduduk sekitar perkemahan. Betapa tidak, karena di saat para pemuda di sekitar berbondong-bondong menuju keramaian saat malam tahun baru tiba, saya malah memilih menyendiri di hutan yang gelap gulita.

Menyendiri juga saya lakukan saat asyik belajar. Saat saya menemukan sesuatu/ilmu yang baru, mungkin saya tak ingin sekalipun diganggu orang lain sampai saya bisa melakukannya. Solitaire dalam kehidupan akan saya lakukan juga manakala  merasa ada sesuatu yang salah di kanan kiri saya. Berhenti sejenak, memutar otak, dan mencari ada disebelah mana hal yang saya anggap salah tersebut. Salah satu contoh adalah saat saya melakukan hiatus kemarin. Yah, saya merasa ada sesuatu yang salah saat saya ngeblog selama ini. Jadi saya putuskan untuk menjadi blogger yang solitaire dulu demi kebaikan saya dan orang lain.

Dulur blogger, Solitaire saya rasa  dibutuhkan dalam sebuah kehidupan kita. Solitaire dalam arti permainan  dibutuhkan bagi sebagian orang untuk sedikit melepas kepenatan dalam pekerjaan. Solitaire dalam arti menyendiri saya rasa juga diperlukan apabila itu untuk sebuah kebaikan. Sebab senikmat-nikmatnya menyendiri, tentunya akan lebih nikmat jika kita bersama. Sebuah kemenangan tentu tak akan senikmat dirasakan jika tak ada sebuah ucapan selamat dari kanan kiri kita. Sepiring nasi garam pun jauh akan terasa lebih lezat manakala ada si dia yang juga mendekat.

Jadi kesimpulan artikel saya ini adalah saya tetap tidak suka dengan permaianan solitaire, tapi saya juga perlu sebuah sikap solitaire sejenak saat dirasa perlu. Namun saya tak ingin menjadi sebuah pribadi yang solitaire. Alasannya? hmmmm mungkin karena saya bukan seekor banteng kali ya hahahaha.


Tulisan ini diikutkan pada perhelatan GIVEAWAY :  PRIBADI MANDIRI 
yang diselenggarakan oleh Imelda Coutrier dan Nicamperenique.



Komentar

  1. beneran ketemu banteng yah?? waaahh keren, pake acara foto ama banteng juga gk?? hehe :p

    kalo dhe mah disuruh main solitaire atau solitaire di hutan, ya mending main solitaire.. tapi kalo ke hutannya barenga yah, mau mau aja.. ;)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Duhhhhh..
      Dhe gak mau nih bareng sama aku?
      hihihihihi

      Hapus
    2. uhui.. jangan membuatku memimpikanmu malam ini loh Dhe

      [im]http://www.sherv.net/cm/emoticons/sleep/sleeping-in-hammock.gif[/im]

      Hapus
    3. ehm ... jadi mo bareng ke hutannya? :D

      Hapus
  2. mantab tenan mas,
    met malem
    masih melekan trus ya..

    BalasHapus
    Balasan
    1. enggak nih mas.. mau pulang nih.. besok piket pagi.. matur nuwun ya mas

      Hapus
  3. Weits..
    siapakah itu si dia?
    hahahahha..
    sendiri kadangkala dibutuhkan untuk mengurai dan menetralisir keramaian yg ada Sam..
    semangat ya...

    BalasHapus
  4. Moso iyo makan nasi & garam saja berasa nikmat? Ganti nasi & krupuk diremas saja, ya? Itu favorit waktu kecil dulu. Hehe...
    Hobi menyendirinya unik & mengasyikkan. Sayang aku wanita yang pastinya berbahaya jika naik gunung sendiri.
    Semoga artikelnya dipilih jadi pemenang oleh sohibul kontes, ya. Amin

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nimat dong ah.. ketimbang keluwen hehehe

      Hapus
    2. nasi + garam kok jadi favorit suamiku juga ya? Hmm

      Hapus
  5. Jadi ingat pas ketemu banteng tua bertanduk satu di TNMB. Kata jagawana-nya, banteng ini sengaja menyolitairkan diri gara gara kalah tarung. Biasanya, dia akan tetap sendiri sampai mati. Dan kita bukan banteng itu kan Kang? hehe..

    Tulisanmu keren :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. jadi tulisan ini keren? biar saya tau xixixi

      Hapus
    2. [im]http://i218.photobucket.com/albums/cc14/tamasya/Nanaho3.gif[/im]

      Hapus
  6. TERIMA KASIH sudah berpartisipasi ya Uncle
    semoga beruntung di salah 4 kategori xixixi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ini calon pemenangnya :-)
      Karena kita bukan banteng ituh ya Uncle, makanya ingin ada yang mendekat saat makan nasi plus garem, kalu nasi pindang begimana? heheeee...

      Hapus
    2. hahaha saya ora doyan ikan laut loh mbak Yunda

      Hapus
    3. Ye siapa bilang pindang itu dari ikan laut, justru ikan kali kok Kang ;)

      OOT:

      Yunda itu asal katanya Ayunda, di Palembang biasanya dipakai untuk menyapa Kakak perempuan serupa "Mbak/Yu/Sister/Mpok" gono lho Kang ;)
      Sebenarnya lebih umum disingkat jadi "Ayuk" hanya aku dan keluarga memilih YUNDA untuk menyapa anak sulungku, jelas yo Uncle :)
      Kalau anak keduaku, disapa Akang, rak ditanya yo, hehe...#kabuuuuuurrr

      Hapus
    4. Essiit balik lagi, itu futo yang dikolom koment Ayu tenan rek ;)

      Hapus
  7. saya juga suka soliteire mas...
    kadang menyenangkan u solitaire...bisa merenung.
    wah di hutan sendirian ga takut mas?

    BalasHapus
    Balasan
    1. gak sendirian kok mbak Pu, ada teman kok.. cuma kan gak lazim tuh tahun baruan yang harusnya di keramaian, eh malah gelap-gelapan

      Hapus
  8. memang sendiri kadang lebih baik,
    `kesendirian bersama Rabbku

    BalasHapus
  9. oohh ternyata Uncle bukan banteng ya..
    kirain..

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahaha kirain opo hayoo... haaaa teh Nchie ngeledek yo

      Hapus
  10. Hidup itu juga perlu menyendiri Bli, tapi ojok sui2, dan hidup itu bukan sebuah permainan/game,ntar semunya pasti akan dipertanggung jawabkan,

    Ayo mangan sego karo uya berdua Bli hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. ora ah kang.. aku kan takut cewek di bawah ini cemburu jiyahahaha

      [im]http://3.bp.blogspot.com/-h3Npt0Xz1oY/Tj9p5VtYCUI/AAAAAAAAAR8/iRkvpFGyz6Q/s320/Nikita%2BOne.jpg[/im]

      Hapus
    2. cie........ yang mau nikah............ prikitiew........
      ayo uncle...... kejar kang sofyan... # comment yang gak nyambung :( tapi kadang sendiri emang perlu, untuk sesekali. apalagi status sy sekarang. perlu yg namanya " me time " hehehe........

      Hapus
    3. kejar..? emang balap karung nih mbak..??

      Hapus
    4. tak sundul. siapa tuh yg diatas.

      Hapus
    5. Beggg,,iku mak fotone umi onok nang kene, hehehe

      Hapus
    6. Kang Baha tuh yang nyuruh dipajang fotone Kang wkwkwk

      Hapus
  11. aw...atuuttt klo liat banteng :D
    iyaa..ya... ada saatnye kite sendiri asal jangan keterusan senyum2 sendiri *ahalah... belibet amat nih komen :p

    BalasHapus
    Balasan
    1. lah tuh kan hobby kamu Nay, suka senyum-senyum ndiri..

      Hapus
  12. Loooozzzzzzzzz....koq ga bilang-bilang seh kalo udah dapet. Bunda udah ampe tumbuh uban nih nyariin lom ada yang cocok. Eeee...mang banteng suka sendiri ya? hahahahaha....

    BalasHapus
  13. Saleum,
    semoga sukses di GA nya mbak Nique kang.... simanis dalam poto ntu calonnya kang Sofyan ya...???

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener kang.. bentar lagi resepsinya loh..

      Hapus
    2. Resepsi pernikahan Lozz?
      [im]http://2.bp.blogspot.com/_WHs-DRXj0Jk/TBILIa0onmI/AAAAAAAAALU/x1ppKASGy-I/s1600/cartoon.jpg[/im]

      Hapus
    3. Haddah mak promosi nang kene, kari Om Aldy siap berdansa nih hehehe

      Hapus
  14. Solitaire itu gak ada seru-serunya mending main FIFA aja

    BalasHapus
    Balasan
    1. [im]http://www.gif-anime-gratuit.com/gif-anime-gratuit/sport/foot/foot_fr_002.gif[/im]

      Tendang bolanya Kang

      Hapus
  15. kalo saya mending main kartu remi asli sambil ngopi bersama temen2, lebih seru aja :D

    BalasHapus
  16. ngomong2 foto yang ada dikomentar itu siapa?pujaan hati kah?hehee mantaff

    sama aku juga ga suka solitaire mas^^

    BalasHapus
  17. sendiri dan menyendiri memang harus kita lakukan, yang tentu setiap orang memiliki tempat dan waktu yang tepat sesuai dengan yang diharapkan. Pada saat itu, seringkali terjadi proses yang indah dalam menemukan jawaban atas banyak pertanyaan. Orang mengistilahkan ini sebagai sebuah muhasabah diri, dan muhasabah yang indah dan bermakna adalah di sepertiga malam.
    Kang matur suwun ilmu muter gambare wis tak praktekno. Trus selamat atas terbitnya umbul-umbulnya dan tak mbantu klak klik

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehehe matur nuwun sodaqoh kliknya kang Pakies

      Hapus
  18. setuju Uncle... kadang kita sangat perlu untuk sendiri,... walaupun kita enjoy dgn kebersamaan...
    sukses dgn kontesnya ya Uncle :-D

    BalasHapus
    Balasan
    1. piye mbak Thia.. gak nangis lagi kan gara-gara pak J hehe

      Hapus
  19. DARI PERTAMA KENAL JG UDAH MERASA MAS LOZZ INI ANEH....JD GA HERAN, SUKANYA NYELENEH JG HIHIHI

    SALAM SAMA SI BANTENG Y MAS,LO KETEMU LG :p

    BalasHapus
    Balasan
    1. waduh.. aneh? wkwkwk..

      nanti deh saya salamin ke bantengnya..

      Hapus
  20. kalau mencari wangsit di hutan mungkin ketemu, tapi kalau pas cari pangsit di gelapan hutan baru namanya orang yang snagat aneh
    wkwkwkwk

    BalasHapus
    Balasan
    1. lah coba aja Kang, sapa tahu di hutan ada penjual pangsit

      Hapus
    2. Bengkel sedang tutup error 404

      Hapus
  21. Asal jangan seperti BANTENG Ketaton sob.. :) Met Sukses Lombanya ya.. Salam Blogger

    BalasHapus
  22. Selamat ngontes Mas, aku juga ikut lho :)

    BalasHapus
  23. Suka sih main game pc, tapi bukan solitaire, sudah 15 tahun yang lalu aku mengarsipkan game ini. Sekarang sih lagi maen "Alone in the dark" (ngulang)
    [im]http://4.bp.blogspot.com/-fLxXMz1Dv3s/TvBJls2d6-I/AAAAAAAAAcI/SpF86v2xNEQ/s1600/aloneinthedark.png[/im]

    BalasHapus
    Balasan
    1. hoi.. ojo gede-gede gambare Om..

      Hapus
    2. Hahaha,,,Om Aldy ngefload iku Bli :D

      Hapus
    3. Gambar imagenya mungkin harus dibatasi Lozz...pake max-width:...mungkin bisa?

      Hapus
  24. hahahah sama kang...saya ngak suka permainan ini, termasuk catur, walau kadang2 sok2 pinter ngajarin teman main catur...termasuk sekarang ngak suka sendiri, kecuali pada saat tertentu ;)

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehe. Untung aja pas di Jember, Bli Budi gak ngajak main catur

      Hapus
  25. wah uncle samaan nech...aku juga dulu waktu belum merid...setiap tahun baru menyendiri di dalam kamar...sambil mikir kapan jodohku akan datang...soale setiap ganti tahun begitu2 aja kalo masih sendiri hihihi....tp alhamdulillah...setelah ketemu jodoh...setiap thaun baru rumah jadi rame....

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya mau menyendiri juga ah.. mikirin jodoh hehe

      Hapus
  26. Yakinnn,, kalo ada ini betah sendiri?? :P
    [im]"http://www.bollywoodz.net/wp-content/uploads/2010/02/kajol.jpg"[/im]

    BalasHapus
  27. Yakinnn,, kalo ada ini betah sendiri?? :P
    [im]http://www.bollywoodz.net/wp-content/uploads/2010/02/kajol.jpg[/im]

    BalasHapus
  28. Hehe.. baca komen2nya seru. Ada gambar2nya :D
    Sikap solitaire terkadang diperlukan ya, Mas. Asal nggak selalu solitaire aja :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. betul.. contohe ke toilet.. kan harus solitaire donk :)

      Hapus
  29. wahh subhanallah pas ulang taun malah solitere menyendiri di hutan. saya sih gak berani mas, hehehe..kalau di halaman rumah mah boleh lah :D

    saya suka nya game Age Of Empire, Winning/Pro Evolution, ama warcraft :P

    BalasHapus
    Balasan
    1. tuh bisa kok mas, bikin tenda lalu kemah di halaman rumah haha

      Hapus
  30. ho oh sama kalau lagi belajar memang asik sendiri :D

    BalasHapus
  31. solitaire . .
    sama mas krang suka sama game bawakan windows . .
    hehe . .
    lebih suka game yang 3d , ,
    :))

    BalasHapus
    Balasan
    1. wkwkwkwk berarti kita kompak donk.. tos dulu deh

      Hapus
  32. sepakat. . . . aku juga klo lagi belajar harus sunyi dan tenang. . . . ada gaduh dikit ja bikin emosi dan ndak masuk belajarnya. . .

    BalasHapus
    Balasan
    1. Butuh konsentrasi ya mas.. saat kita belajar

      Hapus
  33. walaupun telat berkunjung, saya sudah kasih jempol loh :) sudah sembuh uncle jempolnya?
    btw thanks lagu barunya ya. uncle kalau saya mau sedot lagunya bisa gak?supaya bisa saya simpan di hp Alvin uska dengar lagu kalau dijalan

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah tuh kan banyak di situs-situs download mbak Lidya.. Unduh aja disitu

      Hapus
  34. gak mudeng juga ama solitare atau apaan mas , maklum gaptek ni

    BalasHapus
  35. nice bro tapi kira kira pa gunnaya ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. semoga sukses aja bisnis OLnya mas.. dibaca artikelnya dulu ya, baru promosi

      Hapus
  36. gamenya suka dimainkan, kalo lg bengong dan ga ada game lain,
    solitaire dalam kehidupan nyata, pasti ada saat2 tertentu jg yg diperlukan,
    sukses GAnya uncle.

    BalasHapus
  37. oooh....jadi uncle bukan banteng toh *manggut2* hihihi.
    tapi aku jg gitu uncle, kadang pgn ber-solitaire ria, terutama saat sedang 'bising' dalam hidup *tsaaaah* :p

    BalasHapus
  38. Nek kenduri nikahan mau sendirian juga Mbah? :D
    Wahahahahaha... mlayuuuuuu

    BalasHapus
  39. Saya nggak pernah main game online blas, Lozz...jadi caranya gimana saya juga nggak tau...
    Terus kalo main game di PC, seumur hidup kayaknya baru sekali yang bener-bener bikin saya ketagihan. Itu tuh Zuma. Dulu, sekitar tahun 2005/6 waktu saya masih kerja jadi PNS, setiap pulang kantor saya selalu mojok di komputer rumah buat namatin level-level di Zuma...wuih, sampe jam 11 malem juga saya masih pake seragam karena penasaran kalo belum bisa naik ke level berikutnya...

    Setelah itu, saya nggak pernah main game Lozz, solitaire pun gimana caranya saya nggak tau...hehe, parah pol kan?

    Selamat ikutan lomba ya, menang...menag...menang...

    BalasHapus

Posting Komentar

Terima kasih telah membaca artikel dengan cara seksama dan tidak dalam tempo sesingkat-singkatnya