Sampean Baca Enggak Tulisan Saya?

Sore kemarin saya tertarik dengan obrolan beberapa dulur blogger di Warung seputar captcha. Apa sih sebenarnya captcha itu? Itu..tuh sejenis makanan, eh kode-kode yang biasanya sengaja atau tanpa sengaja dipasang oleh beberapa blogger untuk menghindari serbuan spam di kotak komen blognya. Kode yang oleh beberapa orang dianggap sebagi sesuatu yang ribet bin mumet. Bahkan ada pula yang menjadikannya sebagai alasan untuk tak berkunjung balik atau berkomentar manakala dia mengunjungi sebuah blog dengan aksesoris captcha atau moderasi di kotak komentarnya.

Menurut saya ada beberapa hal atau alasan yang membuat seorang blogger memasang fitur pengaman bernama captcha atau memoderasi komentar dalam blognya. Alasan pertama  sebagai tameng terakhir untuk menghindari serbuan spam. Mungkin pula artikel dalam blog tersebut bernuansa pro kontra yang mengharuskan seorang blogger memilah mana komen yang pantas untuk dimunculkan atau tidak. Atau bisa jadi blogger tersebut masih belum tahu tentang pengaturan fitur captcha dalam blognya. Saya pun haqul yakin jika tidak ada unsur kesengajaan sedikitpun dari mereka untuk mempersulit para pengunjung blognya.

Dulu saat diawal-awal saya mengenal sebuah aktifitas blogwalking, terus terang saya sedikit ngedumel manakala menjumpai kotak komen yang berhiaskan sebuah captcha. BW pada saat itu  hanya saya maknai  sebatas meninggalkan sebuah jejak bagi blog saya, yang semua itu harus saya bayar lewat sedikit komentar hahahihi pada blog orang lain. Jujur  pada saat itu hanya tebar link saja yang ada dalam pikiran saya. Membaca artikel orang dengan setengah hati, merangkum isi di dalamnya dengan hanya membaca paragraf awal atau penghujung yang kemudian saya komentari sesukanya. Intinya saat blogwalking saya harus menanam sebanyak-banyaknya ranjau kunjungan balik, tanpa terlalu mempedulikan konten yang sedang saya baca. (apa ada yang pernah melakukan ini? hehehe).

Lambat laun saya pun berpikir jika hal itu terus saya lakukan, lalu apa yang saya peroleh dari aktifitas blogwalking tersebut?. Bagi saya blogsphere adalah sebuah universitas dunia maya yang di dalamnya berisi berbagai macam ilmu, pengetahuan, info atau mungkin hiburan. Dan semua itu harus kita cari lalu ambil lewat sebuah aktifitas bernama blogwalking. Lantas bagaimana bisa saya mendapatkan sebuah ilmu jika blogwalking saya terburu-buru bak dikejar hantu?. Bagaimana saya bisa belajar jika saya hanya membaca tulisan-tulisan itu dengan ala kadar?. Kenapa cuma gara-gara sebuah captcha saya harus malas jika tujuan saya ikhlas?.

Bukan berarti saya menganggap komen yang ada di artikel adalah perkara tak penting atau sekedar basa basi. Komentar bagi saya penting, tapi lebih penting lagi bagaimana cara kita saat memperlakukan setiap tulisan yang sedang kita baca. Blogging adalah sebuah aktifitas tulis menulis, dan apresiasi paling tinggi yang bisa kita berikan bagi pelakunya tentu saja dengan membaca tulisannya sepenuh hati. Sedangkan komentar ibarat  sebuah tip atau bonus berupa tepukan hangat/jempol yang kita berikan atas jerih payah mereka dalam menulis. ( ngeklik iklan di blog saya juga termasuk tip loh hihihi.)

Lantas bagaimana pendapat saya soal kotak komen ber-captcha? Hmmm.. piye ya saya mau ngomong. Logikanya gini menulis komentar hanya butuh sedikit prosentase waktu kita ketika berkunjung ke blog lain. Selebihnya tentu saja lebih banyak kita pakai untuk membaca artikel, mencerna, lalu memikirkan komen yang akan kita buat. Nah kalau cuma masalah captcha yang butuh waktu sedikit saja kita merasa terbebani, lalu bagaimana dengan artikel yang tentu saja butuh waktu lebih lama untuk membacanya?. Apa jadinya saat anda mengunjungi blog-blog dengan aliran mblarahisme macam blog saya?. Jangan sampai dong ah kita melakukan perbuatan seperti halnya masa jahiliyah saya di dunia maya  silam.

Santai dan nikmati saja setiap kata demi kata yang dirangkai dalam tulisan orang lain. Anggap semua itu sebagai hidangan yang mereka sajikan atas kunjungan kita. Jika ada menu captcha atau moderasi di dalamnya cobalah maklumi jika semua itu bukan bermaksud untuk mempersulit kita. Ibaratkan saja sebagai ritual sebelum menyantap hidangan, macam cuci tangan, berdoa dan lain sebagainya.

Dulur blogger, semoga saja kita tidak terjebak untuk selalu menghebohkan masalah captcha. Sebuah masalah non teknis dan sepele yang bisa memicu budaya rasan-rasan diantara kita dan  juga terkesan menyalahkan bahkan  memarjinalkan para blogger pemakai captcha. Lebih bijaksana tentunya jika kita mencoba bertanya pada diri masing-masing tentang kadar keikhlasan kita saat membaca tulisan orang ketika blogwalking.

Nah andai saja blog saya saat ini menggunakan captcha, kira-kira anda masih mau membaca tuntas dan berkomentar enggak di dalamnya?. Hmmm saya rasa hanya kejujuran anda yang bisa menjawabnya. Bagi saya anda berhak menentukan sikap terhadap semua tulisan saya. Mau berkomentar, Alhamdulillah.. Monggo njenengan kerso. Kalau gak mau, Masya ALLAH kok sampean tego yo hahahaha.

Komentar

  1. hahahaa..kalimat akhirnye bikin aye kagak tege :p

    Dari dulu mah, Nay bw kudu baca tulisan ampe tuntas tas..tas.. kagak peduli ada captcathnye ape kagak, nyang penting jangan sampe komen jadi OOT alias kagak nyambung ame ape nyang doi tulis :D

    Tapi, kemaren sempet keki gara2 gak bisa komen karna capcath, batal deh ikutan GA-nye,, hiksss #nasib *kurang amal kali ye sayah* #Au dah..

    huaaaaa... ini ngapa komennye banyak pisan yaaakkk...:p udeh akh, ngeri nyang sohibul blog capek bales komenan aye nyang geje..hahahaha ;p

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahaha selamat deh udah komen banyak.. tuh tadi sudah saya kasih hadiah pertamaxx capcay

      Hapus
    2. Termasuk aliran komentar mblarahisme gk ni bro? Hihi... Piss Nay! (sok kenal)

      Hapus
    3. hahaha gak dong.. masih dalam alur cerita dan skenario sutradara kok komene Naya

      Hapus
  2. saya termasuk org yg menganggap captcha itu bikin ribet, makanya saya tak memasangnya termasuk takmemasang moderasi di blog.. resikonya saya tanggung sendiri, seperti kemaren dihina habis2an, tapi asyiknya dgn bantuan pengelompokkan SPAM di blogspot, saya sortir komentar setelah itu, TENDANG! hehehe *lagi2 artikel yg keren dr seorang petualang maya :P

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya juga tak meributkan soal capcay Kang. Cuma lucu aja liat orang-orang ngomongin trus soal capcay. Kasihan kan blogger pemakai capcay bersin-bersin terus dirasanin hahaha

      Hapus
  3. Tapi yo ancene angel, om... Hurufnya ada yang emang bikin pgn banting CPU, hahaha...

    BalasHapus
    Balasan
    1. itulah seni blogwalking Bli.. kadang mesti tersendat di tengah jalan

      Hapus
  4. KAPOK. . .

    ora maning-maning ah, gendu-gendu rasa seperti kemarin. . .
    ngapurooo, kanda dan teman-teman yang bercapcay. . . ^_*

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehehe rasanya opini kamu kemarin lebih baik dituangkan lewat tulisan loh

      Hapus
    2. udah diwakili kanda kan? :lol:

      Hapus
  5. bagi saya sendiri capcay itu sebenernya bukan masalah. toh bisa di refresh biar dapet capcay yang lebih mudah di baca. jadi ga masalah :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. betul mas. ambil mudahnya saja. Kalau masih sulit ya tinggal saja. Kata Gusdur kan "gitu aja kok repot"

      Hapus
  6. Di blog saya juga pakai captcha..karena walaupun blog saya ga penting atau hanya personal yang isinya cuma celotehan saya saja tapi saya ga mau menjadi sasaran empuk bagi orang yang coba2 botspam..captcha sendiri sebenarnya bagi saya buat meyakinkan saja bahwa yang berkomentar itu bukanlah suatu botspam... :D. yang hasilnya bisa flooding otomatis dengan sebuah barisan code program, bukan malas karena hapus2 komen yang ga penting/iklan nanti..tapi akan otomatis jalanan blog jadi macet dan blog akan makin lambat diakses karena flooding..walaupun saya juga ada beberapa buat antispam lainnya..kalau ada yang ga mau berkomentar yah silahkan bagi saya..karena saya sendiri ga pernah memaksa untuk berkunjung, berkomentar.. :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya insya ALLAH akan berkomentar mas Danni. baca juga deh ampek tuntas, asal syarate satu artikelnya jangan bahasa Rusia ya hahaha.

      Matur nuwun mas

      Hapus
  7. Maaf mas Lozzakbar, jujur aja saya termasuk orang yang tidak suka dengan yang namanya captcha, tapi saya tidak memaksakan blog orang lain utk menghilangkannya, karena itu hak masing2 blogger, mungkin ada yg butuh privasi, ada yang sedang2 ada yang open, sebagai bentuk ketidak sukaan saya bukan berarti saya lampiaskan dengaan malas BW ke blog yg ber-captcha, bukan begitu, melainkan menghilangkan captcha dari settingan di blog, rasanya tdk mungkin jika saya menghidangkan sesuatu ke tamu blogger dgn sesuatu yg tdk saya sukai, sebenarnya yg dipermasalahkan bukan masalah ada atau tidak ada captcha mas, hanya kadang tulisan di captcha itu sendiri terlalu sulit dibaca.

    bagiku ada atau tanpa ada chapcha jika pengen BW..ya BW aja, pengen komentar ya komentar aja...

    maaf ya mas jika tdk berkenan komentar saya

    BalasHapus
    Balasan
    1. nah itu berarti sampean sudah menggunakan sebuah freepas bernama "MAKLUM" mas bagi mereka-mereka yang memakai Captcha. Saya membacanya sudah bukan karena kerumitan kode captcha mas, tapi sudah lebih dari itu. Saya rasa banyak yang gelo loh mas jika blognya dibandrol MALAS oleh orang lain gara-gara captcha.

      saya bukan pemakai captcha loh.. ini hanya sebatas simpati saya kepada dulur-dulur blogger lain pemakai captcha

      Hapus
  8. tenang kang, saya baca kok tulisane sampeyan,, ehheheh

    setuju sekali kang, capcay diibaratkan sebagai rutinitas sebelum makan semisal cuci tangan, berdo'a dsb. Bagi saya sendiri tak masalah, tpi kalau sampai 3 kali ternyata aslah,, ya wis, ngapunten permisi mawon, besok2 dicoba lagi.. hehehe

    makan capcay aja kang... :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. nah batasannya berarti tiga kali ketik yo kang. Kalau saya berapa ya.? Ampe mbledos CPUnya deh hahaha

      Hapus
  9. wkwkwk, mending mas klo capca'a mudah gpp..
    tp capcanya susah dibaca loh..

    apa lagi ada blog yang udah masang capca dimoderasi juga, hadeh..

    jujur aja sih saya kadang baca tulisan orang cuma setengah2 apa lagi kalau cara nulis'a rada ngebosenin, jadi yg saya komenin yg saya baca aja dari pada salah komen, wkwkekekeke :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. sak elek-eleke tulisan kan karya orang diajeng :p

      Hapus
  10. Aku termasuk orang yang masih sabar menghadapi captcha..
    Ga masalah, kadang sampe berulang-ulang kali di coba..

    Trus kalo blog sampean pake capctha aku sih pasti dateng donk,
    apalagi sekalian di suguhin Capcay ,hmm bakalan betaaaah di sini..

    Jadii..udah cape2 baca, ada captca, mosyo ra komen..
    Ga Rame ahh..
    Komen tuh Wajib..
    Biar BEken bo..

    BalasHapus
    Balasan
    1. komentar Teh Nchie beda sedetik, isinya sama-sama mengandung capcay eh opo capjay ... emboh tak jawab dewe

      Hapus
    2. Percaya deh sama teh Nchie.. Pokoe ada atau tidak ada capcay yang penting wareg ya teh hahaha

      Hapus
  11. Ada chacha ato enggak kalo saya sih nggak masalah. Saya tetap berkomentar jika saya bisa berkomentar dan tidak hanya ninggalkan jejak saja. Karena berkomentar itu ibarat ikut menambah dan melatih otak biar nggak adem melempem. Tapi kalo chapcanya sulit dibaca bahkan sampai beberapa kali salah ditambah jaringan lemot, maka lebih baik nyari Cap Jay yang agak pedes, udah di perut enak dipikiran

    BalasHapus
    Balasan
    1. bener kang.. intine moco dengan sepenuh hati yo kang biar dapat pengetahuan..

      captcha urusan mburi. bisa dijinakkan yo komen.. ora, yo wis ben, sing penting sudah ikhlas berkunjung dan baca

      Hapus
  12. aku juga pakai moderasi untuk komen pertama kok, tenang aja he..he..
    takut ada tamu yang punya blog geje..ntar anak2 bisa nyasar ke sana...
    kalau capcay sih..., asalkan aku merasa perlu banget komen dan meninggalkan pendapatku di sana, pasti akan berusaha keras baca capcay...
    sampai bisa aja komenku keliatan

    BalasHapus
    Balasan
    1. kapan-kapan saya komentar pertama deh Tante, pingin ngerasain ketangkep satpam komen hehe

      matur nuwun Tante Monda

      Hapus
  13. hohoho.. Baca terburu2, kadang terjadi kalo lg gak pengen BW tapi bingung mo ngapain. Akhirnya BWnya gak ikhlas. Tp bener kok, itu cuma sesekali aja. :D

    Kalo masalah capcha (ato chaptcha ato capcai ato apalahh), memang agak mengganggu. apalagi kalo onlen BW dr hp macam sy sekarang ini. Kalo uda nemu captcha dan dua kali gagal masukin, babayy dahh. Gak jadi komen. Haha..

    BalasHapus
    Balasan
    1. kenapa toleransinya gak dikasih sekali lagi mbak Armae. tiga kali mencoba dapat bonus kecap loh

      [im]http://www.fooddepotcorp.com/productimages/A/200/3171.jpg[/im]

      Hapus
    2. bonusnya kurang menggoda Uncle,. saya bukan penggila kecap!!! :p

      Hapus
  14. Aku mah baca uncle, tapi memang ga selalu komen *ups* hihihihi.

    BalasHapus
    Balasan
    1. itu mah bagus teh, ketimbang cuma komen tapi gak baca

      Hapus
  15. memang tuh semua blog kayaknya pake chaptha.

    BalasHapus
  16. Meski saya juga kurang nyaman dgn si CAPTCHA, tp saya menghargai settingan comment masing-masing blogger. PAda awal2nya saya juga pake captcha kok, tp kemudian saya lepas. DAn beberapa waktu lalu saya pakai moderasi karena 'serbuan' SPAM. Setelah SPAm mereda, moderasi saya lepas lagi. DAn tentunya setiap blogger pny alasan yg substantif ketika memasang captcha maupun moderasi atau bahkan meniadakan kotak comment [seperi yg saya lakukan pd beberapa postingan]. DAn semua itu BUKAN sengaja utk membuat 'friksi' ketidaknyamanan dalam dunia blogspere.

    DAn biasanya, saya memang give up jk mengalami beberapa kali eror terkait publish comment dan mampir lagi another time [tidak kapok].

    #maaf, commentnya panjang neh kayaknya:)

    BalasHapus
    Balasan
    1. sip.. anggap aja empu rumah sedang berpergian keluar kota ya mbak

      Hapus
  17. Capjay iku padahal enak lo Cak, tpi kenapa kok banyak orang ndak suka ya, mungkin karena seleranya brbeda2 palingo,

    Aku lo tiap BW selalu baca dgn tuntas Cak, apalgi kalau ad sponsornya langsung tak klik itung2 shodaqoh hehe,

    Perbedaan itu indah, layaknya pelangi yg brwarna warni,

    BalasHapus
    Balasan
    1. tapi tak semua perbedaan itu ditindaklanjuti dengan nggremeng loh kang. Bukankah MAKLUM dan MENGERTI itu juga indah

      Hapus
  18. Owalah... jenenge chaptcauw toh? kakak adik ama ghalauw mungkin, Kang?

    Duuuh... sering bolak balik dimari koq ya nggak ngelirik iklan blas. Sepurone, nggih Kang? :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. aku tak menerima maafmu anakku, tapi klik iklanmu hahaha

      Hapus
  19. tetap dibaca dong, pertamakan baca tulisannya dulu baru kekotak kometar terakhir baru deh masalah capcay

    BalasHapus
    Balasan
    1. trus gak klik iklannya hahaha #meksooooo

      Hapus
  20. ini hanya masalah keikhlasan dan niat mas.. :) bagaimana kita menghargai tulisan yang kita baca, tidak meninggalkan komen pun, bukan masalah bagi pemilik blog, asal si pembaca sudah dapat mengambil manfaat dari apa yang ditulis. Daripada sudah tidak berkomen, tapi sibuk berkoar, padahal membaca pun tidak.. masyaAllah... niat memperpanjang silaturahmi pun luntur.. :)

    mudahan, soal chapcha ini gak lagi bikin ganjelan, suka komen, gak suka ya cari halaman lain, dan lebih baik diam.. :) :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya masih dan selalu senang hati loh ndoro mengisi captcha di blogmu. tapi gak usah baca terusan ya hahaha

      Hapus
  21. Saya baru ngerti kalau Capcay ini ternyata bisa menjadi 'masalah' ya baru waktu ada obrolan di warung kemaren... *kamseupay yaaak...*
    Tapi info dan obrolannya buat saya amat bermanfaat banget. Dan advice dari mas Lozz Akbar udah dipraktekkan...

    BalasHapus
    Balasan
    1. sebenarnya bukan masalah kok mbak, tapi agak dipermasalahkan

      matur nuwun sami mbak

      Hapus
  22. Bagi saya, chapcha bukanlah penghalang untuk berkomen :)
    dan membaca isi tulisan sepenuhnya wajib hukumnya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. sewajib bikin kopi buat mase tentunya ya nduk

      Hapus
  23. Saya kemarin ikut ngintip obrolan di warung. Seru juga. Eh, sekarang udah jadi artikelnya masbro.
    Saya baca artikel sampeyan sampai rampung bro. Komen-komennya juga saya baca. Lha udah niat mbaca kok gk sekalian. Setuju sama masbro & teman2 di atas, chaptcha gk jadi masalah buat komen, bisa direfresh ini kalo gk jelas. Saya lebih sebel sama komen yang asal komen daripada membaca chaptcha, komen yg nggak nyambung, atau komen yg berupa pertanyaan pdhl jawabannya ada di tulisan.

    Saya seperti BuMon, memoderasi komentar dari komentaror yg pertama kali menulis komen di blog saya. Kalau mau merasakan sensasinya kena moderasi bisa dengan ganti namamu bro, nanti akan dikenali sebagau komentator baru oleh wp.

    Karna diajari oleh sohibul blog sebuah term baru yaitu mblarahisme, komen ini sekaligus sebagai uji coba mengamalkan aliran tersebut. Hehehe... :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahaha hidup mblarahisme.. arigato mbak TT

      Hapus
  24. asal capatcha-nya gak susah dibaca sih masih enaklah buat komentar~ :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. kan ada tombol refresh mas. itu bisa kok kita manfaatkan

      Hapus
  25. haha...ada rasan rasan juga di dumay... Aku pesan rasa stroberi aja deh :D
    aku baca tulisanmu loh ...

    BalasHapus
    Balasan
    1. aku juga baca komentarmu dengan sepenuh hati loh :D

      Hapus
  26. ada tiadanya capcay, saya makan siomay..halah..
    yaa..seperti yang sudah dibilang..itulah seninya BW. bawah wudel..halah meneh

    BalasHapus
  27. captcha buat saya sih nggak terlalu jadi masalah tuh uncle sepanjang online nya pake laptop mata saya masih bisa jelas membacanya, tapi kalo online lewat smartphone itu yang kadang jadi agak ribet, karena tulisannya kecil, jadi sering salah menuliskannya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. berarti sampean BW aja ke blog yang ga ada captchanya pas pakai Smartphone mbak

      kalau blog saya pakai apa aja bisa kok diakses, asal jangan pakai kalkulator loh hahaha

      Hapus
  28. ada chapchay atau tidak yang penting berkunjung, berkunjung tidak harus berkomentar kok. yang penting udah dapat pengetahuan dari sharing para sahabat melalui tulisan meraka

    salam jabat erat selalu dari pamekasan madura

    BalasHapus
    Balasan
    1. met milad Kakang Citro

      [im]http://www.gbd.com/skin/common_files/images/FreeBees/bday9.gif[/im]

      Hapus
  29. nek aku gak peduli ada capcay ato gak, sing penting iso komen... tp klo dah bolak balik nulis capcay tp salah2 trs, terpaksa aku tinggl... hehhee....
    tp moderasi ato capcay itu emng pntnng bgt.... blogku yg garing aj n jrg apdet, spamnya bs sak ndayak kang..... hohoho.....
    lha nek baca tuntas, pasti... apalagi klo menarik. tp nek terlalu pnjg n abot, biasane cm awal,tngh n akhir #jujur ;)

    BalasHapus
    Balasan
    1. kejujuran itu indah anakku..camkan itu hohohoho

      Hapus
  30. aku selalu baca tulisan uncle, tapi belum pernah komen
    nah ini dia untuk pertamakali..!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah matur nuwun mbak/mas ya? #penasaran..

      Hapus
    2. mbak/mas ya..? ternyata eMak2.. wkwkk
      salam kenal kembali uncle.

      Hapus
  31. Maas.. sebenarnya saya tidak berniat jahat loh untuk menyengsarakan pengunjung blogku, tapi apa mau dikata blog saya kan numpang jadi saya gak ada hak untuk menghapus captha hihi..

    BalasHapus
  32. Mas Loss saya juga gimana gitu kalau ada komentar yang asplak alias asal njeplak, kliatan sekali kalau dia hanya baca judul aja.. boleh-boleh saja sih koment asplak tapi minimal nyambung dikitlah sama isinya.. :D

    BalasHapus
  33. saya sih klo membaca tulisan urut dari awal sampai selesai sebelum meninggalkan komen atau tidak komen klo memang tak bisa komen dengan baik. ttg capcay itu...ya maaf bila ada yg merasa direpoti..lha wong saya juga gak tahu gimana cara menghapusnya..hehe...

    BalasHapus
  34. masih mau mampir dooooonk
    apa sih yg nggak untuk uncle Lozz *walaupun mampirnya agak telat*....hihihi

    captcha bagiku gak masalaaah cetek lah tinggal salin bahasa yg ribet.....hihihi

    dan justru itu aq jadi amat sangat menghargai sahabat yg udh mampir ke blogku sambil meninggalkan komen-komen positifnya,walaupun hrs diribetkan dgn captcha nya itu
    jgn kapok mampir ke blogku ya unclee.... sm kyk mbak yuni tuh abis numpang siiiih....hihihi

    BalasHapus
  35. Itu captcha-nya kok bahasa arab wkwkwk...

    BalasHapus
  36. Saya tidak ada masalah dengan chapcha, apalagi Chapcha Handika penyanyi dangdut :)

    BalasHapus
  37. Tetap baca uncle, tapi kalu ada huruf arabic gitu ya nggak bisa koment :(

    BalasHapus
  38. "capcay" akhir2 memang agak sdkt merepotkan sy.. Gak tau mata sy yg bermasalah atau si capcaynya yg akhir2 ini sy perhatiin lebih kecil2 & merapat (kirain di angkot aja yg disuruh merapat... Hahha..). Tp sy tetep kasih komen kok, walopun ada bbrp kali kejadian sy harus lebih dr sekali negtik capcaynya krn salah.. Tp tetep semangat buat komen... Tsaaaahhhh.... :D

    Cuma kalo capcay huruf arabic gitu kayaknya sy nyeraaaaahhhhh..... :D

    BalasHapus
  39. ada capcay nya tetep komeng kecuali sulit, palagi tulisan arab gitu, ngetiknya gimana coba....
    terus artikelnya mbok ya jangan panjang panjang....
    pendek pendek saja asal update tiap hari sudah bagus... :D

    BalasHapus
  40. lek saya sih ndak masalah kang, jika harus ngisi chaptcha dulu meskipun kadang kata yang terketik tidak sesuai karena model hurufnya barangkali jadi harus ngulang lagi ngetiknya

    BalasHapus
  41. sedikit trit untuk memasukkan capcay
    1. Tidak perlu Mengetik Semua (2 kata) pada reCaptcha, cukup dengan satu kata yg lebih banyak huruf yg terdapat pd 2 kata tsb.
    2. kalo ada tanda baca seperti ( ':. dll) gak usah diketik gan. ribetin diri sendiri aje.
    3. Untuk kata yg bukan tulisan Latin (seperti huruf2 Bahasa Rusia, China dll) itu pun gak usah di ketik . bisa muter2 tuh kalo nyari simbol di word or by mbah gugel

    aku ora tego makane aku komen hahahaha...

    visit back ya nyaah :D
    #kaboer

    BalasHapus
  42. sebenarnya Captcha nggak masalah mas, cuma -bagiku yg bikin jengkel kalau ada huruf di Captcha yg nggak bisa kebaca mas, ketumpuk tumpuk gitu, jadi harus ngulang dan ngulang lagi, dan yg bikin jengkel kalau sudah ngetik komentar panjang terus salah nulis hurufnya, komentarnya juga ikut hilang

    kalau bisa mudah berkomentar knp hrs dipersulit ya ? ini murni pendpt ku pribadi lho mas, kalau nggak berkenan mohon dimaafkan

    BalasHapus
  43. blogsphere adalah sebuah universitas dunia maya yang di dalamnya berisi berbagai macam ilmu, pengetahuan, info atau mungkin hiburan. Dan semua itu harus kita cari lalu ambil lewat sebuah aktifitas bernama blogwalking <-- sepakat gan!

    awalnya, blog saya sama sekali tidak menggunakan capthca sih mas, tapi gara2 badai komen dari para penjual obat itu, terpaksa deh diproteksi dengan penggunaan captcha, walau dengan berat hati....

    semoga masih para sahabat masih setia mengunjungi rumah maya saya. Dan pastinya, saya ga masalah deh dengan blog yang menggunakan capthca untuk berkomentar. :)

    BalasHapus
  44. terkadang cap kaya gitu emang bikin sebal karena ada yh tulisannya aneh-aneh menurut sdaya. tapi mau di apakan lagi itu sudah menjadi keputusan pemilik blog

    BalasHapus
  45. klo ada capcay saia males komen di blog orang...ngabisin bandwitch n ribet..wkwkwkwk...

    BalasHapus
  46. terkadang capcha bikin saya gerah bro...bukan apa2 sering sulit juga ngebaca tulisan2nya ...mau cepat bw jadi tertunda gara2 si capcai eh capcha

    BalasHapus
  47. Lambat laun saya pun berpikir jika hal itu terus saya lakukan, lalu apa yang saya peroleh dari aktifitas blogwalking tersebut?

    kalimat ini pernah menjadi bahan tinjauan saya ketika hampir mendekati kata penat dalam melakukan blogwalking.. jawaban yang retorikal sebenarnya..

    soal capcay, well, saya gak masalah capcay ada atau tidak JIKA KONDISI KONEKSI INTERNET SAYA SEDANG DALAM KONDISI ON FIRE.. but kalo lagi menjelma jadi siput, saya gak tahu tembok mana yang saya harus pukul...

    menyikapi soal komentar : sebagai sesama empunya blog yang punya angka komentar seabrek, akang gimana rasanya? :D

    *saya sih suka suka aja.. :D

    BalasHapus
  48. Kang,,, postingan besuk judulnya gini ajah ya...

    SAMPEYAN NGE-KLIK NGGAK IKLAN SAYA? HAHHH?!

    hahaha.... :D

    BalasHapus
  49. itu kan buat yang internetnya kenceng
    saat pake gprs atau online di hape
    nemu capcay beneran bikin capcay deeeh...

    BalasHapus
  50. kalo koneksi lagi sip capcay ngga jadi soal, tp kalo koneksi lagi aduhai melambai lambai kayak nyiur di pantai... bai bai deh...

    saya dulu pertama ngeblog juga kalo mampir ke blog orang lain cuman buat tebar pesona doang... tp itu kan dulu...

    BalasHapus
  51. Kalo captcha nya gampang dibaca mah gapapa. Nah, ini.. Captcha nya blogspot itu suuusah bener bacanya. Men-zholim-i kaum bermata miopi T__T
    Udah nulis komentar panjang lebar, trus gagal baca captcha, trus jaringan error, ujung2nya batal komentar.

    BalasHapus

Posting Komentar

Terima kasih telah membaca artikel dengan cara seksama dan tidak dalam tempo sesingkat-singkatnya