Ojo Medit Ilmu Olehe Nemu


Saya merasa beruntung sebab ketika pertama kali mengenal dunia maya bisa berkenalan dulu dengan Friendster. Jejaring sosial yang telah bubar tersebut sedikit banyak telah mengajari saya  dasar-dasar dalam dunia blogging. Ya, dulu FS memperbolehkan para penggunanya untuk mengotak-atik sendiri tampilan jejaring pribadinya. Secara tidak langsung saya pun bisa berkenalan pula dengan HTML dan segala pernak-perniknya. Pengetahuan baru yang di kemudian hari berguna bagi kehidupan saya sebagai seorang blogger.

Kini bisa dikatakan saya sudah mulai bisa mengotak-atik template blog sendiri. Meski tak bisa dipungkiri kemampuan saya cuma rata-rata. Ya, saya masih belum mampu mencipta template sendiri. Kemampuan saya hanya sebatas memodifikasi template jadi dengan sesuka hati. Latar belakang ilmu yang didapat dari "jalanan" membuat saya kadang tak bisa memberi penjelasan ketika diberi pertanyaan. Semua mengalir begitu saja. Cuma mengandalkan naluri, selebihnya cuma kreatifitas diri.

Alhamdulilah, saya bersyukur "ilmu nemu" yang saya dapat dari jalanan tersebut ternyata kadang bermanfaat juga buat orang-orang. Seringkali saya diminta bantuan dulur-dulur blogger lainnya, khususnya emak-emak yang memiliki sedikit masalah dengan tampilan blognya. Faktor-faktor teknis dalam ngeblog yang mungkin terlihat remeh, tapi bisa membuat bingung para pemula. Itulah curhat yang biasanya terdengar ketika mereka meminta bantuan saya.

Pernah di suatu ketika seorang emak meminta bantuan saya. Si emak meminta tolong merombak total tampilan blognya sesuka hati saya. Dengan senang hati saya sanggupi, kendati ada sedikit rasa tak enak hati. Ya, si emak tiba-tiba saja mempertanyakan soal biaya pembuatan blognya. Saya pun menjawab jika tak  sepeser pun meminta bayaran untuk ongkos rias tampilan blognya. Justru saya merasa bersyukur, sebab diberi kesempatan untuk kembali belajar lewat permintaan bantuan tersebut. Asal dua syarat harus dipenuhi sebagai imbalan kerjaan saya, yaitu mau mengisi blog tersebut dan percaya ! Ya, harus percaya sebab saya meminta email dan  passwordnya, itu saja.

Saya merasa jika ilmu nemu itu tak layak untuk saya jual. Apalagi untuk sebuah pekerjaan yang tidak terlalu sulit dan senggang untuk dilakukan. Mungkin inilah yang harus saya lakukan sebagai seorang pencari ilmu di jalanan. Dulu memungut ilmu itu di jalanan, dan sekarang giliran saya untuk membagikan ke siapa saja yang membutuhkannya.

Sebab itulah akhirnya saya pun membuat blog Bengkelozz yang berisi seputar pengetahuan teknis non penulisan dalam ngeblog. Tidak, blog itu bukanlah blog tips atau trik blogspot tingkat tinggi. Bagi saya Bengkelozz itu semacam note tempat  menyimpan remah-remah pengetahuan yang saya temukan di jalanan. Sebagai media pengingat agar saya tak lupa dengan njlimetnya angka serta kode pemanis tampilan blogspot. Selebihnya  agar blog tersebut bisa dibaca dan membantu siapa saja, khususnya bagi mereka yang baru saja mengenal dunia blogging.

Dulur blogger, 25 Nopember hari ini bertepatan dengan Hari Guru Nasional. Semoga saja semangat dan pengabdian para guru tertular juga pada kita semua. Menjadi seorang "guru" yang suka mengajari siapa saja dengan senang hati. Sesuai dengan filosofi kita sebagai seorang blogger, jika hidup itu untuk berbagi. Ya, berbagi tidak akan membuat diri kita rugi. Dengan mengajari itu berarti akan mengasah diri kita menjadi seorang yang ahli. Mengajar akan membuat kita akan terus belajar. Mengulang-ulang pengetahuan yang sudah kita tahu hingga menjadi sangat tahu. Mengajari itu juga akan membuat kita semakin kaya ilmu. Sebab ketika mengajari sebuah ilmu kadangkala kita pun menemukan ilmu-ilmu baru. Tanpa di duga, dan itulah bonus buat kita.

Monggo bagi Anda yang mungkin punya sedikit permasalahan dengan pernak-pernik blognya, dengan senang hati saya siap membantu semampunya. Jika mampu dan senggang, insya Allah saya bantu dengan senang. Jika tak mampu, jangan marah. Sebab saya bukanlah mastah. Itu tanda jika waktunya kita saling belajar bersama-sama.  Yah, belajar bersama-sama untuk menemukan segala macam ilmu pengetahuan. Lalu membaginya kembali untuk siapa saja yang ingin pula memiliki. Sebab, sejatinya saya, Anda dan kita semua adalah guru. Kita semua adalah penebar remah-remah ilmu di muka bumi ini. Yah, remah-remah setitik ilmu  dari Sang Pemilik Ilmu.

sumber gambar : school-clipart.com


Komentar

  1. Mantap, kalimat akang mah tidak selalu berubah dari dulu, dan selalu mengingatkan kembali akan sebuah ilmu yang di dapat dan harus diamalkan. Semoga terus sukses Kang.

    Salam

    BalasHapus
  2. Iya ya bener juga... ilmunya aja masih modal mencangkul dari tanah orang tapi pelitnya kadang ngalah2in yang punya tanah... Huhu, untung sekarang blog gak saya kunci lagi... Biarlah orang-orang mengcopas sesuka hati, di niatkan ladang amal saja. (ini kayak yang blognya pro aja padahal isinya oret2 tak karuan) :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehehe.. saya justru bersyukur mbak jika ada yang copas tulisan saya..

      Hapus
  3. saya dulu seneng ngutak-atik tampilan juga pas di Friendster. pas udah di blogspot malah males ganti2 template.

    btw, request tips menampilkan recent comment dong, hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. udah pernah saya posting tuh dulu.. Ada kok di Bengkelozz

      Hapus
    2. oh, ada yah di bengkelozz. segera ke tekape

      Hapus
  4. Setuju, Mas Lozz, Ojo medit Ilmu :)
    sayangnya hanya sedikit orang/blogger yang seperti Mas Lozz.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Banyak kok sebenarnya mak Jul.. bukan hanya membantu soal template saja.. Mau mbarengi blogger-blogger muda dan mengajari itu udah termasuk ora medit ilmu.. **berasa udah tua saya.. hahaha

      Hapus
  5. Indahnya berbagi, betul ga uncle...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yups.. apalagi berbagi Soto Kudus.. nyam..nyam rasanya

      Hapus
  6. semakin kita menebar ilmu, semakin bertambah ilmu kita ya uncle... jadi jangan pelit ilmu, jadilah guru dimanapun berada, jika kita memang memiliki ilmu yg lebih dari org lain. sukses terus buat uncle Lozz :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yups mbak. sebab kita terus mengulang-ulang ilmu yang sudah tahu.. Bahkan kadang malah nemu ilmu-ilmu baru saat mengajari orang

      Hapus
  7. Semakin sering ngajar, maka kita juga akan semakin pinter :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. semakin pinter, jika besar bisa jadi dokter

      Hapus
  8. Sesuai dengan titah njenengan mas, saya sudah aktif menulis lagi. Pokok e lek aku sampek males nulis maneh, sampeyan tinggal komen nang kolom komentar hahahaha

    BalasHapus
  9. Dulu pas zaman friendster aku make template bawaan, hehe. Ga diutak-utik, uncle. :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Eh nama FSmu opo La? sapa tahu dulu temanku.. pasti Ila cweety lalapo yo?

      Hapus
  10. Saya kira pean ini orangnya santai dan tenang. Jaman sekarang semua orang butuh duit atau modal. Tapi anda menolak duit rupiah dan berharap simpanan duit akherat. Hemmm..... bedanya tuh disini... sambil nunjuk hati dan jantung.

    Oh ya mas. Boleh ikutan kayak Emak itu gak....??

    BalasHapus
    Balasan
    1. huuuu kata siapa??? saya juga masih doyan duit mbak hahaha..

      Monggo silakan.. tapi jangan marah yo kalau nanti blognya malah amburadul hehe

      Hapus
    2. He heee..... kirain duitnya sedekahin ke saya.

      Hapus
  11. this is what I like about you, soooo humble...semoga makin sukses dan makin banyak berkah ya Kaaang...menjadi guru sarat ilmu yang tidak pelit berbagi itu pasti berkahnya luar biasa,,,salaaam..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamiin.. berkah dan sehat selalu buat sampean sekeluarga mbak Indah

      Hapus
  12. kalau utak atik template, saya nyerah. Paling ngandelin bawaan blogspot, itu juga enggak maksimal. Maen ah ke bengkelnya. :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jika saya bisa, sampean pasti lebih bisa teh Efi

      Hapus
  13. Saya Kang Lozz, saya sempat mengenal friendster juga dan mulai belajar HTML disitu waktu mencoba utak-atik friendsternya dengan pernah-pernih.

    Bermodalkan ilmu nemu itu, saya juga desain sendiri template yang saya gunakan namun seperti Kang Lozz, saya kadang susah jelasin caranya pada orang, harus langsung di praktekin.

    Karena ilmu itu nemu jadi jika ingin ditambah harus dicari, jadi jangan pernah lelah mencari. Kapan-kapan kalau ada waktu. kita bisa saling sharing2 ilmu, belajar bersama :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehehe.. kayak belajar ilmu gaib ya mas hahaha

      Hapus
  14. sekalian nulis tentang hukumnya dong mas hehehe di www.hukumpedia.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah itu spesialisasi sampean.. ayo nulis soal hukum HTML

      Matur nuwun udah dolan ya

      Hapus
  15. Saya sudah bebetapa mendapat manfaat dari Mazx Lozz dengan gratis. Dan sekarang Arenga numpang duduk cantik disini. Makasih ya Mas. Namun saya berpendapat tak ada salahnya menjual skill di dunia maya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehehe kalau untuk hal yang menurut saya gampang dikerjakan dan bisa bantu, ya gratis aja deh Uni.. Insya Allah masih banyak cara mengais rejeki di dunia maya..

      Hapus
  16. Senangnya mengenal mas Lozz walau hanya lewat dumay ... jadi punya tempat tanya2 gratis. Zaman sekarang banyak orang menjual pengetahuannya walau masih di bawah kemampuan yang mas Lozz miliki. Mas Lozz ini sebenarnya sudah bisa buka kursu online lho kalo mau ...

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehehe justru saya kepingin bikin kelompok belajar anak-anak tentang internet gratis mbak Niar

      Hapus
  17. Membagi ilmu agar bisa bermanfaat bagi orang lain itu tidak akan membuat ilmu kita hilang tapi malah tambah paham dan yang terpenting.. besar pahalanya mas...Barokalloh ya..

    BalasHapus
  18. Ketemu lagi sama Pak Guru yang gak pelit Ilmu. Saya juga gak pelit ilmu..apalagi oleh nemu. Sayangnya ilmu saya udah pada yang tahu! Jadi gak perlu di bagi. Hemmm....

    BalasHapus
  19. OOT,
    Kemana aku harus menghubungi dirimu ? Suamiku nanyain tuh ..

    BalasHapus
  20. Blogku wis apik mas. Dadi ora butuh bantuan yaaaa.. huahahhaha

    BalasHapus

Posting Komentar

Terima kasih telah membaca artikel dengan cara seksama dan tidak dalam tempo sesingkat-singkatnya