Ketika Saya Masih Newbie

blogger pemula
sumber gambar

Alhamdulillah hari ini Essip tepat menapak di usia yang ketiga. Padahal sepertinya baru kemarin tali asih pertama dari Pakde tiba di rumah saya. Baru kemarin rasanya  goyang SKJ saya membuat kepincut tante Monda dan mengundang orang-orang tertawa. Sungguh tiada pernah disangka hanya karena sebuah dongeng untuk Vania, Uncle Lozz tiba-tiba menjadi panggilan saya. Ah, tiga tahun yang begitu indah untuk dikenang. Nostalgia yang tak bisa lekang begitu saja. Tiga tahun yang membuat saya tak pantas lagi menyandang status blogger pemula.

"Apa yang harus kutuliskan?". Kalimat ini menjadi pertanyaan sekaligus pijakan awal ketika dulu saya memulai aktifitas blogging. Yah, membuat itu adalah sebuah perkara yang cenderung gampang dilakukan. Namun, menjadi hal yang sulit saat mengisi sekaligus mempertahankan. Pun demikian dengan ngeblog, hanya butuh sebuah email saja. Tapi ketika blog sudah jadi terkadang menjadi sulit untuk mengisi. Bahkan banyak pula diantaranya yang bertahan tak lebih dari setahun saja.

Harus ada visi misi ketika hendak memulai. Perlu ada inovasi juga improvisasi agar aktifitas ngeblog kita nyaman sekaligus awet bertahan. Itulah yang dulu saya lakukan. Memperjelas arah dan tujuan. Apakah ngeblog saya untuk berkarya atau suka-suka semata? Apa tujuan ngeblog saya nanti? Untuk berbagi, materi, atau keduanya saya cari?. Ibarat bangunan, tentu saja saya harus terlebih dulu meletakkan pondasi agar kokoh bertahan.

Ketika saya masih menyandang status newbie, berkali-kali saya buka kembali buku SD tentang pelajaran bahasa Indonesia. Tentang bagaimana cara mengarang. Tentang cara yang baik dan benar ketika meletakkan tanda baca macam titik atau koma. Tanpa terlalu memusingkan kadar sastra dalam setiap tulisan saya. Sebab, sampai kapan pun kualitas tulisan saya tak akan bisa menyamai tulisan para penulis ternama. Sebaliknya, mereka juga akan kesulitan untuk menulis dengan gaya yang saya punya. Saya tak ingin aktifitas ngeblog saya terhenti dengan dalih saya tak menguasai ilmu sastra.

Ketika saya masih menjadi newbie, saya harus tahu posisi diri tanpa harus melebaikan diri. Yah, tak menyebut diri newbie berulang-berulang di depan orang-orang. Sebab itu akan semakin membuat saya minder dan tak percaya diri. Anggap saja semua setara, tapi kita juga harus paham etika.

Ketika saya masih newbie, saya harus tahu menulis itu hendaklah jujur.  Jujur tapi tak  kebablasan hingga melantur. Sebab, saya lebih suka orang  berteman karena menerima kekurangan saya. Bukan karena sebuah kelebihan yang saya hembuskan melalui kebohongan lewat tulisan. Tukang sapu yo wis tulis tukang sapu. Ketimbang saya berpura menjadi juragan padahal sejatinya hanya pekerja kelas bawahan.

Ketika saya masih menjadi newbie, saya tak gemar meminta orang lain berkunjung balik, komen dan follow yang terkesan memaksa. Sebab, newbie itu sama dengan pemula. Jadi seorang newbie harus lebih banyak memulai. Memulai menyapa yang lebih senior dari kita. Berkunjung ke blog lainnya tanpa harus meminta mereka berkunjung balik pula. Tak maruk memajang link blog ganda di setiap komen kita. Tak biasa menulis "ditunggu kunjungan balik gan", sebab itu justru akan membuat orang lain bosan. Dan akan membuat diri kita masuk daftar cekal kunjungan.

Ketika  masih newbie dulu, sekali dua kali saya pernah melakukan spam. Blogwalking dengan membabi buta, tanpa pernah peduli isi tulisan yang saya baca. Sebab saya ingin blog saya terkenal dalam sekejap mata. Tapi setelahnya semua itu tak lagi saya lakukan. Yah, bagaimana blog saya bisa mendapat apresiasi tinggi, jika untuk BW saja saya setengah hati? Bagaimana bisa  menjadi pintar, jika membaca tulisan orang saya tak gemar?. Justru karena tulisan-tulisan para blogger itulah membuat keahlian menulis saya semakin pinter. Ya, blogger-blogger itu telah menjadi guru menulis saya tanpa disadari.

Ketika saya masih menjadi newbie, saya suka mengkuti aneka lomba seperti sekarang ini. Bukan, bukan semata untuk berkompetisi, tapi ingin melatih diri menjadi seorang blogger ahli. Juga untuk menambah pundi-pundi relasi. Kalah menang bukan semata tujuan. Kalah usah gundah gulana. Menang pun jangan terlampau membusung dada. Bagi saya menang itu hanya soal beruntung saja. Yah, beruntung juri sedang kepincut tulisan kita ketimbang yang lainnya.

Ketika masih newbie, seringkali saya dihinggapi rasa jenuh dan malas diri. Bahkan hingga kini perasaan itu sering terjadi. Saya tahu jika itu pertanda saya harus rehat dulu dari aktifitas ngeblog saya. Waktunya saya melakukan improvisasi agar jenuh tak makin menjadi. Makanya saya tak biasa membuat target dalam karir ngeblog saya. Saya tak berani sesumbar satu posting satu hari. Sebab saya tak mau menjadi blogger yang diawal karir ngebut, tapi di tengah justru menjadi benjut. Tapi, saya harus tetap menjaga selera ngeblog tak sirna gara-gara malas sedang mendera. Dengan melakukan aktifitas seputar blogging lainnya. Belajar mengotak-atik template misalnya, atau membuat blog baru agar semangat ngeblog kembali nafsu.

Dulur blogger, itulah pengalaman saya ketika menjadi seorang blogger newbie. Semoga bermanfaat bagi anda yang mungkin baru saja menginjakkan kaki di blogsphere raya. Matur nuwun untuk dulur-dulur blogger semua yang hingga kini masih setia mbarengi hingga tiga tahun lamanya. Matur nuwun pula untuk segenap tawa dan cinta yang  membuat Essip selalu bersinar indah tiap harinya. Ya, memang benar saya tak lagi seorang newbie. Memang benar saya tak pantas untuk disebut blogger pemula. Tapi, semangat newbie itu harus selalu ada setiap hari. Semangat seorang pemula senantiasa harus ada dalam dada. Sebab dengan semangat itu, saya akan belajar dan terus belajar dari siapa saja.

Selamat ultah Essip sayang. Sip enggak Essip, Poko'e kowe emang Essip !

Komentar

  1. Smapai hari ini saya juga masih newbie ko Kang, masih banyak belajar dari apa-apa yang ada. Entalah samapai kapan. Dari dulu hingga sekarang pun masih pakai yang gratis, tidak berlebel, sering gonta ganti dan sebagainya.

    Tapi ngomong-ngomong si Essip usianya sudah berpa ya Kang, ko saya lupa. Apalagi dengan blog saya. Jadi malu..... xixixixixixi......

    Salam wisata

    BalasHapus
    Balasan
    1. bukannya di kalimat pembuka sudah jelas tiga tahun :D

      Hapus
    2. Hehe jadi ingat masa-masa di awal dulu ngeblog Kang.. Kang Indra juga hebat karena sampai detik ini masih betah di blogsphere

      Hapus
  2. Semua pernah merasakan menjadi newbie. Jika sudah 6 bulan masih bilang newbie berarti blogger tersebut tidak mengupgrade diri.

    NgeBloglah terus dengan menerbitkan artikel yang menarik dan bermanfaat.

    Ketika artikel sudah cukup abadikan penggalan sejarah hidup sahabat menjadi sebuah buku.
    Itu yang saya lakukan sehingga terbit buku saya berjudul Rahasia Menjadi Manusia Kaya Arti dan beberapa buku lainnya.

    Bagaimana cara menerbitkan buku dengan memanfaatkan artikel blog?

    Simak tips saya di http://tipspilar.com/tips-menulis-buku/cara-menerbitkan-buku-dengan-memanfaatkan-artikel-blog

    Semoga berjaya dalam GA
    Salam hangat dari Surabaya

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalo yang ini, saya amankan dulu pakde.
      lagian ada sesuatu yang belum saya pelajari dari njenengan tentang "bijaksana" .....hehehe

      Hapus
    2. Inggih De.. sedang saya pikirkan hal itu.. Matur nuwun tipsnya ya De..

      Hapus
  3. wah aku newbie nih, uncle. kalo disuruh nulis pake EYD kadang suka ada yang kelewat kata2nya haha :D abis posting baru diedit deh :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama-sama belajar kok Ila.. enggak blogger lama enggak pemula sama-sama mencari ilmu di dunia maya

      Hapus
  4. sip sam... kalo sekarang sih udah jadi Uncle blogger hehe...
    emang siiiip

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehehe.. Disebut Uncle gara-gara artikel..

      Hapus
  5. sudah 3 tahun ya..... sama. Jadi ingat waktu kita balas komentar di warung ato diblog. masing2 mengaku jadi uncle & auntie. hahahahaha...
    selamat tuk pencapaiannya, uncle. juga moda sukses ngontesnya.

    BalasHapus
  6. Met ultah ya essip. ayo traktirannya di Nasi Gudeg Pecel Luminta ya Uncle. Tuga tahun ngeblog tapi dah sampe Bogor dan Jakarta segala euy...markosip!!!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau misal 7 tahun mungkin bisa ampe Mesir yo sam hahaha

      tenkyu sam..

      Hapus
  7. Makasih Gan, nice info
    Buat Blogger itu newbie gak newbie yang penting konsistennya.
    Oya saya newbie nih Gan mohon kunjungan balik ya, harus berkunjung lho, awas kalau nggak!

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahaha aku mbayangin sampean komen gini sambil bawa pentungan mbak Yun...

      Hapus
  8. Sudah tiga tahun lamanya, sahabat telah berkarya. Mencoba berbagi pengalaman dan cerita. Tak malu mengakui siapa diri anda sebenernya. Pokokke essip dah.

    *kang tulisannya saya copas untuk arsip saya pribadi di notepad sebagai bahan instrospeksi saya. tidak aku publikasikan kok :-)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Monggo Kang.. dengan senang hati.. dipublikasikan juga enggak apa-apa kok.. halalan toyyiban copas tulisan saya Kang

      Hapus
  9. sampai kapanpun saya tetepa newbieh :D
    selamat ulang tahun essip,,barokallah ^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. Karena dengan newbie kita tak akan merasa puas diri.. selalu haus karena dahaga ilmu

      Hapus
  10. suka banget sama istilahnya "pundi relasi" semoga omahantik bisa mengikuti jejakmu jugaaaa ya :) Congrat for senior blogger :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamin.. Insya Allah sangat bisa mbak Chris.. Bahkan lebih bisa dari Essip

      Hapus
  11. Huwaaahhh...ESSIP ultaaaah, semoga semakin dan selalu sip ya uncleeeee.
    Gudlak ngontesnyah ;)

    BalasHapus
  12. dulu kan saya ngga terlalu sibuk, sekarang sibukkk #Alasan...
    inget2 jaman dulu, jd maluuu

    BalasHapus
    Balasan
    1. aku tahu.. arep lamaran kan faktor sibuknya Jiah? :p

      Hapus
  13. Ditunggu kunjungan baliknya ya, Gan.
    Jangan lupa follbacknya ya, Sob.
    Maklum, masih nyubi. :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Makasih sob.. nanti tak antemi kamu hahaha

      Hapus
  14. Tiga tahun bukan waktu yang sekejap ya Mas.

    Bahkan saran mu untuk menyuruh ku menapaki karirmu di dunia nulis ini seperti baru saja saya dengar.

    Kau hebat Bang, semangatmu luar biasa.

    Karena itulah membuatku semakin jatuh cinta dengan dunia menulis ini.

    Salam sayang selalu untuk Essip.us.

    Terimakasih. Salam dari Karangduren. Hehehee..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tiga tahun itu singkat Le kalau menurut hitungan masa malaikat haha

      Hapus
  15. Ikuta ajang GA memang bukan sekedar ingin hadiahnya ya, uncle.... tapi lebih pada ingin terus belajar membuat tulisan yg baik, sayapun begitu :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah kalo saya dikategorikan apa yaa.. *mikir*.. ah terserah yang saya deh, sing penting ngeblog yaa.. minimal kalau waktu mepet plus kesibukan ngurus keluarga *alesin* seminggu sekali.. hihihi

      Hapus
    2. Ya mbak.. nulis, daftar lalu lupakan.. Jika menang bisa menjadi kejutan...

      Hapus
  16. Selamat ulang tahun mas, untuk blognya semoga semakin memberikan inspirasi buat kami yang masih newbie ini melalui berbagi ilmunya . Sukses terus ^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. Makasih mbak Titis.. Sukses juga buat sampean ya

      Hapus
  17. huuu... iri aku..iri aku...wkekeke.
    makin kesini, saya jadi kenal siapa itu uncle Essip. Tapi jangan ngenes gitu lah mas.
    Mas essip udah nyisipin apa itu blogger tanpa pandang bulu, bukan petinju kelas bulu yang getol pake otot maupun pake otak

    tapi hanya mengquote ini lho " Sebab, saya lebih suka orang berteman karena menerima kekurangan saya. Bukan karena sebuah kelebihan yang saya hembuskan melalui kebohongan lewat tulisan. Tukang sapu yo wis tulis tukang sapu. Ketimbang saya berpura menjadi juragan padahal sejatinya hanya pekerja kelas bawahan

    tapi tulisannya mas essip menginspirasi banyak orang, wlwh-welwh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Makane ganti dong foto profil Facebooknya.. biar saya juga makin mengenal sampean hahaha.. #mbalik foto profil maneh

      Hapus
  18. ayo uncle., ajari aku jadi newbie yang keren kayak uncle dahulu.
    B)

    kalau sekarang mah uncle gak pantas disebut newbie.
    :P

    BalasHapus
    Balasan
    1. btw., saya juga gak pernah nyuruh orang kunjung balik uncle.
      paling maksa dengan ancaman.
      #eh

      kalau nyepam itu biasanya dalam rangka kampanye program positif.
      tapi selalu nyambung kok *menurut saya*

      Hapus
    2. Tapi menurut saya tetap enggak baik nyepam mas, sebab menurut saya apresiasi paling tingg buat seorang blogger itu bukan komentar, tapi membaca dengan seksama setiap tulisan mereka.. Nulis itu butuh kerja keras loh

      Hapus
  19. widih usia blog kita sama lho uncle. . . Tapi saya belum sempat bikin postingan. Lha wong Alfi makin pinter, tiap ibuk'e di depan laptop pasti nyusul ikut pencet2 ehehe

    BalasHapus
  20. Haha mekso banget bagian terakhirnya
    Selamat ya Kang udah 3 tahun ngeblog euy

    BalasHapus
  21. Selamat untuk pencapaian tiga tahun ngeblog ya Mas.
    Postingan refleksi yang sekaligus meramaikan GA sahabat dan berbagi semangat ngeblog.
    Salam

    BalasHapus
  22. Nyubi paling nyebeli yo sampeyan iku sam, hahhahhaha tulisan e marai orang pengen mampir lagi,, wes pokok e sukses jadi nyubi deh, smpe sekarang tetep kokoh berdiri :) makasih utk persahabatan yang opo yooo hhahahhahha essip weeesss,, sukses

    BalasHapus
  23. Selamat Ultah yaa buat essip.us ternyata udah 3 tahun umurnya.. ^_^
    Sukses terus buat Mas Lozz..

    Tulisan ini cukup inspiratif, saya setuju sekali Mas dengan pendapat2 diatas.. Untung saya kemarin cepat kenal dengan Warung Blogger, soalnya saya juga sempet ngelakuin cara2 newbie seperti itu dulunya..
    Tapi gitu udah nyoba merhatiin blogger2 senior saya jadi paham sendiri.. hehehe.. :-D

    Intinya kalau mau jadi blogger iyaa harus siap untuk terus belajar yaa..

    BalasHapus
  24. Sudah tiga tahun, berarti sudah bisa berlari ya Mas. Semoga kegemaran ngeblog terus membara..Ikut lomba boleh berharap jadi juara, tapi yang paling penting kita memberi usaha terbaik terhadap sebuah tulisan :)

    BalasHapus
  25. aku inget banget goyang skjnya. selamat ya untuk blognya uncle

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bilang newbe kesana kemari mungkin untuk sarana promosi diri ^^. makasih partisipasinya ya

      Hapus
  26. met ultah buat blognya mas, makan makan :)

    BalasHapus
  27. telung tahun bukan waktu sebentar yo Kang, tapi rasane koyok baru kemarin.
    Waktu telah mendidik kita menjadi sekarang ini, menjadi seorang blogger yang saya sendiri nggak pernah menduga bahwa dulu mengarang dan menulis adalah pelajaran yang paling tidak saya suka eh sekarang malah ketagihan.
    Saya rasa semua tulisan dan penjelasan sampean mewakili kita semua termasuk saya agaimana menjadi seorang newbie.

    BalasHapus
  28. 3 tahun di blogger mah ga bisa dibilang nubitol atuh, om
    Itu sudah termasuk senior dan sudah nemu karakter diri

    BalasHapus
  29. Walau sudah oldbie tapi semangat tetap newbie...
    Met 3 tahun ya mas Lozz... Dikau memang Essip deeh

    BalasHapus
  30. perasaan aku teh udah baca tulisan ini kemarin2, tapi ternyata lupa belum komen. hihih..

    emang bener ya, uncle, tak ada keberhasilan tanpa pengorbanan.. :)
    happy milad yg ke-3, uncle lozzz

    BalasHapus
  31. Dan saya datang di acara syukuran essip, di warnet :)

    BalasHapus
  32. selamat buat Essip yang nggak newbie lagi...
    tetap jos ya..., jangan kelamaan muncul post baru

    BalasHapus
  33. Oya... perasaan jenuh itu juga menghinggapi aku beberapa kali Kang...
    Dan biasanya aku butuh waktu improvisasi lama utk bisa balik lagi.

    BalasHapus
  34. Sekarang bukan nwbie lagi kan, Lozz?
    Komen sudah berderet segini banyak, posting udah makin enak dibaca...ahaaaa, ini dia yang saya suka, Lozz tetap membumi dengan segala prestasi yang sudah dicapainya selama ini...

    Tetep nge-blog, Lozz...ini juga sekalian menyemanagati diri saya yang *lagi-lagi* nggak konsisten buat rutin bikin postingan ;)

    BalasHapus
  35. 3 taun, kalo balita, lagi senengnya ngomong ini itu, tanya ini itu, aktifnya luar biasaaaa...

    sukses uncle utk blog dan GAnya :D

    BalasHapus
  36. hi...7x. lucu. mbuh apanya yang lucu. 3 tahun lagi aku kayak gini apa tidak ya?

    BalasHapus
  37. halo uncleku sayang *lirik2, ini komen terakhir gak ya*
    selamat buat essipnya..
    pengen aq hack aja ini essip, biar kayak aku ngehack hatimu :D
    selamat buat essip, semoga ada essip junior.. :)

    BalasHapus
  38. Buka buku SD? Serius nih? Hohohoho

    Selamat ulang tahun untuk Essip. Semangat ngeBloge yooo. .

    BalasHapus
  39. ....dan jangan lupa tetap rendah hati....

    BalasHapus
  40. Itulah tahapan ngeblog ya mas...dari newbi lalu menjadi mahir menangkap ide apapun untuk ditulis...semakin lama semakin banyak teman juga dari dunia maya menjadi dunia nyata.

    Dulu sebelum jadi Blogger aku suka nulis coret-coret di kertas yang sayangnya terserak entah kemana-mana tercampur antara catatan kuliah atau kertas-kertas hvs yang terus hilang. Sejak menulis di blog catatan tentang apapun jadi rapi dan senang karena bisa dibaca orang nggak 'kependam'.

    Selamat Ultah ketiga ya mas...semoga terus awet semangatnya.

    BalasHapus
  41. newbie kaya apa gitu kata2 nya , hehe

    BalasHapus

Posting Komentar

Terima kasih telah membaca artikel dengan cara seksama dan tidak dalam tempo sesingkat-singkatnya