Jika Saya Tua Nanti.....


Buka daftar blog Anda
Membaca tulisan mbak Evi yang berjudul Menyiapkan Hobby Untuk Hari Tua, seakan memberi pertanyaan pada kita semua.  Tentang hobby apa yang nanti kita lakoni saat menapak usia senja? Sebuah pertanyaan yang mungkin belum terpikirkan oleh kita semua. Sebab, bisa jadi selama ini kita menganggap jika tua itu menjadi urusan nanti.

Masing-masing dari kita tentu mendambakan sebuah kehidupan yang nyaman saat tua nanti. Tak kurang sandang, pangan atau papan. Anak-anak kita sudah terlihat mapan. Demikian pula dengan cucu-cucu kita, tawanya seakan memberi semacam hiburan saat kita tua nanti. Ah, sebuah gambaran indah yang tentunya saya atau pun anda mengingini nanti terjadi. Tapi, apakah hanya itu saja yang nanti kita lakoni? Hanya diam dan melihat kanan kiri kita semakin berkembang.

"Sedia payung sebelum hujan", mungkin itu sebuah ungkapan yang coba dititipkan mbak Evi lewat tulisannya. Tua adalah sebuah perkara yang tak sedetikpun bisa kita tunda. Tapi bukan berarti saat tua tiba hanya menanti saja yang bisa dilakukan. Yah, hanya mengantri dan menanti giliran nama kita dipanggil-panggil di corong masjid dekat rumah kita. Padahal mungkin saja kita bisa membingkai hari tua itu dengan sesuatu yang lebih bermakna. Semacam hobby misalnya yang kita lakukan hingga timer kehidupan kita benar-benar dihentikan.

Ada dua hal yang selama ini yang coba saya siapkan sebagai investasi dolanan saat saya tua nanti. Itupun jika Sang Pemilik Nyawa menghendaki saya finish di usia tua. Menjadi blogger dan seorang pencinta alam, itulah dua hal yang sekarang coba saya siapkan.

Blogger, dunia yang satu ini sebenarnya masih belum lama saya geluti. Saat ini saya sedang berproses untuk mencintai dunia yang satu ini. Belum banyak pula kontribusi yang saya berikan bagi perikehidupan dunia maya. Kecuali terus berupaya menjaga irama grafik naik turunnya konsistensi saya dalam menulis. Tiada target muluk-muluk yang saya inginkan saat menjadi seorang blogger. Kecuali satu, saya ingin menjadi legenda sekaligus investor, itu saja. Yah, melegendakan diri sendiri lewat sebuah catatan. Semacam investasi nostalgia yang bisa saya putar kembali saat tua nanti. Tapi entahlah, saya tak pernah bisa menebak perkara yang membolak-balikkan hati. Sebab bisa saja saat ini saya berteriak lantang, tapi besok justru blogsphere  tak lagi dipedulikan. Doakan saya bisa istiqomah nulis hingga tua ya?

Pun demikian di kehidupan saya sebagai pencinta alam. Masih belum banyak pula kontribusi yang saya berikan. Saya pernah berpikir bagaimana menciptakan sebuah formula kegiatan pencinta alam yang bisa dilakukan selamanya. Saya tak mau kelak saya hanya menjadi seorang mantan pencinta alam. Tapi saya ingin label itu harus terus ada hingga akhir hayat saya.

Alhamdulillah, sekarang ada sebuah media berkegiatan yang mungkin bisa saya lakoni hingga tua nanti. PELEPAH, itulah kegiatan yang sekarang coba saya rintis bareng adik-adik pencinta alam saya. Berkarya lewat jalan memulung diantara tetumpukan sampah. Ya, hanya memulung itulah hobby yang sekarang coba saya cintai dan  gadang-gadang bisa dilakoni hingga tua nanti.

Dulur blogger, itulah dua kegiatan yang sekarang terus saya jaga konsistensinya. Menulis dan memulung itulah hobby yang  ingin saya lakoni hingga tua nanti. Bagaimana dengan anda?

Artikel ini untuk membuat huru-hara First Giveaway Jurnal Evi Indrawanto


Note : Hoi dulur-dulur, yuk kita rame-rame meriahkan hajatan mbak Evi, Hanya mengeluarkan review atau opini di artikel-artikel mbak Evi loh, kita berpeluang mencicipi manisnya gula aren organik pilihan.

Untuk info lebih jelasnya silakan kunjungi Eviindrawanto.com

Komentar

  1. hahaha..tulisan ini kayaknya lebih bagus dari tulisan saya..cuman sayang ya tak bisa jadi peserta. masa jeruk makan jeruk..

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahaha yo wis hadiahnya buat sampean.. ambil semua deh.

      Hapus
  2. duh sampai lupa...makasih sdh mau jadi tukang huru-hara ya Mas..dirimu emang teman yg baik :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Begh ojo muji-muji loh mbak.. saya minta digaji dengan dinikahin piye? wkwkwk

      Hapus
  3. Wah wah.. hobbi di masa tua ngurus cucu kyaknya rame, tp pelapah itu asyik jg :-) amal di hr tua

    BalasHapus
    Balasan
    1. matur nuwun mas.. semoga sukses Rumah Iqronya ya

      Hapus
  4. saya tar hobinya blog walking aja uncle haha

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahaha.. semoga hingga tua kita bisa tetap saling BW ya mas

      Hapus
  5. wah .. semoga menang GA nya di blognya mbak Evi ya mas :)

    BalasHapus
  6. wah, artikel pancingan sudah muncul. Mantapp nih tim hura2nya

    BalasHapus
    Balasan
    1. biar kisruh Bun kalau udah ada huru hara hahaha

      Hapus
  7. makasih atas kisi-kisinya, uncle.
    bundo jadi tau kira-2 apa yang dimau dewan juri.
    meskipun gak janji bakal sebagus ini.

    BalasHapus
    Balasan
    1. bukan kisi-kisi kok Bun..

      cuma mau ikutan aja asline tapi ora keturutan hehe

      jangan lupa ikutan ya.. makasih Bundo

      Hapus
  8. Wuih. kok cita-cita hari tua kita sama ya?
    Dhe pengen banget bersihin sampah di sekitar Dhe dimanapun berada. tapi sampai sekarang belum menemukan komunitasnya di Bali. mau bantu Dhe mencari?? ntar Dhe traktir es lilin deh via email :D

    BalasHapus
  9. lah aku bakal ngapain di hari tua ya ?? huhuhu..lom ada planning owk kang :(

    sukses GA nya eaaaa :)

    BalasHapus
  10. Eits, jangan anggap remeh pekerjaan memulung lho, Kang Lozz. Itu pekerjaan mulia yang juga 'mengandung' rupiah yang besar lho. Coba cek dengan mata yang terbuka, pasti kita akan takjub dengan hasil yang disumbangkan dari kegiatan memulung ini. Banyak lho orang2 yang jadi kaya raya dari kegiatan ini, tapi dilakoni dengan serius lho. Salah satunya bisa baca disini deh kang. :)
    http://sosok.wordpress.com/2006/12/11/sampah-plastik-prestasi-baedowy/

    btw, aku mo ngpain ya di hari tua nanti? :D

    Sukses untuk GAnya yaaaa. :)

    BalasHapus
  11. kalau nanti tua, aku ngapain ya ...
    tetep ngeblog dan nungguin telpon curhatan dari Jember .. hihihi

    BalasHapus
  12. wah kalo ini jadi perserta bisa mundur teratur....

    BalasHapus
  13. Sementara ini masih dua, berarti akan bisa nambah lagi dunk Uncle, seprti menikah dan punya anak hehehe

    Sip, insya Allah melu Uncle

    BalasHapus
  14. sampai tua harus sehat ya Uncle :)

    Dan menulis serta memulung adalah kegiatan yang menyehatkan, mantab...

    BalasHapus
  15. kalau sekarang masih muda ya uncle :) good luck ya untuk masa tuanya nanti

    BalasHapus
  16. Blog sebagai investasi, boleh juga idenya... ^^ ., mau nyusul GAnya ah

    BalasHapus
  17. Aku klo berkesempatan menjadi tua, punya anak cucu, pengennya punya kebun :)

    BalasHapus
  18. keren ide GA nya ya, uncle. jadi pengen ikutan nulis :D

    BalasHapus
  19. jika aku tua nanti... kayak Bapa saja lah, tetep eksis mencoba sesuatu yang baru dan baik, serta sesuai usia.. hehe ngeteh sambil makan tela rebus ya Paman?!

    BalasHapus
  20. Nanti kalo aku tua mau tetep jadi artis
    Jadi artis nenek2
    :)

    Sukses GA nya ya mas..
    Sukses juga usaha untuk hari tuanya.. :)

    BalasHapus
  21. gpp mulung yang penting berkah,ya to uncle lozz hihihi

    sukses GAnya

    BalasHapus
  22. Haduh Pak Juri...

    Kalo parameternya seperti artikel yg sampeyan tulis nih bakal susah deh... Hahaha...
    Mlipirr...

    Dear Uncle... Sepertinya, itu yg jadi motivasi kebanyakan blogger ya..? Meninggalkan jejak, kesan yg baik...
    Mudah2an Uncle dkk sukses dgn kegiatan pencinta alamnya ya :-)

    BalasHapus
  23. Uncle, pelepah pencipta alam, uuugh keren dan mulia sekali *klik pelepah dan luar biasa, peduli lewat sampah.

    Mungkin, bisa lebih digerakkan lagi hingga senatero dunia tahu *bair tidak buang sampah sembarangan. Aku sering banget menemukan sampah tertumpuk dipionggir jalan *megnganggu sekali.

    Inza Allah ikut uncle GA-nya Mba Evi. Lihat blognya manis sekali, seperti hadiahnya.

    BalasHapus
  24. kalau tua nanti, pasti jadi saya jadi nenek.. :))
    eh baru pertama kali di sini ya?
    salam kenal :)

    BalasHapus
  25. uncle...rumahnya baru nih, baru dicat, keren deh...

    iya uncle mempertahankan ritme nih yang sulit. Mudah2an sampe tua masih bisa ngeblog aja deh uncle. hobi lainnya apa ya?

    salam uncle

    BalasHapus
  26. akhir-akhir ini justru aku kembang kempis ngeblognya Kang. Mudah-mudahan iso ikutan GAnya mbak Evi, sebenare tulisan mbak Evi itu manteb-manteb sampai aku bingung ngripiu apane hhh.
    Jare tonggoku, lek wis sepuh pingin momong putu. Lho bener tah seperti itu? piye kalo dibalik, pingin bermanfaat kanggo anak putu, soale lek momong durung mesti awake dewe kuat

    BalasHapus
  27. Pengen ikut...
    Ih Kang Lozz, sendirinya sok nyubiii :P

    BalasHapus
  28. setuju sobat..walau kita tak tahu pasti apakah usia kita bisa mencapai masa tua..namun masa tua harus disiapkan saat kita merasa masih sehat dan muda, agar tak ada penyesalan nantinya...,
    selamat berlomba..semoga menjadi yang terbaik...salam :-)

    BalasHapus
  29. uncle, boleh saya ikut menulis dengan tema yang sama..hehe^-^

    BalasHapus
  30. Ikutan ah...semoga sukses. Salam..

    BalasHapus
  31. Kalau saya saat ini masih suka bikin kristik tapi entah kalau tua nanti mata saya masih awas apa nggak liat gambar dan memasukkan benang ke jarum hikz.

    Kayaknya harus berdiri dibelakangnya uncle aja deh.... hobby nulis ehehe

    BalasHapus
  32. Wih...... mantap nih pancingannya, biar semut pada datang ke lokasi tempat gula aren ya Kang. Hm......... pasti seru acaranya.

    Sukses selalu
    Salam Wisata

    BalasHapus
  33. Kang, terus terang... sampai kini aku salut luar biasa dg kegiatannya mulung sampah itu lo.
    Masih jalan ya sampai sekarang... semoga akan tetap jalan. Aamiin.

    BalasHapus
  34. Saya ngintip-ngintip dulu tulisan teman-teman yang ikut kontes Give Awaynya Mbak Evi... he he

    BalasHapus
  35. Waaaah tulisannya menarik perhatian..harus memikirkan masa tua juga nih,walaupun skrg masih menikmati masa muda ^^

    BalasHapus

Posting Komentar

Terima kasih telah membaca artikel dengan cara seksama dan tidak dalam tempo sesingkat-singkatnya